KEMBALI KE MENU DAFTAR RPP KLIK DI SINI
KEMBALI KE MENU KELAS XI KLIK DI SIN1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 4 Kendal
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester : XI / 2
Topik : 8. Memberi dan meminta informasi terkait pemberian contoh, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan for example, such as)
Waktu
:
2 MgX 2 Jam× 45 menit ( 4Pertemuan)
A.Kompetensi Inti
KI 1 : Kompetensi Sikap Spiritual yang ditumbuhkembangkan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik, yaitu berkaitan dengan kemampuan menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Kompetensi Sikap Sosial berkaitan dengan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, responsive (kritis), pro-aktif (kreatif) dan percaya diri, serta dapat berkomunikasi dengan baik.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8. Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pemberian contoh, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan for example, such as)
4.8 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pemberian contoh, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
C.Indiktor
Indikator Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.8.Siswa dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pemberian contoh, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan for example, such as)
Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.8.Siswa dapat menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pemberian contoh, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks .
D.Tujuan Pembelajaran
a.Agar siswa dapat. menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pemberian contoh, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan for example, such as)
b.Agar siswa dapat. menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pemberian contoh, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
E.Materi Pembelajaran
Materi Pokok :
Cara Memberi Contoh dalam Bahasa Inggris yang Baik dan Benar – Kita mungkin sering menggunakan contoh sebagai alat untuk meyakinkan sesuatu hal atau seseorang. Dengan contoh tersebut, orang atau suatu hal tersebut bisa dipercaya karena bisa dijadikan sebagai bukti bahwa perwujudannya ada. Dalam bahasa Indonesia, kita biasanya menggunakan kata contohnya, misalnya, dll untuk menyebutkan sesuatu hal. Memberi contoh dalam bahasa Inggris di sebut juga Giving Examples.
Fakta
Sebuah contoh merupakan faktor yang sangat penting untuk memperjelas sebuah informasi
Konsep
Dalam bahasa Inggris ungkapan memberi contoh dapat digunakan For example dan such as
Prinsip
Ungkapan tersebut secara umum sama fungsinya yakni memperjelas komunikasi
Prosedur
Such as yg mengandung makna serupa dengan kata "seperti" yg bisa juga menyebutkan bagian-bagian dari suatu kalimat tertentu
sedangkan "example" yg berarti memberikan contoh sebagai petunjuk cara/penulisan suatu kalimat
F.Pendekatan , strategi ,Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran : Pendekatan saintifik (scientific).
Strategi : Pembelajaran Kooperatif
Metode Pembelajaran : diskusi
Model : discovery learning
G.Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1 dan 2 (2 x 45 menit)
KEGIATAN LANGKAH PEMBELAJAR-AN ALOKASI WAKTU
Pendahuluan 1. Guru memberi salam dan menanyakan keadaan siswa lalu memimpin bacaan Asmaul Khusna ( bila Pelajaran mulai jam pertama).
2. Guru melakukan kegiatan Literasi dengan membagi tugas membaca dan membuat resume hasil membaca
3.Guru mempersilakan salah seorang siswa untuk memimpin dalam kerapian, kebersihan laci meja, berdoa dan bila pelajaran mulai jam pertama sekaligus memimpin untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya .
4.Guru memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin.
5.Guru memeriksa kesiapan/ kelengkapan belajar siswa terutama kamus , modul dan catatan .
6.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
7.Guru menyampaikan kompetensi dan indikator yang harus dicapai siswa.
8.Guru Menyampaikan teknik penilaian
9.Guru memberikan gambaran ulang tentang pentingnya memahami topik yang akan disampaikan dan menyampaikan hal menarik untuk menggugah rasa ingin tahu siswa.Sebagai apersepsi, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang terkait dengan topik pembelajaran pada pertemuan sebelumnya.
Untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, beberapa siswa diminta untuk menjawab dan menjelaskan jawabannya. 20 menit
Kegiatan Inti Menyimak dan menirukan percakapan terkait pemberian contoh sesuai dengan konteks penggunaannya.
Bertanya dan mempertanyakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan komunikatif terkait pemberian contoh sesuai dengan konteks yang berbeda.
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya. 55 menit
Penutup • Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
• . Siswa diberi tugas untuk membaca berbagai sumber, mencatat, mengerjakan latihan unsur-unsur bahasa yang sudah diterangkan. enit
H.Alat/Media/Sumber Pembelajaran
Alat Pembelajaran : Boardmaker, Whiteboard, Laptop, LCD, Soal dan Lembar Penilaian.
Media Pembelajaran : Bahan Tayang (Power Point)
Sumber Pembelajaran : : •Buku bahasa Inggris SMK
I.Materi dari Internet
Penilaian Hasil Belajar
Teknik Penilaian:
Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik
Bentuk Penilaian :
Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
Unjuk kerja :lembar penilaian presentasi
Proyek : -
Instrumen Penilaian
a.Kinerja (praktik)
b.Observasi penilaian sikap
c.Portofolio
dPenilaian diri dan penilaian sejawat
ePenugasan
f.Ulangan Harian
Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
Pengayaan
Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
Siwa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
Siwa yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Mengetahui
Kepala Sekolah
Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004 Kendal, Juli 2017
Guru Mata Pelajaran
HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003
Lampiran
No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaian
1. Sikap
Disiplin dalam pembelajaran Jujur dalam kegiatan kelompok.
Bertanggung jawab terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Santun dalam bersikap selama proses pembelajaran. Pengamatan Selama pembelajaran dan saat diskusi
2. Pengetahuan
Menerapkan rumus dalam menyelesaikan masalah
Pengamatan dan tes Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.
Keterampilan
Terampil dalam:
Menerapkan rumus
Menyelesaikan permasalahan Pengamatan Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
Instrumen Penilaian Hasil Belajar
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Satuan Pendidikan : SMKN 4 Kendal
Bidang Keahlian : ................................
Program Keahlian : .................................
Kompetensi Keahlian : ................................
Kelas : XI
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
No Waktu Nama Kejadian/
Perilaku Butir Sikap Positif /
Negatif Tindak Lanjut
1 5/5/2017 A Meninggalkan ruang kelas tanpa ijin Tanggung jawab - Dipanggil dilakukan pembinaan
2
3
4
1
PENILAIAN PENGETAHUAN
KISI-KISI DAN SOAL
Satuan Pendidikan : SMKN 4 Kendal
Bidang Keahlian : ................................
Program Keahlian : .................................
Kompetensi Keahlian : ................................
Kelas : XI
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kompetensi Dasar :
Kompetensi Dasar IPK Materi Ranah Kognitif Indikator Soal Bentuk Soal No Soal
I think I have 3 questions.
When I should use "for example"?
When I should use "such as"?
When I should use " like"?
Some of the European languages come from Latin,for example French,Italian and Spanish.
Some of the European languages come from Latin,such as French,Italian and Spanish.
Some of the European languages come from Latin,like French,Italian and Spanish.
In this case, you are giving examples of languages that are derived from Latin. For that reason, I think "for example" is the best choice.
By the way, you need a comma after "for example":
Some of the European languages come from Latin, for example, French, Italian and Spanish.
"Such as" could also work, but it would be better placed directly after the noun it explains:
Some of the European languages, such as French, Italian and Spanish, come from Latin.
(Note that there is no comma after "such as.")
"Like" in this context is colloquial at best.
Instrumen/butir Soal Pengetahuan
No Soal Kunci Jawaban Skor
Pedoman Penskoran
IPK No Soal Skor Penilaian Pedoman penilaian
3.7.1 1 10 Rumus : Nilai Perolehan = (skor perolehan )/(skor maksimal) x 100
3.7.2 2 10
3.7.3 3 10
3.7.4 4 10
Skor maksimal 40
PENILAIAN UNJUK KERJA (KETERAMPILAN PROSES)
Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Nama siswa/kelompok : …………………………………………………
Kelas : ………………………………………………….
No Kategori Skor Alasan
1. 3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur penyelesaian yang dikerjakan? 1
2. Apakah rumus yang digunakan tepat dan sesuai dengan konsep? 1
3. Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD? 1
4. Apakah penyelesaian yang dikerjakan sesuai dengan konsep yang telah dipelajari? 1
5. Apakah dibuat kesimpulan? 1
Jumlah skor maksimal 5
Pedoman Penskoran :
Skala skor : 0 dan 1
Jawaban sesuai skornya=1, dan jawaban tidak sesuai skornya=0
Skor maksimal=5, dan Skor minimalnya 0
Pedoman Penilaian :
Skala nilai tertinggi 100
Rumus : Nilai Perolehan = (skor perolehan )/(skor maksimal) x 100
Mengetahui
Kepala Sekolah
Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004 Kendal, Juli 2017
Guru Mata Pelajaran
HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003
PENILAIAN UNJUK KERJA (KETERAMPILAN PROSES)
Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Nama siswa/kelompok : …………………………………………………
Kelas : ………………………………………………….
No Kategori Skor Alasan
1. 3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur penyelesaian yang dikerjakan? 1
2. Apakah rumus yang digunakan tepat dan sesuai dengan konsep? 1
3. Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD? 1
4. Apakah penyelesaian yang dikerjakan sesuai dengan konsep yang telah dipelajari? 1
5. Apakah dibuat kesimpulan? 1
Jumlah skor maksimal 5
Pedoman Penskoran :
Skala skor : 0 dan 1
Jawaban sesuai skornya=1, dan jawaban tidak sesuai skornya=0
Skor maksimal=5, dan Skor minimalnya 0
Pedoman Penilaian :
Skala nilai tertinggi 100
Rumus : Nilai Perolehan = (skor perolehan )/(skor maksimal) x 100
Mengetahui
Kepala Sekolah
Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004 Kendal, Juli 2017
Guru Mata Pelajaran
HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003
KEMBALI KE MENU DAFTAR RPP KLIK DI SINI
KEMBALI KE MENU KELAS XI KLIK DI SIN1
foto jungtle land www.penuhhikmah61@gmail.com terverifikasi dan keluar iklan 6 april 2018
PERHATIAN
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
BOLAK BALIK
Arsip Blog
-
▼
2017
(125)
-
▼
Juli
(101)
- NILAI KETRAMPILAN SM 1 KELAS XI TKJ 2
- CARA IN BOX DI FACE BOOK (FB)
- CARA MENGAJUKAN PERTEMANAN DI FACE BOOK (FB)
- PROMES BAHASA INGGRIS 2017 KELAS XI
- PROGRAM TAHUNAN MATA DIKLAT : BAHASA INGGRIS TIN...
- PROGRAM TAHUNAN MATA DIKLAT : BAHASA INGGRIS T...
- SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SMK KELAS XI...
- SILABUS PELAJARAN KELAS XI KURIKULUM 13 TAHUN 2017
- SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRA...
- DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KE...
- DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KE...
- DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KE...
- DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KE...
- DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KE...
- DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KE...
- DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KE...
- DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KE...
- DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KE...
- DAFTAR RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) K...
- DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KE...
- DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KE...
- DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KE...
- DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KE...
- DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KE...
- DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KE...
- DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KE...
- DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KE...
- DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KE...
- DAFTAR RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) K...
- DRAFT RPP BHS INGGRIS KURIKULUM 13 TAHUN 2017 KD 1
- TUGAS KELAS TANGGAL 24-27 JULI 2017
- CONTOH PRODUK TUGAS KETRAMPILAN KELAS XI
- CONTOH TEKS TUGAS KETRAMPILAN KELAS XII
- CONTOH CARA AJUKAN PERTANYAAN
- CONTOH PANDUAN PRESENTASI
- NILAI TUGAS KETRAMPILAN XII JSB 2
- NILAI TUGAS DISKUS/ ULANGAN HARIAN KELAS XII JSB 2
- NILAI TUGAS KETRAMPILAN KELAS XII JSB 1
- NILAI TUGAS/DISKUSI HARIAN KELAS XII JSB 1
- NILAI TUGAS KETRAMPILAN KELAS XII RPL 3
- NILAI TUGAS/DISKUSI HARIAN KELAS XII RPL 3
- NILAI TUGAS KETRAMPILAN KELAS XII RPL 2
- NILAI TUGAS/DISKUSI HARIAN KELAS XII RPL 2
- NILAI TUGAS/DISKUSI HARIAN KELAS XII RPL 1
- NILAI KETRAMPILAN KELAS XII RPL 1
- NILAI TUGAS/ DISKUSI HARIAN KELAS XII TKJ 1
- NILAI TUGAS/DISKUSI HARIAN KELAS XII TKJ 2
- NILAI KETRAMPILAN KELAS XII TKJ 2
- NILAI KETRAMPILAN XII TKJ 1
- JURNAL MENGAJAR
- FORM NILAI SPIRITUAL - SM 1 TA 2017-2018
- FORM NILAI SIKAP - SM 1 TA 2017-2018
- NILAI TUGAS/DISKUSI HARIAN - SM 1 TA 2017-2018 KEL...
- NILAI TUGAS/DISKUSI HARIAN - SM 1 TA 2017-2018 KEL...
- NILAI TUGAS/DISKUSI HARIAN - SM 1 TA 2017-2018 KEL...
- NILAI TUGAS/DISKUSI HARIAN - SM 1 TA 2017-2018 KEL...
- NILAI TUGAS /DISKUSI HARIAN SM 1 TA 2017-2018 KEL...
- NILAI KETRAMPILAN SM 1 TA 2017-2018 KELAS XI TKJ 1
- NILAI KETRAMPILAN SM 1 TA 2017-2018 KELAS XI RPL 3
- NILAI KETRAMPILAN SM 1 TA 2017-2018 KELAS XI RPL 2
- NILAI KETRAMPILAN SM 1 TA 2017-2018 KELAS XI RPL 1
- RENCANA GLOBAL /DESAIN PEMBELAJARAN
- MATERI KE SEMBILAN - lirik lagu- MODUL SMK KURIKU...
- MATERI KE DELAPAN -ulasan (review)-Memberi dan me...
- MATERI KE TUJUH - konsesi,-Even though, although-...
- MATERI KE ENAM -isu kontrovesial dan aktual- Pem...
- MATERI KE LIMA -pertentangan dan kebalikan-if .....
- MATERI KE AMPAT- pengandaian terjadinya/dilakukann...
- MATERI KE TIGA- keterangan (circumstance)-,Aski...
- MATERI KE DUA tindakan memberi dan meminta infor...
- MODUL KELAS XII SMK KURIKULUM 13 TAHUN 2017
- MATERI KE SATU-tindakan menyarankan -So ....that ....
- TUGAS KETRAMPILAN KELAS XII SEMESTER -1 2017
- DISKRIPSI KELAS XII
- MATERI KE SEPULUH -Lirik Lagu- MODUL SMK KURIKULU...
- MATERI KE SEMBILAN -Hortatory Exposition- MODUL SM...
- MATERI KE DELAPAN -Informasi terkait pemberian con...
- MATERI KE TUJUH -Meminta informasi terkait promosi...
- MATERI KE ENAM -Meminta informasi melalui telepon ...
- MATERI KE LIMA - MODUL SMK -Cerita Pendek- K 13 - ...
- MATERI KE AMPAT -Teks khusus dalam bentuk poem/ PU...
- MODUL KE TIGA -Rencana yang akan Datang- SMK -K 13...
- MATERI KE DUA -kejadian yang sudah dilakukan-MODUL...
- MATERI KE SATU - TINDAKAN MENYARANKAN - MODUL SMK...
- MODUL PELAJARAN KELAS XI SMK N 4 KENDAL K 13 TAHUN...
- ABA- ABA MULAI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
- THE REGULATION FOR ENGLISH CLASS
- DISKRIPSI PELAJARAN KELAS XI
- DAFTAR BACAAN UNTUK LITERASI UNTUK SISWA SMKN 4 KE...
- TUGAS /DISKUSI HARIAN KELAS XI DAN XI SEMESTER 1 ...
- TUGAS /KETRAMPILAN KELAS XI SM 1 - TH 2017
- NILAI KETRAMPILAN KEPLAS X RPL 3
- NILAI KETRAMPILAN KELAS X RPL 2
- NILAI KETRAMPILAN KELAS X RPL 1
- NILAI TUGAS/ULANGAN HARIAN HARIAN PELAJARAN BAH...
- NILAI TUGAS / ULANGAN HARIAN PELAJARAN BAHASA IN...
- NILAI TUGAS/ ULANGAN HARIAN PELAJARAN BAHASA INGG...
- KELAS XII
- KELAS X1
- KELAS X
-
▼
Juli
(101)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar