ENAM
menerapkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi melalui telepon
terkait acara, tawaran, janji dan reservasi, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.6 menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan reservasi, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
TOPIK
Meminta informasi
melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan reservasi
KEMBALI KE MENU KELAS XI KLIK DI SINI
KEMBALI KE MENU KELAS XI KLIK DI SINI
Materi Pokok :
∙
Fungsi
sosial
Menjaga keharmonisan komunikasi antara penyedia jasa dan
pelanggan untuk saling menguntungkan
∙
Struktur
teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙
Unsur
kebahasaan
-
Ungkapan baku yang lazim digunakan.
-
Memberi dan meminta informasi terkait menelpon
dan menerima telepon dalam (a) membuat perjanjian dan (b) membuat reservasi
sesuai dengan konteks yang berbeda.
-
Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda
baca, tulisan tangan
∙
Topik
Berbagai kegiatan yang terkait dengan peserta didik sebagai
remaja dan pelajar SMK, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
Ungkapan
Contoh Dialog Menerima Telepon Dalam Membuat Perjanjian
Dalam Bahasa Inggris – Satu lagi tambahan koleksi percakapan dalam
bahasa Inggris yang dapat sahabat KBI pelajari. Pada koleksi
conversation kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat
janji/appointment dalam bahasa Inggris tanpa bertemu langsung melainkan hanya
dengan menggunakan telepon saja. Tapi sebelum kita membahas mengenai dialog
conversationnya, mari kita lihat dulu ungkapan/kalimat yang digunakan untuk
membuat atau membatalkan janji dalam bahasa Inggris berikut ini:
Cara Membuat Janji/Appointment
- I’d like you to come and see in …
- I want to make an appointment to see Mr/Mrs …
- I’d like to make an appointment with …
Cara Menerima/Accepting Appointment atau Janji
- Sure, I will be waiting for you
- It’s a deal
- All right, see you there
- Yes, I will come
- Be there on time
- I will be there soon
Cara Menolak/Declining Appointment atau Janji
- I don’t think I can.
- No, I can’t.
- I’m sorry. I’m busy.
- I am afraid, I can’t.
- I am sorry, I can’t.
- Sorry, I think I have an appointment with someone else.
Contoh Dialog Menerima Telepon Dalam Membuat Perjanjian
Dalam Bahasa Inggris
Dialogue 1
Indriyani: Hello Hi, Susindah. Long time no see.
How are you, Ndah?
- I’d like you to come and see in …
- I want to make an appointment to see Mr/Mrs …
- I’d like to make an appointment with …
Cara Menerima/Accepting Appointment atau Janji
- Sure, I will be waiting for you
- It’s a deal
- All right, see you there
- Yes, I will come
- Be there on time
- I will be there soon
Cara Menolak/Declining Appointment atau Janji
- I don’t think I can.
- No, I can’t.
- I’m sorry. I’m busy.
- I am afraid, I can’t.
- I am sorry, I can’t.
- Sorry, I think I have an appointment with someone else.
Contoh Dialog Menerima Telepon Dalam Membuat Perjanjian
Dalam Bahasa Inggris
Dialogue 1
Indriyani: Hello Hi, Susindah. Long time no see.
How are you, Ndah?
- I’d like you to come and see in …
- I want to make an appointment to see Mr/Mrs …
- I’d like to make an appointment with …
Cara Menerima/Accepting Appointment atau Janji
- Sure, I will be waiting for you
- It’s a deal
- All right, see you there
- Yes, I will come
- Be there on time
- I will be there soon
Cara Menolak/Declining Appointment atau Janji
- I don’t think I can.
- No, I can’t.
- I’m sorry. I’m busy.
- I am afraid, I can’t.
- I am sorry, I can’t.
- Sorry, I think I have an appointment with someone else.
RESERVATION
Kalian pasti pernah
memesan tiket ketika akan berpergian bukan? Di era globalisasi seperti saat ini
untuk memesan tiket, baik tiket pesawat, kereta atau pun bus sangat mudah. Kita
hanya perlu untuk menelpon Travel Agent yang menyiapkan tiket sesuai dengan
tujuan yang kita inginkan. Kali ini KBI akan memberikan 4 Contoh Dialog Bahasa
Inggris Ketika Ingin Memesan Tiket Bepergian dan Artinya.
Contoh Dialog 1:
Travel Agent (TA): Fuad Travel Agent, may I
help you? (Fuad Travel Agent. Ada yang dapat saya bantu?)
Delia (D): Yes. I’d like to book a ticket to
Swiss for December 2nd (Ya. Saya ingin memesan tiket tujuan Swiss pada
tanggal 2 Desember)
TA : Let me see. For December 2nd, all
morning flights are fully booked. We’ve got one left available for you. It’s
20.05 flight by XX Air. Does that suit you, Miss? (Sebentar saya lihat
terlebih dahulu. Untuk tanggal 2 Desember, semua penerbangan pagi hari telah
habis. Kami hanya memiliki satu tiket untuk Anda, yaitu penerbangan pukul 8.05
malam dengan pesawat XX. Apakah sesuai dengan permintaan Ibu?)
D : It’s okay. (Tidak masalah)
TA : May I have your name, Miss? (Dapatkah
Anda menyebutkan nama Anda, Bu?)
D : Yes. Delia. D-E-L-I-A (Baik.
Delia. D-E-L-I-A )
TA : Done, Miss. We require that you pay
for the ticket tomorrow afternoon before 3 pm. If you don’t come to our office
after 3 pm, we have to cancel your ticket. (Baik, Bu. Kami mohon Anda
membayar tiket yang telah dipesan pada pukul 3 sore besok. Jika Ibu tidak
datang, maka pesanan tiket akan kami anggap batal)
D : Ok. I’ll drop by at 1 pm tomorrow (Baik,
saya akan kesana pukul 1 siang besok)
TA : Thank you, Miss. (Terima kasih,
Bu)
D : You’re welcome (Terima
kasih kembali)
Contoh Dialog 2:
Travel Agent (TA) : Online Ticketing
Travel Agent. May I help you? (Online Ticketing Travel Agent. Ada yang
bisa saya bantu?)
Radit (R): Yes. I’d like to book a ticket to
Jakarta for June 17th. (Ya. Saya mau pesan tiket tujuan Jakarta pada
tgl. 17 Juni.)
TA : Let me see. Halo. For June 17th,
all morning flights are fully booked. We’ve got one left available for you.
It’s 17:45 flight by Lion Airs. Does that suit you, Sir? (Sebentar
Pak, saya cek dulu. Halo. Untuk penerbangan pagi hari tgl.17 Juni sudah habis.
Namun masih ada satu tiket untuk Anda tapi untuk keberangkatan sore hari jam
17:45 dengan Pesawat Lion Airs. Apakah itu sesuai dengan Bapak?
R : If there are no other choices, I’ll
book it. (Jika tidak ada pilihan lain, saya pesan saja.)
TA : May I have your name, Sir.
(Bisa sebutkan namanya Pak?)
R : Radit (Radit)
Contoh Dialog 3:
Travel Agent (TA): Hello, good morning,
Taruna tour and travel is here. What can I do for you sir? (Halo,
selamat pagi, Taruna tour dan wisata di sini. Apa yang dapat saya lakukan untuk
Anda?)
Teddy (T) : Good morning, I am Teddy. I
have a meeting in Jakarta on Wednesday, the day after tomorrow. So, I need one
way ticket for tomorrow. (Selamat pagi, saya Kartasasmita. Saya akan
berada di sebuah pertemuan/rapat di Jakarta, di hari Rabu, lusa. Jadi, saya
perlu tiket untuk besok.)
TA : How many tickets that going to be
ordered? (Berapa banyak tiket yang akan dipesan?)
T : I need two tickets, for my wife and
I. (Saya butuh dua tiket, untuk saya dan istri saya)
TA : All right Mr. Teddy, tomorrow is
Tuesday and let me check for a while… On every Tuesday, there are two flights
to Jakarta and which one do you like better, in the morning, or at night? (Baiklah
Pak Teddy, besok berarti hari Selasa dan saya memeriksanya untuk sebentar… Ok,
pada setiap Selasa, ada dua penerbangan ke Jakarta dan mana yang Anda sukai, di
pagi hari, atau di malam hari?)
T : So, you don’t have a flight for
afternoon? (Jadi, tidak ada penerbangan di siang hari?)
TA : No, we don’t. (Tidak, kami
tidak memilikinya.)
T : Ok, no problem. I choose the night
flight. (Ok, tidak ada masalah. Saya memilih penerbangan di malam
hari.)
TA : At night you will fly on Faruda Air
and your flight number will be Fd 220. It leaves at 7.30 P.M. and arrives in
Jakarta at 9.00 P.M. But, at least you need to check in at least one hour
before its departure. (Pada malam hari Anda akan terbang dengan Faruda
Air dan nomor penerbangan Anda adalah Fd 220. Anda berangkat pukul 19:30 dan
tiba di Jakarta pukul 09:00 Tapi, setidaknya Anda perlu memeriksa minimal satu
jam sebelum keberangkatan.)
T : Thank you for the information. I
have noted those. How much does it cost? (Terima kasih atas
informasinya. Saya telah mencatat semuanya. Berapa biayanya?)
TA : It’s Rp. 550.000 and what’s your
complete name? (Rp. 550.000 dan siapa nama lengkap Anda?)
T : I am Teddy Kartasasmita. (Saya
Teddy Kartasasmita)
TA: Thank you, and your wife? (Terima
kasih, dan istri Anda?)
T : Fitria Farida. (Fitria
Farida)
TA : Ok, the tickets will be ready in
less than one hour after you have transferred to our Bank account. (Ok,
tiket akan siap dalam waktu kurang dari satu jam setelah Anda transfer ke
rekening Bank kami.)
T : Ok. I will contact you soon after I
do that. (Ok. Aku akan menghubungi Anda segera setelah saya
melakukannya.)
TA : Sure, I will be waiting for it.
Thank you sir. (Tentu, aku akan menunggu untuk itu. Terima kasih Pak.)
T : You’re welcome. (Terima
kasih kembali)
Contoh Dialog 4:
Travel Agent (TA) : Silvia Travel Agent.
May I help you? (Silvia Travel Agent. Ada yang bisa saya bantu?)
Emma (E) : Yes. I’d like to book a
ticket to Jakarta for June 17th. (Ya. Saya mau pesan tiket tujuan
Jakarta pada tgl. 17 Juni.)
TA : Let me see. Halo. For June 17th,
all morning flights are fully booked. We’ve got one left available for you.
It’s 17:45 flight by Lion Airs. Does that suit you, miss? (Sebentar
nona, saya cek dulu. Halo. Untuk penerbangan pagi hari tgl.17 Juni sudah habis.
Namun masih ada satu tiket untuk Anda tapi untuk keberangkatan sore hari jam
17:45 dengan Pesawat Lion Airs. Apakah itu sesuai dengan Nona?
E : If there are no other choices, I’ll
book it. (Jika tidak ada pilihan lain, saya pesan saja.)
TA : May I have your name, Miss. (Bisa
sebutkan namanya Nona?)
E : Emma (Emma)
TA : Could you spell it miss? (Tolong dieja
nona.)
E : E-M-M-A (E-M-M-A)
TA : Done, Miss. We require that you pay for the
ticket tomorrow afternoon before 5 pm. If you do not come to our office after 5
pm, we have to cancel your ticket. (Ok nona selesai. Kami mohon nona
membayar tiket yang dipesan pada jam 5 sore besok. Jika nona tidak datang,
pesanan Bapak kami anggap batal.)
E : OK, I’ll drop by at 3 pm tomorrow. (Baiklah.
Saya akan mampir jam 13 sore.)
TA: Thank you, Miss (Terimakasih
nona)
E : That’s all right. (Sama-sama)
Demikian kumpulan dialog untuk memesan tiket menggunakan
bahasa inggris, semoga bermanfaat
Jika anda hendak menjadi seorang resepsionis hotel maka memiliki kemampuan berbahasa
inggris yang aktif adalah sebuah keharusan karena akan banyak tamu hotel yang
datang dari luar negeri sehingga harus bisa berbicara dalam bahasa inggris
(speaking).
Berikut ini adalah dialog singkat reservation hotel dengan
menggunakan bahasa inggris yang bisa anda pelajari:
Inggris
|
Indonesia
|
Good after noon, sir.
|
Selamat sore, tuan.
|
Good after noon, madam. May I help you?
|
Selamat sore nyonya. Bisakah saya menolong anda?
|
I want a room sir. Can you spare a room for me?
|
Saya ingin satu kamar. Bisakah anda sediakan buat saya?
|
Oh, certainly. Madam.
|
Oh tentu nyonya.
|
How much is it for one night?
|
Berapa ogkosnya untuk satu malam?
|
four hundred
thousand rupiahs for one night. |
Semalamnya empat ratus ribu rupiah.
|
Is it single or double bed-room sir?
|
Apakah itu satu tempat tidur atau dua temapt tidur?
|
A single bed-room.
|
Satu tempat tidur.
|
Okay, I reserve one room.
|
baiklah, saya pesan satu kamar.
|
What is my room number?
|
Nomor berapa kamar saya?
|
Your room number is sixty, madam.
|
Nomor kamar anda No 60, nyonya.
|
Okey, terimakasih.
|
Baiklah, terimakasih.
|
Pada kolom di atas adalah dialog seorang resepsionis hotel
ketika sedang menerima tamu. Silahkan anda kembangkan lag dialog tersebut
sehingga menjadi dialog yang panjang.
Demikianlah dialog
singkat reservation hotel untuk melatih kemampuan speaking anda
Penggunaan a/an secara lebih terperinci
Every night, I take a coffee for my
father and we begin talk about business, football, and many other things. (Dalam
kalimat ini, tidak begitu spesifik jenis kopi apa yang dihidangkan. Tidak ada
kopi spesifik yang mereka sukai dan tentu mereka bisa saja berganti-ganti jenis
kopi.)
Call a policeman when you see the
robber walk here. (Kalimat tersebut hanya menunjukkan bahwa seseorang
diharuskan untuk memanggil polisi, siapapun itu apakah ia polisi gemuk, kurus,
wanita, atau pria, tentu tidak masalah. Karena yang terpenting adalah polisi.)
Ingat bahwa penggunaan a/an harus melihat pada kata
huruf yang paling awal di sebuah kata. Jika konsonan, maka gunakanlah a, dan
jika vocal maka gunakanlah an. Berikut aturan lengkap sistem penggunaan kedua
hal tersebut.
– A + Sebuah kata benda yang mempunyai konsonan
di awal kata. Contoh : a zoo, a mountain, a chair, a bike, a fan, a book, dan a
ruler.
– A + Sebuah kata benda yang dimulai
dengan bunyi konsonan. Meskipun kata benda ini dimulai dengan huruf vocal,
tetapi jika bunyinya konsonan maka sudah pasti tetap menggunakan A. Contoh : a
university, a user, dan a unit. Ketiga kata benda tersebut memang diawali
dengan huruf vocal, namun kesemuanya dibaca dengan awalan “yoo” (yoo-zer,
yoo-nit).
– An + Sebuah kata benda yang diawali
dengan huruf vokal baik penyebutannya maupun kata-katanya itu sendiri. Contoh :
an apple, an airplane, an axe, an ant, an egg, dan an idiot.
Itulah hal-hal yang harus Anda ketahui dalam
penggunaan a/an, kemudian pada tahap selanjutnya Anda akan diberikan pemahaman
khusus mengenai penggunaan the.
A. Penggunaan
the secara lebih terperinci
I usually read the book in a bus when I
go to school. (Kita disini sedang berbicara sebuah buku yang sudah
jelas maksudnya. Bisa jadi, seseorang di dalam kalimat tersebut hanya membaca
satu buah buku setiap ia berangkat sekolah.)
I am going give you the video game
next week. (Video game yang akan diberikan sudah jelas maksudnya,
mungkin video game tersebut merupakan video game favorit yang sangat diinginkan
oleh lawan bicara seseorang dalam kalimat tersebut.
Secara garis besar, penggunaan the dalam kalimat
verbal dan tulisan mencakup kepada hal tersebut. Kemudian, ada aturan penting
mengenai penggunaan the dalam sistem geografi yang akan dijelaskan dalam
poin-poin berikut ini.
A. Jangan
gunakan The pada sistem Geografi berikut ini:
- Sebagian besar negara atau wilayah (Misalkan Canada, China, New Zealand)
- Kota, ibu kota kota atau negara (Misalnya Ottawa, Paris, California, France)
- Jalan (Misalnya Front Street, Lakeview Avenue, Dogwood Crescent)
- Danau (Misalnya Lake Ontario, Lake Placid, Bear Lake, Lake Toba)
- Teluk (Misalnya Fundy Bay)
- Gunung (Misalnya Kilimanjaro, Krakatau, Mount Everest)
- Benua (Misalnya America, Africa, Australia, Asia)
- Pulau (Sumatra, Java, Madagaskar)
B. Gunakan
The sebelum nama-nama berikut ini:
- Sungai, samudra, laut (misalnya the Mississippi River, the Atlantic Ocean, the Mediterranean)
- Teluk yang menggunakan “bay” di awal (misalnya the Bay of Fundy, the Bay of Bengal)
- Semenanjung (misalnya the Persian Gulf, the Arabian Peninsula)
- Pegunungan (misalnya the Rockies, the Dolomites, the Laurentians, the Bukit Barisan)
- Kutub (misalnya the North Pole)
- Wilayah geografis (misalnya the Middle East, the South)
- Padang pasir dan hutan (misalnya Gobi Desert, the Black Forest)
-Penggunaan the secara lebih terperinci
I usually read the book in a bus
when I go to school. (Kita disini sedang berbicara sebuah buku yang
sudah jelas maksudnya. Bisa jadi, seseorang di dalam kalimat tersebut hanya
membaca satu buah buku setiap ia berangkat sekolah.)
I am going give you the video game
next week. (Video game yang akan diberikan sudah jelas maksudnya,
mungkin video game tersebut merupakan video game favorit yang sangat diinginkan
oleh lawan bicara seseorang dalam kalimat tersebut.
Secara garis besar, penggunaan the dalam kalimat
verbal dan tulisan mencakup kepada hal tersebut. Kemudian, ada aturan penting
mengenai penggunaan the dalam sistem geografi yang akan dijelaskan dalam
poin-poin berikut ini.
C. Jangan
gunakan The pada sistem Geografi berikut ini:
- Sebagian besar negara atau wilayah (Misalkan Canada, China, New Zealand)
- Kota, ibu kota kota atau negara (Misalnya Ottawa, Paris, California, France)
- Jalan (Misalnya Front Street, Lakeview Avenue, Dogwood Crescent)
- Danau (Misalnya Lake Ontario, Lake Placid, Bear Lake, Lake Toba)
- Teluk (Misalnya Fundy Bay)
- Gunung (Misalnya Kilimanjaro, Krakatau, Mount Everest)
- Benua (Misalnya America, Africa, Australia, Asia)
- Pulau (Sumatra, Java, Madagaskar)
D. Gunakan
The sebelum nama-nama berikut ini:
- Sungai, samudra, laut (misalnya the Mississippi River, the Atlantic Ocean, the Mediterranean)
- Teluk yang menggunakan “bay” di awal (misalnya the Bay of Fundy, the Bay of Bengal)
- Semenanjung (misalnya the Persian Gulf, the Arabian Peninsula)
- Pegunungan (misalnya the Rockies, the Dolomites, the Laurentians, the Bukit Barisan)
- Kutub (misalnya the North Pole)
- Wilayah geografis (misalnya the Middle East, the South)
- Padang pasir dan hutan (misalnya Gobi Desert, the Black Forest)
Semakin sering belajar bahasa Inggris semakin mahir kualitas
bahasa asing yang dimiliki. Belajar bahasa Inggris juga bisa dilakukan dengan
berbagai macam cara. Mulai dari ikut kursus bahasa Inggris,
melakukan kontak dengan warga negara lain yang menggunakan bahasa Inggris
hingga pergi langsung ke negara yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa
Ibu ataupun bahasa kedua.
Belajar bahasa akan lebih mahir lagi jika dipraktekan bukan
hanya dipelajari di kelas saja. Melakukan dialog bahasa Inggris dapat dilakukan
dalam berbagai kesempatan. Salah satunya dengan melakukan dialog ketika sedang
melakukan penawaran. Untuk lebih mendalami lagi seperti apa dialog mengenai
penawaran (offering), di bawah ini akan kami sajikan cara-cara membuat
penawaran beserta contoh dialog bahasa Inggris mengenai penawaran.
TATA CARA MAKING OFFER DAN MENANGGAPINYA
Making offer
Can I ...? (Dapatkah aku…?)
May I ...? (Bolehkah aku…?)
Shall I ...? (Bolehkah aku…?)
How about I ...? (Bagaimana jika aku…?)
Would you ...? (Maukah kamu…?)
Accepting offer
Thank you, I appreciate your help. (Terima kasih, aku
menghargai bantuanmu.)
Yes, please. (Ya, silahkan.)
Yes please, that would be very lovely. (Ya silahkan, itu
akan sangat menyenangkan.)
Thank you, how a kind of you. (Terima kasih, betapa baiknya
kamu.)
Thanks (Terima kasih)
Declining offer
No, thanks. (Tidak, terima kasih.)
No, thank you. (Tidak, terima kasih.)
It’s okay, I can do it by myself. (Oke, aku bisa
melakukannya sendiri.)
Don’t worry, I will do it by myself. (Jangan khawatir, aku
akan melakukannya sendiri.)
Membuat Janji
Upin mau mengajak Udin agar bertemu dengannya. Upin dan Udin
biasa berbahasa Inggris dalam bercakap-cakap. Bagaimana cara Upin mengungkapkan
janjinya dalam bahasa Inggris?
Membuat janji dalam bahasa Inggris disebut making an
appointment. Inilah yang saya bahas dalam tulisan kali ini.
Can we meet at …? (Bisakah kita bertemu di …?)
Are you free tonight? (Apakah kamu bebas malam ini?)
I’d like you to come and see me. (Saya ingin kamu datang dan bertemu saya.)
I want to make an appointment to see … (Saya ingin membuat janji untuk bertemu …)
I’d like to make an appointment with … (Saya ingin membuat janji dengan …)
Are you free tonight? (Apakah kamu bebas malam ini?)
I’d like you to come and see me. (Saya ingin kamu datang dan bertemu saya.)
I want to make an appointment to see … (Saya ingin membuat janji untuk bertemu …)
I’d like to make an appointment with … (Saya ingin membuat janji dengan …)
Accepting an Appointment
Apabila ingin menyetujujui suatu janji, berikut ini kata-kata yang dapat digunakan.
Apabila ingin menyetujujui suatu janji, berikut ini kata-kata yang dapat digunakan.
Yes, I’ll come. (Ya, saya akan datang.)
Be there on time. (Ke sana tepat waktu.)
I’ll be there. (Saya akan ke sana.)
I’ll be there at the time. (Saya akan ke sana pada waktu itu.)
Sure, I’ll be waiting for you. (Tentu, saya akan menunggumu.)
It’s a deal. (Itu sebuah kesepakatan.)
I will wait for you there. (Saya akan menunggumu di sana.)
All right, see you there. (Baiklah, sampai jumpa di sana.)
Be there on time. (Ke sana tepat waktu.)
I’ll be there. (Saya akan ke sana.)
I’ll be there at the time. (Saya akan ke sana pada waktu itu.)
Sure, I’ll be waiting for you. (Tentu, saya akan menunggumu.)
It’s a deal. (Itu sebuah kesepakatan.)
I will wait for you there. (Saya akan menunggumu di sana.)
All right, see you there. (Baiklah, sampai jumpa di sana.)
Cancelling/rejecting an appointment
Apabila ingin menolak atau membatalkan janji karena suatu hal, berikut ini kata-kata yang dapat digunakan.
Apabila ingin menolak atau membatalkan janji karena suatu hal, berikut ini kata-kata yang dapat digunakan.
I’m afraid I can’t. (Saya takut saya tidak bisa.)
I’m sorry, I can’t. (Maafkan saya, saya tidak bisa.)
I don’t think I can make it. (Saya tidak berpikir saya bisa menepatinya.)
I’m sorry. I can’t come. (Maafkan saya. Saya tidak bisa datang.)
Sorry. I think I have another appointment at the time. (Maaf. Saya pikir saya punya janji lain pada waktu itu.)
No, I can’t. (Tidak, saya tidak bisa.)
I’m sorry, I’m very busy. (Maafkan saya, saya sangat sibuk.)
I’m sorry, I can’t. (Maafkan saya, saya tidak bisa.)
I don’t think I can make it. (Saya tidak berpikir saya bisa menepatinya.)
I’m sorry. I can’t come. (Maafkan saya. Saya tidak bisa datang.)
Sorry. I think I have another appointment at the time. (Maaf. Saya pikir saya punya janji lain pada waktu itu.)
No, I can’t. (Tidak, saya tidak bisa.)
I’m sorry, I’m very busy. (Maafkan saya, saya sangat sibuk.)
Contoh Teks Dialog Making an Appointment
Hana: Hi Rika. Are you free tonight?
Rika: Yes, I am.
Hana: I’d like to make appointment with you. Come in my place. I need your help.
Rika: I’ll be there.
Hana: Thanks. I hope you can help me solve my homework.
Rika: OK. See you tonight.
Hana: See you.
Hana: Hi Rika. Are you free tonight?
Rika: Yes, I am.
Hana: I’d like to make appointment with you. Come in my place. I need your help.
Rika: I’ll be there.
Hana: Thanks. I hope you can help me solve my homework.
Rika: OK. See you tonight.
Hana: See you.
Terjemahan
Hana: Hai Rika. Apa kamu bebas malam ini?
Rika: Ya.
Hana: Aku ingin membuat janji denganmu. Datang ke tempatku. Aku butuh bantuanmu.
Rika: Aku akan ke sana.
Hana: Terima kasih. Aku harap kamu bisa membantuku menyelesaikan pekerjaan rumahku.
Rika: Oke. Sampai jumpa nanti malam.
Hana: Sampai jumpa.
Demikian contoh dialog making an appointmentHana: Hai Rika. Apa kamu bebas malam ini?
Rika: Ya.
Hana: Aku ingin membuat janji denganmu. Datang ke tempatku. Aku butuh bantuanmu.
Rika: Aku akan ke sana.
Hana: Terima kasih. Aku harap kamu bisa membantuku menyelesaikan pekerjaan rumahku.
Rika: Oke. Sampai jumpa nanti malam.
Hana: Sampai jumpa.
KEMBALIKE MENU KELAS XI KLIK DI SINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar