6
ENAM
3.6 membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait pembahasan isu kontrovesial dan aktual
dari beberapa (minimal dua) sudut pandang, sesuai dengan konteks penggunaannya-
4.6 teks pembahasan ilmiah (discussion)
4.6.1 menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks pembahasan
ilmiah (discussion) lisan dan tulis, terkait isu kontroversial dan
aktual
4.6.2 menyusun pembahasan ilmiah
(discussion) lisan dan tulis, terkait isu kontroversial dan aktual,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks .
TOPIK
Pembahasan ilmiah (discussion)
Materi Pokok :
∙
Fungsi
Sosial
Membahas suatu isu dari beberapa sudut pandang
∙
Struktur
Teks
Struktur untuk setiap sudut pandang dapat mencakup
-
Penyampaian
isu yang dibahas dan ulasan umumnya
-
pandangan,
asumsi terhadap isu
-
argumentasi
pendukung
-
kesimpulan
atau saran
∙
Unsur kebahasaan
-
Kosa
kata terkait dengan topik yang dibahas.
-
Kata
sambung untuk menunjukkan perbandingan, kontras, dan urutan, a.l. on the other hand, conversely, because,
consequently, thus, dsb..
-
Penggunaan
nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb
secara tepat dalam frasa nominal
-
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda baca, tulisan tangan
∙
Topik
Institusi, benda, binatang dan gejala/peristiwa alam dan
sosial terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XII, yang dapat menumbuhkan
perilaku yang termuat dalam KI.
URAIAN:
-
Penyampaian
isu / IDE yang dibahas dan ulasan umumnya
Bagaimana cara memberi saran kepada seseorang dalam bahasa
Inggris? Bagaimana pula cara memberi penawaran kepada seseorang? Inilah yang
akan kita pelajari kali ini, suggest and offer
Suggest
Berikut ini kata-kata yang dapat digunakan untuk memberikan saran.
Let’s … (Ayo …)
I think … (Saya pikir / Menurut saya …)
I suggest that … (Saya menyarankan bahwa …)
How about …? (Bagaimana dengan …)
We could … (Kita bisa …)
What about …? (Bagaimana dengan …?)
I don’t think … (Saya tidak berpikir …)
Why don’t we …? (Mengapa tidak kita …?)
You might want to change … (Kamu mungkin ingin mengubah …)
How do you feel about …? (Bagaimana perasaanmu tentang …?)
It would be nice to … (Itu akan bagus untuk …)
I think you should … (Menurut saya kamu sebaiknya …)
Berikut ini kata-kata yang dapat digunakan untuk memberikan saran.
Let’s … (Ayo …)
I think … (Saya pikir / Menurut saya …)
I suggest that … (Saya menyarankan bahwa …)
How about …? (Bagaimana dengan …)
We could … (Kita bisa …)
What about …? (Bagaimana dengan …?)
I don’t think … (Saya tidak berpikir …)
Why don’t we …? (Mengapa tidak kita …?)
You might want to change … (Kamu mungkin ingin mengubah …)
How do you feel about …? (Bagaimana perasaanmu tentang …?)
It would be nice to … (Itu akan bagus untuk …)
I think you should … (Menurut saya kamu sebaiknya …)
Accepting Suggestions (Menyetujui Saran)
Yes, let’s go. (Ya, ayo pergi.)
Let’s. (Ayo.)
OK, if you say so.
Yes, let’s go. (Ya, ayo pergi.)
Let’s. (Ayo.)
OK, if you say so.
Declining Suggestions (Menolak Saran)
Sorry, I can’t. (Maaf, saya tidak bisa.)
Sorry, I think … (Maaf, menurut saya …)
No, thank you. (Tidak, terima kasih.)
No, let’s … (Tidak, ayo …)
Sorry, I can’t. (Maaf, saya tidak bisa.)
Sorry, I think … (Maaf, menurut saya …)
No, thank you. (Tidak, terima kasih.)
No, let’s … (Tidak, ayo …)
Offer (Penawaran)
Making Offers (Membuat Penawaran)
Can I …? (Bolehkah saya …?)
May I …? (Bolehkah saya …?)
Shall I …? (Haruskah saya …?)
How about I … (Bagaimana dengan saya …)
Would you …? (Maukah kamu …?)
Making Offers (Membuat Penawaran)
Can I …? (Bolehkah saya …?)
May I …? (Bolehkah saya …?)
Shall I …? (Haruskah saya …?)
How about I … (Bagaimana dengan saya …)
Would you …? (Maukah kamu …?)
Accepting Offers (Menyetujui Penawaran)
Thank you, I appreciate your help. (Terima kasih, saya menghargai bantuanmu.)
Yes, please. (Ya, tolonglah.)
Yes please, that would be lovely.
Thank you, it is very kind of you.
Thank you, I appreciate your help. (Terima kasih, saya menghargai bantuanmu.)
Yes, please. (Ya, tolonglah.)
Yes please, that would be lovely.
Thank you, it is very kind of you.
Declining Offers (Menolah Penawaran)
No, thanks. (Tidak, terima kasih.)
No, thank you. (Tidak, terima kasih.)
It’s okay, I can do it myself. (Ini tidak apa-apa, saya bisa melakukan ini sendiri.)
Don’t worry, I will do it myself. (Jangan khawatir, saya bisa melakukan ini sendiri.)
No, thanks. (Tidak, terima kasih.)
No, thank you. (Tidak, terima kasih.)
It’s okay, I can do it myself. (Ini tidak apa-apa, saya bisa melakukan ini sendiri.)
Don’t worry, I will do it myself. (Jangan khawatir, saya bisa melakukan ini sendiri.)
Contoh teks dialog singkat suggest dan offer beserta
terjemahannya
Reza: Have you solved your homework?
Trio: No, I haven’t.
Reza: Let’s go to the library and solve your homework.
Trio: Yes, let’s go.
Trio: No, I haven’t.
Reza: Let’s go to the library and solve your homework.
Trio: Yes, let’s go.
Reza: Apakah kamu sudah mengerjakan pekerjaan rumahmu?
Trio: Belum.
Reza: Ayo pergi ke perpustakaan dan selesaikan pekerjaan rumahmu.
Trio: Ya, ayo pergi.
Trio: Belum.
Reza: Ayo pergi ke perpustakaan dan selesaikan pekerjaan rumahmu.
Trio: Ya, ayo pergi.
Tata: Can I help you?
Feri: No, thank you.
Feri: No, thank you.
Tata: Bolehkah saya membantumu?
Feri: Tidak, terima kasih.
Feri: Tidak, terima kasih.
Contoh 1
Ani : hi alda, where have you been ?
Alda : I’m from the canteen. What is it ?
Ani : do you finished have your mathematics homework ?
Alda : not yet. How about you ?
Ani : not yet. I still don’t quite understand the discussion yesterday
Alda : what if we learn together ?
Ani : ok. But, when ?
Alda : tomorrow, in my home. Do you have a time ?
Ani : yes, I have.
Alda : well then, let’s go to the library. Borrow a book of mathematics.
Ani : good idea. Let’s go !
Ani : hi alda, where have you been ?
Alda : I’m from the canteen. What is it ?
Ani : do you finished have your mathematics homework ?
Alda : not yet. How about you ?
Ani : not yet. I still don’t quite understand the discussion yesterday
Alda : what if we learn together ?
Ani : ok. But, when ?
Alda : tomorrow, in my home. Do you have a time ?
Ani : yes, I have.
Alda : well then, let’s go to the library. Borrow a book of mathematics.
Ani : good idea. Let’s go !
Terjemahan
Ani : Hai Alda. Kamu darimana saja?
Alda : Saya dari kantin. Ada apa?
Ani : Apa kamu sudah mengerjakan tugas matematika?
Alda : Belum. Bagaimana denganmu ?
Ani : Belum juga. Aku masih belum terlalu mengerti dengan pembahasan kemarin.
Alda : Bagaimana kalau kita belajar sama-sama?
Ani : Baik. Tapi kapan?
Alda : besok, dirumahku. Apa kamu punya waktu?
Ani : iya, saya punya.
Alda : Kalau begitu, ayo kita ke perpustakaan. Pinjam buku matematika.
Ani : Ide bagus. Ayo pergi !
Ani : Hai Alda. Kamu darimana saja?
Alda : Saya dari kantin. Ada apa?
Ani : Apa kamu sudah mengerjakan tugas matematika?
Alda : Belum. Bagaimana denganmu ?
Ani : Belum juga. Aku masih belum terlalu mengerti dengan pembahasan kemarin.
Alda : Bagaimana kalau kita belajar sama-sama?
Ani : Baik. Tapi kapan?
Alda : besok, dirumahku. Apa kamu punya waktu?
Ani : iya, saya punya.
Alda : Kalau begitu, ayo kita ke perpustakaan. Pinjam buku matematika.
Ani : Ide bagus. Ayo pergi !
Contoh 2
Sinar : Are you okay, ade? it looks like you’re sick.
Ade : Yes. My stomach hurt.
Sinar : Are you eating?
Ade : It is, but I do not have breakfast this morning.
Sinar : Why?
Ade : I think is I was too late, so I rushed to school withoutbreakfast first.
Sinar : Well then, let’s get to the UKs.
Ade : Do not.
Sinar : But your pain will be worse.
Ade : I can go alone.
Sinar : Are you sure?
Ade : Yes. Thank you
Terjemahan
Sinar : Apa kamu baik-baik saja, ade? sepertinya kamu sakit.
Ade : Iya. Perut saya sakit.
Sinar : Apa kamu sudah makan?
Ade : Sudah, tapi tadi pagi saya tidak sarapan.
Sinar : Kenapa?
Ade : Saya fikir saya sudah terlambat, jadi saya bergegas ke sekolah tanpa sarapan terlebih dahulu.
Sinar : Kalau begitu, mari kita ke UKS.
Ade : Tidak usah.
Sinar : Tapi sakitmu akan tambah parah.
Ade : Saya dapat pergi sendiri.
Sinar : Apa kamu yakin?
Ade : Ya. Terima kasih
Sinar : Are you okay, ade? it looks like you’re sick.
Ade : Yes. My stomach hurt.
Sinar : Are you eating?
Ade : It is, but I do not have breakfast this morning.
Sinar : Why?
Ade : I think is I was too late, so I rushed to school withoutbreakfast first.
Sinar : Well then, let’s get to the UKs.
Ade : Do not.
Sinar : But your pain will be worse.
Ade : I can go alone.
Sinar : Are you sure?
Ade : Yes. Thank you
Terjemahan
Sinar : Apa kamu baik-baik saja, ade? sepertinya kamu sakit.
Ade : Iya. Perut saya sakit.
Sinar : Apa kamu sudah makan?
Ade : Sudah, tapi tadi pagi saya tidak sarapan.
Sinar : Kenapa?
Ade : Saya fikir saya sudah terlambat, jadi saya bergegas ke sekolah tanpa sarapan terlebih dahulu.
Sinar : Kalau begitu, mari kita ke UKS.
Ade : Tidak usah.
Sinar : Tapi sakitmu akan tambah parah.
Ade : Saya dapat pergi sendiri.
Sinar : Apa kamu yakin?
Ade : Ya. Terima kasih
Contoh 3
Rizal : anto, What are you doing?
Anto : I was thinking about something.
Rizal : What are you thinking daritadi?
Anto : I’m confused. What a great activity to celebrate the birthday of our school later?
Rizal : Hm, how about a competition between classes cone?
Anto : Competition cone? Ah, good idea, Rizal.
Rizal : At my old school is always doing these competitions eachcelebrating the birthday.
Anto : Well, definitely exciting. I’ll convey to the chairman of thecouncil later.
Rizal : Ok, I wait for news.
Anto : Thank you for the idea, Rizal.
Rizal : You’re welcome.
Anto : I was thinking about something.
Rizal : What are you thinking daritadi?
Anto : I’m confused. What a great activity to celebrate the birthday of our school later?
Rizal : Hm, how about a competition between classes cone?
Anto : Competition cone? Ah, good idea, Rizal.
Rizal : At my old school is always doing these competitions eachcelebrating the birthday.
Anto : Well, definitely exciting. I’ll convey to the chairman of thecouncil later.
Rizal : Ok, I wait for news.
Anto : Thank you for the idea, Rizal.
Rizal : You’re welcome.
Terjemahan
Rizal : anto, Apa yang sedang kamu lakukan?
Anto : Aku sedang memikirkan sesuatu.
Rizal : Apa yang sedang kamu pikirkan daritadi?
Anto : Aku bingung. Kegiatan apa yang bagus untuk merayakan
maulid di sekolah kita nanti?
Rizal : Hm, bagaimana kalau lomba tumpeng antar
kelas?
Anto : Lomba tumpeng? Ah, ide bagus,rizal.
Rizal : Di sekolah lamaku selalu melakukan lomba tersebut
setiap merayakan maulid.
Anto : Wah, pasti seru. Akan ku sampaikan kepada ketua OSIS
nanti.
Rizal : Ok, ku tunggu beritanya.
Anto : Terima kasih untuk idenya,rizal.
Rizal : Sama-sama.
-
ARGUMENTASI
/ argumentasi pendukung
-
pada
masa sekarang ini dunia kerja di Indonesia jangkauan nya sudah semakin mendunia
bahkan di setiap lowongan kerja di cantumkan kemampuan berbahasa Inggris
menjadi sebuah syarat yang utama. Tidak hanya itu, apabila kita melihat
berbagai tenaga kerja Indonesia yang ada di luar negeri umumnya merasakan
kesulitan dalam bernegosiasi memperjuangkan nasib mereka, hal ini di karenakan
masih minimnya atau lemah dalam penguasaan bahasa Inggris. Nah, untuk
meminimalisir hal tersebut, kini sudah banyak lembaga pendidikan yang
mengajarkan siswa nya untuk meningkatkan kemammpuan berdebat sebagai wujud
perkembangan kemampuan berbahasa Inggris yang utuh. Lalu apa sebenarnya debat
itu ?
-
Debat adalah
proses bertukar pikiran atau diskusi untuk mencari pemecahan masalah dari
sebuah isu, topik tertentu. Pada saat berdebat orang berusaha untuk memberikan
argumentasi, alasan-alasan, contoh-contoh dari suatu kasus dan membuat
sanggahan-sanggahan terhadap lawan bicaranya. Sahabat SBI (Study
bahasa Inggris),masih adakah yang belum tahu perlombaan debate itu
seperti apa, berikut penjelasan singkatnya :
-
Perlombaan
debate terdiri dari dua regu atau dua kubu yang satu sama lain saling memiliki
perbedaan argumen atau tanggapan. Masing-masing regu terdiri dari 3 orang
pemain yang dinamakan 1st speaker, 2nd speaker, dan 3rd speaker serta reply
speaker yang diambil dari salah satu pemain.
-
Tata Cara Debate Dalam Bahasa Inggris , antara lain :
-
first speaker bertugas
untuk memberikan pemaparan yang akan di debatkan dengan kata demi kata, setelah
itu baru berikan penjelasan secara keselurahan agar dapat membuat sebuah
pembatasan terhadap yang akan didebatkan. Setelah itu first speaker
from affirmative team harus memberikan fakta yang sedang terjadi saat
ini, kemudian baru memberikan argumen yang akan disampaikan, biasanya waktu
yang diberikan untuk berbicara rata-rata
-
Second speaker from affirmative team bertugas untuk merebut argument yang telah
disampaikan oleh first speaker dari negative team,
setelah rebut dilakukan maka silahkan untuk menyampaikan
argumennya. begitu juga halnya dengan second speaker dari negative
team tugas utama yang harus dilakukan adalah merebut argument second
speaker dari affirmative team baru setelah itu
menyampaikan argumennya. Pada umumnya point-pont penting disampaikan oleh
second speaker dari kedua tim, disinilah letak inti perdebatan, jadi
usahakan second speaker benar-benar menguasai topic yang di
perdebatkan.
-
Third speaker from affirmative team bertugas untuk memberikan kesimpulan dari apa yang
telah dibicarakan oleh dua pembicara sebelumnya, usahakan third speaker tidak
memberikan argument lagi apa bila ada hal ynag perlu di rebut, rebut
secukupnya. Begitu juga halnya dengan third speaker from negative team bertugas
untuk memberikan kesimpulan dari apa yang telah disampaikan oleh dua pembicara
sebelumnya, ingat usahakan tidak memberikan argument lagi.
-
Yang
terakhir adalah reply speaker, reply speaker biasanya
di jabat oleh pembicara pertama atau kedua dari masing-masing tim. reply
speaker bertugas untuk menyampaikan semua kesalahan yang dilakukan
oleh tim lawan, seperti ‘negativive team tidak mampu merebut
argumen kami atau negative team membicarakan hal yang sudah
diluar topik, dan sebagainya’. usahakan posisi reply speaker di pegang oleh
anggota yang mampu melihat kesalahan lawan. waktu yang di berikan untuk reply
speaker biasanya sekitar tiga menit, lebih sedikit dibandingkan waktu
yang di berikan kepada pembicara lain.
Berikut tips-tips melakukan debate dalam bahasa
inggris :
1.
Pilih Topik/tema
Kalian harus menentukan topik atau tema apa yang akan dijadikan materi debat/diskusi.
ingat => “Thinking before speaking is better than thinking after speaking”
Kalian harus menentukan topik atau tema apa yang akan dijadikan materi debat/diskusi.
ingat => “Thinking before speaking is better than thinking after speaking”
2.
Keraskan Suara!
Suara kalian harus jelas dan terdengar dengan baik kepada seluruh audience.
Suara kalian harus jelas dan terdengar dengan baik kepada seluruh audience.
3.
Perbanyak Kosakata
Perbendaharaan kosakata yang banyak akan sangat membantu kalian untuk berdebat atau berdiskusi dengan baik dan lancar.
Perbendaharaan kosakata yang banyak akan sangat membantu kalian untuk berdebat atau berdiskusi dengan baik dan lancar.
4.
Perbaiki Ilmu Pronunciation
Salah dalam pengucapan akan berakibat cukup fatal. Oleh karena itu, silahkan kalian mempelajari ilmu pronunciation dengan baik sehingga apa yang di katakan akan mudah di mengerti oleh audience.
Salah dalam pengucapan akan berakibat cukup fatal. Oleh karena itu, silahkan kalian mempelajari ilmu pronunciation dengan baik sehingga apa yang di katakan akan mudah di mengerti oleh audience.
5.
Perhatikan Intonasi Anda
Kalian harus yakin dengan intonasi, tinggi rendahnya suara. Baik ketika menyampaikan pernyataan (statement) atau pertanyaan (questions)
Kalian harus yakin dengan intonasi, tinggi rendahnya suara. Baik ketika menyampaikan pernyataan (statement) atau pertanyaan (questions)
6.
Kuasai Ilmu Grammar atau Tata bahasa
Grammar atau tata bahasa sangat penting untuk merangkai kalimat dengan baik dan benar.
Grammar atau tata bahasa sangat penting untuk merangkai kalimat dengan baik dan benar.
7.
Keep Your Attitude (sopan-santun)
Kalian harus menghormati saran, kritik atau pendapat orang lain. Remember “Free but Polite”..:)
Kalian harus menghormati saran, kritik atau pendapat orang lain. Remember “Free but Polite”..:)
A. Istilah Debat Yang Harus Dikuasai
Dalam Bahasa Inggris Lengkap
1.MOTION
Motion yaitu jenis atau
bentuk topik yag diperdebatkan
2.PARAMETER
Merupakan
bentuk limitation of argument yaitu batasan dari argumen atau alasan yang akan
kita gunakan. sehingga setiap berdebat kita memiliki batasan, agar supaya tema
nya tidak keluar dari jalur peratura debat.
3.TEAM
SPLIT
Team
split merupakan bagian-bagian yang akan dibicarakan oleh masing-masing speaker,
dalam perdebatan, ada 3 jenis atau mecam speaker dan masing-masing nya memiliki
tugas masing-masing. Bagian yang akan mereka bicarakan pun masing-masing.
4.THEMELINE
Yaitu
keseluruhan dari bentuk motion yang diambil, atau dengan bahasa lain adalah
garis besar dari masalah yang menjadi perdebatan.
5.MATTER
Matter
yaitu bentuk materi yang disampaikan, materi tersebut harus sesuai dengan
motion atau mosi yang dimabil ketika melakukan debat.
6.MANNER
Manner
merupakan bentuk atau cara menyampaikan sebuah argumen dalam bahasa inggris,
cara penyampaian tersebut harus meyakinkan, jangan sampai menggunaka suara yang
lembek atau terlalu halus. Body language sangat berperan penting pada saat
penyampaian agar sahabat KBI dapat meyakinkan lawan bicara atau lawan debat.
7.METHOD
Method
merupaka bentuk metode penyampaian, metode penyampaian yang digunakan pun harus
jelas dari first speaker hingga third speaker. Jangan sampai semuaya tidak
terstruktur.
8.TIMER
Timer
yaitu waktu ketika menyampaikan pemikiran kita, biasanya semakin lama justru
semakin bagus, sehingga sahabat KBI bisa mengulur waktu hingga waktu
penyampaian habis denga cara seolah-olah sahabat KBI sedang berfikir.
9.REPLY
SPEECH
Yaitu
bentuk kesimpulan dari tiga argumen yang menguatkan untuk sahabat KBI. sehingga
kesimpula pun juga harus kuat dan meyakinkan pada saat menyampaikan nya)
ENGLISH IS THE MOST IMPORTANT TOOL IN GLOBALIZATION
Thanks for the time that given to us to participate in
the debate English contest, we’re from SMP 1 Lasem, and now let us introduce
our team :
1. My name is Endah Eka Handayani as the first
speaker. And I’ll deliver my argument as a pro side.
2. And my friend, Erna Nur Fitria as second speaker.
And she will deliver the contra side.
3. Alif M. Fadli / Iffa Luthfiyah as reply.
Pro :
Globalization is one condition which there is no bar
between one country to another country. So, English is important as a
communicating tool. Now, we have look from humanism point of view. We know that
communicating among nation is very important. We are part of the world. We can
not live without any other helps. We help people and they help us. To
communicate around the world we need a tool. What is the tool? Of course, a
language,itsAristotelles say. w the world we need international language, that
is English.
1) Because we can communicate with foreign
people with the same language. So, it will be easier to understand one of the
other. for example : the Indonesian people talking with Chinese people. If they
talk with their region language, of course they will be confused. But, if they
speak with same language, good!.
2) Because if we can speak English, of course
people will respect to us. And, we will known as a clever man. Causes, it same
as the foreign tourism.
3) We will be faith if can’t to talk with
English language. People will be admired to us. And if we can speak English, we
will be easier to get success in this globalization era.
4) In America as the superpower country declare
that the international language is English, so we must practice to speak
English
5) As the member of UNO, of course countries
that join it, shall to using English language, of course must to follow it……
6) now days,
CONTRA
I extremely disagree with the motion “ ENGLISH IS THE
MOST IMPORTANT TOOL IN INDONESIA “. You say that the superpower country use
English language in conversation. But, there are some point a view :
1. From Technology Point a View.
You know that Japan and Chorea is the strong country.
They are good in technology. They become a supplier of transportation tool,
communication tool, and others. Are they using English? No, they are very proud
with their own language. so, if we want to success in this globalization era,
we shall improve our knowledge in technology. So, if we have a high technology
I believe many people from other country will come to Indonesia to study here.
Of course, they will study bahasa Indonesia and we don’t need English.
2. from Trading Point a View
Chinese is the country which very success in trading,
they trade from their country until to other country. They have a commitment;
they must use their own language to communicating. They believe they are
success because not their English, but from their quality of trade. Do you know?
They use Chinese language to say the price of their good secretly. So, it does
prove that English is not important.
3. From Natural Resource Point a View
Arab, there they use Arabic language for
communicating. They sure that they will can go in international using their
capability of natural resource exploiting.
Beside that, we shall thing about our own language. in
this globalization era, English is very popular. From students until employers
use English language. even, they thing that Indonesia is not too important.
Actually, language shown the nation. It wiil decrease the nationalism of
Indonesia citizen. If we know the history, our hero fight hard to stand
Indonesia language. but now, that people shy to speak in Indonesia. They said
that Indonesia language is not intercourse. Then, the dialect, may be “cinta”
become “cinta”. Its so terrible I think.
So, I say, that I disagree that English is the most
important tool in globalization.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar