Bidang
Keahlian : SEMUA
BIDANG KEAHLIAN
Kompetensi
Keahlian : SEMUA KOMPETENSI
KEAHLIAN
Mata
Pelajaran : BAHASA INGGRIS KELAS XI
Durasi
(Waktu) : ....X 45 MENIT
KI-3
(Pengetahuan) :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI-4
(Keterampilan) :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu (JP)
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
3. 1menerapkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyarankan untuk melakukan atau
tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta meresponsnya, sesuai dengan
konteks penggunaannya
4.1Menyusun teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyarankan untuk
melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, dan meresponnya
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.1. Siswa
dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyarankan
untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta
meresponsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
Indikator
Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.1 Siswa
dapat menyusun teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyarankan untuk
melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, dan meresponnya
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
|
∙
Fungsi
sosial
Menjaga
hubungan Interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
∙
Struktur teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/tidak diharapkan)
∙
Unsur
kebahasaa
-
Ungkapan yang sesuai untuk menyarankan.( I believe ..., I think ..., I suppose ...,
In my opinion ...)
-
Penggunaan
nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb
secara tepat dalam frasa nominal
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda
baca, dan tulisan tangan
∙
Topik
Berbagai
kegiatan yang terkait dengan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA,
yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
2x 45 menit
|
∙
Menyimak dan menirukan beberapa contoh
percakapanmenyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang
diperagakan guru, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar.
∙
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari beberapa ungkapan yang sedang dipelajari.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam interaksi
tersebut.
∙
Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan/tulis
dari berbagai situasi lain yang serupa.
∙
Secara lisan dan tulis, melakukan tindakan
komunikatif yang sedang dipelajari dalam bahasa Inggris secara kontekstual.
Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajar.
|
|
|||
3.2menerapkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait tindakan/kegiatan/ kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi
dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang
akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan past perfect, present perfect, future
perfect)
4.2menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait tindakan/kegiatan/ kejadian yang sudah/telah
dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat
ini, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.2.Siswa
dapat. menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/ kejadian yang sudah/telah
dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat
ini, dan waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan past perfect, present perfect,
future perfect)
4.1 Siswa
dapat.. menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/ kejadian
yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu
lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi
sosial
Menyarankan,
mengingatkan, menyampaikan himbauan, mentaati aturan, dsb.
∙
Struktur
teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙
Unsur
kebahasaan
-
Pernyataan dan pertanyaan terkait dengan
keharusan yang menggunakan: should+(simple),
should+(continuous), should+(perfect))
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Ejaan dan tanda baca
-
Tulisan tangan.
∙
Topik
Perbuatan,
kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan
dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
4x 45 menit
|
∙
Menyimak dan menirukan percakapan tentang
keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada waktu yang akan datang,
saat ini, atau waktu lampau sesuai dengan konteks penggunaannya.
∙
Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan
tersebut.
∙
Membaca dengan cermat beberapa percakapan
serupa dari sumber lain.
∙
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙
Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan
komunikatif tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada waktu
yang akandatang, saat ini, atau waktu lampau sesuai dengan konteks yang
berbeda.
Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
Ketrampilan
“: Unjuk Kerja
|
|||
3.3menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait rencana yang akan datang dengan kondisi tertentu, sesuai
dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan if dalam present
tense)
4.3 menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait rencana yang akan datang dengan kondisi
tertentu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.3.Siswa
dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait rencana yang akan datang dengan kondisi tertentu,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan if dalam
present tense)
4.3.Siswa
dapat menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait rencana yang akan datang
dengan kondisi tertentu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi
sosial
Menjelaskan,
meyakinkan, mengarahkan, menjanjikan, dsb.
∙
Struktur
teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙
Unsur
kebahasaan
-
Pernyataan dan pertanyaan terkait
tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di
waktu yang akan datang, menggunakan (will+(simple),
will+(continuous), will+(perfect))
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Ejaan dan tanda baca
-
Tulisan tangan
∙
Topik
Perbuatan,
kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan
dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI
|
4x 45 menit
|
∙
Menyimak dan menirukan percakapan tentang
tindakan/ kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi
di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks penggunaannya.
∙
Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan
tersebut.
∙
Membaca dengan cermat beberapa percakapan
serupa dari sumber lain.
∙
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙
Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan
komunikatif memberi dan meminta informasi terkait tindakan/ kegiatan/kejadian
yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang
sesuai dengan konteks yang berbeda
Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
|
|||
3.4menafsirkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk
poem, lisan dan tulis, dengan memberi dan meminta informasi terkait kehidupan
remaja, sesuai dengan konteks penggunaannya
menafsirkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk
poem, lisan dan tulis, dengan memberi dan meminta informasi terkait kehidupan
remaja, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.4
menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk poem terkait kehidupan remaja
|
3.4 Siswa
dapat menafsirkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
khusus dalam bentuk poem, lisan dan tulis, dengan memberi dan meminta
informasi terkait kehidupan remaja, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.4.Siswa
dapat menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk poem terkait kehidupan
remaja
|
∙
Fungsi
sosial
Mendiskripsikan,
melaporkan, dan sebagainya
∙
Struktur
teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙
Unsur
kebahasaan
-
Pernyataan dan pertanyaan terkait dengan
hubungan setara antara dua benda yang menggunakan:
-
Both ... and; not only ... but also;
either ... or; neither ... nor
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
-
Ejaan dan tanda baca
-
Tulisan tangan
∙
Topik
Perbuatan,
kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan
dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
4x 45 menit
|
∙
Menyimak dan menirukan percakapan tentang
hubungan setara antara dua benda/tindakan sesuai dengan konteks
penggunaannya.
∙
Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan
tersebut.
∙
Membaca dengan cermat beberapa percakapan
serupa dari sumber lain.
∙
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙
Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan
komunikatif memberi dan meminta informasi terkait hubungan setara antara dua
benda/tindakan sesuai dengan konteks yang berbeda.
Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
|
Ketrampilan
“: Unjuk Kerja
|
|||
3.5 membedakan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan
meminta informasi terkait cerita pendek, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.5.menangkap
makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis, terkait cerita pendek
|
3.5.Siswa
dapat. membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa
teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait
cerita pendek, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.5 Siswa
dapat menangkap makna secara
kontekstual terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks naratif, lisan dan tulis, terkait cerita pendek
|
∙
Fungsi
sosial
Mendiskripsikan,
melaporkan, dan sebagainya
∙
Struktur
teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙
Unsur
kebahasaan
-
Pernyataan dan pertanyaan terkait dengan
hubungan setara antara dua benda yang menggunakan:
-
Both ... and; not only ... but also;
either ... or; neither ... nor
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
-
Ejaan dan tanda baca
-
Tulisan tangan
∙
Topik
Perbuatan,
kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan
dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
4x 45 menit
|
∙
Menyimak guru membacakan beberapa teks recount
tentang biografi tokoh terkenal.
∙
Menirukan guru membaca teks tersebut secara
bermakna, dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
tersebut.
∙
Membaca dan menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount tentang biografi tokoh terkenal dari sumber
lain.
∙
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan
di depan kelompok lain.
∙
Membuat proyek menulis teks recount tentang
biografi tokoh terkenal dan memajangnya di majalah dinding kelas.
Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
.
|
c.Ketrampilan
“: Unjuk Kerja
|
|||
3.6.
menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan reservasi, sesuai
dengan konteks penggunaannya
4.6.menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan
reservasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.6.Siswa
dapatmenerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan
reservasi, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.6 Siswa
dapat. menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi melalui telepon terkait acara,
tawaran, janji dan reservasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi
sosial
Menyarankan,
mengingatkan, menjelaskan, dsb.
∙
Struktur
teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙
Unsur
kebahasaan
-
Pertanyaan dan pernyataan terkait kecukupan
untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu menggunakan Adverbial too dan enough
-
frasa nominal
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Ejaan dan tanda baca
-
Tulisan tangan.
∙
Topik
Perbuatan,
kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan
dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
4x 45 menit
|
∙
Menyimak dan menirukan percakapan tentang
memberi dan meminta informasi terkait menyatakan dan menanyakan kecukupan
untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks
penggunaannya.
∙
Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan
tersebut.
∙
Membaca dengan cermat beberapa percakapan
serupa dari sumber lain.
∙
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙
Secara tertulis, melakukan tindakan
komunikatif terkait menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak
dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks.
∙
Bermain peran memberi dan meminta informasi
menggunakan ungkapan yang telah dipelajari secara kontekstual.
Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
c.Ketrampilan
“: Unjuk Kerja
|
|||
3.7.
membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk brosur, leaflet, banner, dan pamflet, dengan memberi dan
meminta informasi terkait promosi
4.7.
4.7.1
menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan brosur, leaflet, banner, dan pamflet terkait
promosi barang/jasa/kegiatan
4.7.2
menyusun teks khusus brosur, leaflet, banner, dan pamflet
terkait promosi barang/jasa/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
3.7. Siswa
dapat membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa
teks khusus dalam bentuk brosur, leaflet, banner, dan pamflet,
dengan memberi dan meminta informasi terkait promosi barang/jasa/kegiatan
sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7.1 Siswa
dapat menangkap makna secara
kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
brosur, leaflet, banner, dan pamflet terkait promosi
barang/jasa/kegiatan
4.7.2 siswa
dapat menyusun teks khusus brosur, leaflet, banner, dan pamflet
terkait promosi barang/jasa/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi
sosial
Membujuk
orang lain untuk mengikuti kegiatan (event).
∙
Struktur
teks
∙
Struktur
dapat mencakup
-
Judul/tujuan iklan barang, jasa, dan kegiatan
(event) di media massa.
-
Informasi tertentu dari iklan barang, jasa,
dan kegiatan (event) di media massa.
∙
Unsur
kebahasaan
-
Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan
iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa
-
Penggunaan nominal singular dan plural grup.
-
Ejaan dan tanda baca
-
Tulisan tangan
∙
Topik
∙
Barang, jasa, dan kegiatan (event) yang relevan dengan kehidupan
peserta didik sebagai remaja dan peserta didik SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang
termuat dalam KI.
∙
Multimedia:
Layout dan
dekorasi yang membuat tampilan masing-masing teks dalam iklan kegiatan
(event).
|
4x 45 menit
|
∙
Menyimak dan menirukan beberapa model teks
khusus dalam bentuk iklan terkait kegiatan (event) di media masa.
∙
Menanyakan informasi terkait isi teks yang
sedang dipelajari.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang hal-hal lain
yang belum dipahami terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan
dari teks khusus yang sedang dipelajari.
∙
Membaca dan mendiskusikan contoh tabel
analisis isi iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa yang
sedang dipelajari.
∙
Membahas cara mempresentasikan hasil analisis
tersebut.
∙
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan
dalam kelompok masing-masing.
∙
Membuat, mempresentasikan, menerbitkan,
bertanya jawab tentang teks iklan terkait kegiatan (event) di media massa
yang ada di sekitar kehidupan peserta didik dengan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai
(membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
c.Ketrampilan
“: Unjuk Kerja
|
|||
3.8.menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pemberian contoh, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan for example, such as)
4.8 menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait pemberian contoh, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.8.Siswa
dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait pemberian contoh, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan for example, such as)
4.8.Siswa
dapat menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait pemberian contoh, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks .
|
∙
Fungsi
sosial
Memperoleh
gambaran umum tentang hal yang terkait teknologi secara objektif dan ilmiah.
∙
Struktur teks
Struktur teks mencakup
-
Menyebutkan jenis atau definisi obyek yang
dipaparkan.
-
Deskripsi obyek termasuk nama, bagian-bagian,
sifat dan perilaku yang umum
ditemukan/ dilihat.
∙
Unsur
kebahasaan
-
Kosa kata tentang teknologi yang diamati:
banyak peristilahan ilmiah
-
Kata kerja keadaan be, have, look, need, breed, dll., dalam Simple Present Tense, atau Simple
Past Tense jika sudah punah atau tidak ada lagi
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan
tanda baca
-
Tulisan tangan
∙
Topik
Teknologi
terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas X, yang dapat menumbuhkan
perilaku yang termuat dalam KI.
|
4x 45 menit
|
∙
Menyimak guru membacakan beberapa teks
reporttentang teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X.
∙
Menirukan guru membaca teks tersebut secara
bermakna, dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
tersebut.
∙
Membaca dan mendiskusikan contoh tabel
analisis isi teks yang sedang dipelajari.
∙
Membahas cara mempresentasikan hasil analisis
tersebut.
∙
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan
dalam kelompok masing-masing.
∙
Membaca dan menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks report dari sumber lain.
∙
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan
di depan kelompok lain.
∙
Menulisteks report tentang teknologi yang
tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X secara kontekstual.
∙
Melaporkan secara lisan, mengenai teks report
tentang teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
c.Ketrampilan
“: Unjuk Kerja
|
|||
3.9
membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks hortatory
exposition lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait
pandangan/pendapat mengenai topik yang hangat dibicarakan umum, argumentasi
pendukung, serta saran, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.9 teks hortatory
exposition
4.9.1
menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks hortatory exposition lisan dan tulis, terkait
isu aktual
4.9.2
menyusun teks hortatory exposition lisan dan tulis, terkait isu
aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
3.9 .Siswa
dapat. membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa
teks hortatory exposition lisan dan tulis dengan memberi dan meminta
informasi terkait pandangan/pendapat mengenai topik yang hangat dibicarakan
umum, argumentasi pendukung, serta saran, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.91.Siswa
dapat menangkap makna secara
kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks hortatory
exposition lisan dan tulis, terkait isu aktual
4.9.2 Siswa
dapat menyusun teks hortatory exposition lisan dan tulis, terkait isu
aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks .
|
∙
Fungsi
sosial
Memperoleh
gambaran umum tentang hal yang terkait teknologi secara objektif dan ilmiah.
∙
Struktur teks
Struktur teks mencakup
-
Menyebutkan jenis atau definisi obyek yang dipaparkan.
-
Deskripsi obyek termasuk nama, bagian-bagian,
sifat dan perilaku yang umum
ditemukan/ dilihat.
∙
Unsur
kebahasaan
-
Kosa kata tentang teknologi yang diamati:
banyak peristilahan ilmiah
-
Kata kerja keadaan be, have, look, need, breed, dll., dalam Simple Present Tense, atau Simple
Past Tense jika sudah punah atau tidak ada lagi
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan
tanda baca
-
Tulisan tangan
∙
Topik
Teknologi
terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas X, yang dapat menumbuhkan
perilaku yang termuat dalam KI.
|
4x 45 menit
|
∙
Membaca, menyimak, menirukan teks khusus dalam
bentuk proverb dan riddle.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial dan unsur kebahasaan dari teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle,
secara kontekstual.
∙
Mengidentifikasi dan menalar tentang fungsi
sosial dan unsur kebahasaan bagian-bagian tertentu dari teks khusus dalam
bentuk proverb dan riddle.
∙
Membaca dan menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk proverb
dan riddle dari sumber lain.
∙
Membahas pengalaman belajar tentang teks
khusus dalam bentuk proverb dan riddle.
Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
|
c.Ketrampilan
“: Unjuk Kerja
|
|||
3.10menafsirkan
fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
4.10
menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur
kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
|
3.10.Siswa
dapat menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait
kehidupan remaja SMK
4.10 Siswa
dapat.enangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan
unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMK
|
∙
Fungsi
sosial
Menghibur
dan menyampaikan pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya seni
∙
Unsur
kebahasaan
-
Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya
seni berbentuk lagu.
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Ejaan dan tanda baca.
-
Tulisan tangan
∙
Topik
Hal-hal yang memberikan keteladanan dan
inspirasi.
|
4x 45 menit
|
∙
Membaca, menyimak, dan menirukan lirik lagu
secara lisan.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial dan unsur kebahasaan dari lirik lagu, yang sedang dipelajari secara kontekstual.
∙
Membacakan dan menyalin lirik lagu yang telah
dipelajari dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan.
∙
Menanyakan
Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
|
c.Ketrampilan
“: Unjuk Kerja
|
|||
Mengetahui
Kepala Sekolah
Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004
|
Kendal, Juli 2017
Guru Mata Pelajaran
HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar