KEMBALI KE MENU KELAS XI KLIK DI SINI
KEMBALI KE MENU KELAS XII KLIK DI SINI
KEMBALI KE MENU AWAL KLIK DI SINI
I.
KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui
pembelajaran tidak langsung (indirect teaching)
pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karaktersitik
mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan
sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai
pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
A.
Kelas X
Alokasi Waktu: 3 jam pelajaran
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1.1.
Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk formulir isian yang
digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain, dengan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri dan informasi yang relevan, sesuai dengan konteks
penggunaannya
1.1.
Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk
formulir isian yang digunakan di perusahaan/bank/instansi lain, terkait jati
diri dan informasi yang relevan
|
∙
Fungsi
sosial
Memberikan data dan informasi yang tepat dan pada tempat
yang tepat
∙
Struktur
teks
Struktur formulir dapat mencakup
-
informasi yang digunakan di perusahaan, bank,
dan instansi lainnya.
-
informasi rinci dan informasi tertentu dari
formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, dan instansi lainnya
∙
Unsur
kebahasaan
-
Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan
formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, dan instansi lainnya.
-
Pola pertanyaan yang lazim dalam formulir isian.
-
Kata kerja dalam bentuk past tense, simple
present tense, dan future untuk mengisi formulir isian tentang pengalaman
masa lalu, sekarang, dan yang akan dilakukan.
-
Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dan sebagainya
dalam frasa nominal
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda
baca, dan tulisan tangan
∙
Topik
Data dan informasi nasabah bank, persahaan, instansi, dan
lain-lain, yang dapat menumbuhkan
perilaku yang termuat dalam KI.
∙
Multimedia
Layout dan
dekorasi yang membuat tampilan masing-masing teks dalam formulir dan formulir
secara keseluruhan lebih menarik.
|
∙
Menyimak dan menirukan beberapa model formulir
isian yang digunakan di perusahaan/bank/ instans, dan lain-lain.
∙
Membaca dengan cermat formulir isian yang
digunakan di perusahaan/bank/ instansi, dan lain-lain dengan intonasi,
ucapan, dan ejaan yang benar.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang hal-hal
lain yang belum dipahami terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan dari formulir isian yang sedang dipelajari.
∙
Membaca dan mendiskusikan contoh tabel
analisis isi formulir isian yang sedang dipelajari.
∙
Membahascara mempresentasikan hasil analisis
tersebut.
∙
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan
dalam kelompok masing-masing.
∙
Membaca dan menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa formulir isian yang digunakan di
perusahaan/bank/ instansi, dari sumber lain.
∙
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan
di depan kelompok lain.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
1.2.
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu
tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous),
should+(perfect))
1.2.
Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan
melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau
waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi
sosial
Menyarankan, mengingatkan, menyampaikan himbauan, mentaati
aturan, dsb.
∙
Struktur
teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙
Unsur
kebahasaan
-
Pernyataan dan pertanyaan terkait dengan
keharusan yang menggunakan: should+(simple),
should+(continuous), should+(perfect))
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Ejaan dan tanda baca
-
Tulisan tangan.
∙
Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan
sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan
pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
∙
Menyimak dan menirukan percakapan tentang
keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada waktu yang akan datang,
saat ini, atau waktu lampau sesuai dengan konteks penggunaannya.
∙
Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan
tersebut.
∙
Membaca dengan cermat beberapa percakapan
serupa dari sumber lain.
∙
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙
Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan
komunikatif tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada waktu
yang akandatang, saat ini, atau waktu lampau sesuai dengan konteks yang
berbeda.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
1.3.
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/kejadian
yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang,
sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan will+(simple), will+(continuous),
will+(perfect))
1.3.
Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di
waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi
sosial
Menjelaskan, meyakinkan, mengarahkan, menjanjikan, dsb.
∙
Struktur
teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙
Unsur
kebahasaan
-
Pernyataan dan pertanyaan terkait
tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di
waktu yang akan datang, menggunakan (will+(simple),
will+(continuous), will+(perfect))
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Ejaan dan tanda baca
-
Tulisan tangan
∙
Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya
dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar
SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
∙
Menyimak dan menirukan percakapan tentang
tindakan/ kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi
di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks penggunaannya.
∙
Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan
tersebut.
∙
Membaca dengan cermat beberapa percakapan
serupa dari sumber lain.
∙
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙
Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan
komunikatif memberi dan meminta informasi terkait tindakan/ kegiatan/kejadian
yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang
sesuai dengan konteks yang berbeda
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya
|
1.4.
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan setara antara dua
benda/tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan both ... and; not only ...
but also; either ... or; neither ... nor)
1.4.
Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi yang
mengandung hubungan setara antara dua benda/tindakan, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
∙
Fungsi
sosial
Mendiskripsikan, melaporkan, dan sebagainya
∙
Struktur
teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙
Unsur
kebahasaan
-
Pernyataan dan pertanyaan terkait dengan
hubungan setara antara dua benda yang menggunakan:
-
Both ... and; not only ... but also;
either ... or; neither ... nor
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
-
Ejaan dan tanda baca
-
Tulisan tangan
∙
Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan
sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan
pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
∙
Menyimak dan menirukan percakapan tentang
hubungan setara antara dua benda/tindakan sesuai dengan konteks
penggunaannya.
∙
Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan
tersebut.
∙
Membaca dengan cermat beberapa percakapan
serupa dari sumber lain.
∙
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙
Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan
komunikatif memberi dan meminta informasi terkait hubungan setara antara dua
benda/tindakan sesuai dengan konteks yang berbeda.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
1.5.
Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan beberapa teks recount
lisan dan tulis dalam bentuk biografi dengan memberi dan meminta informasi
terkait tokoh terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya
1.5.
Teks
recount dalam bentuk biografi
1.5.1.
Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis, dalam bentuk biografi terkait tokoh
terkenal
1.5.2.
Menyusun teks recount lisan dan tulis, dalam bentuk biografi, terkait tokoh
terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi sosial
Melaporkan, meneladani, membanggakan, mengagumi, dsb.
∙
Struktur
teks
-
Struktur mencakup jati diri tokoh
-
Pengalaman tokoh yang patut diteladani.
∙
Unsur kebahasaan
-
Kata kerja dalam Simple Past tense, Past Continuous, Past Perfect
-
Kata kerja untuk menunjukkan kegiatan (material verbs) ; kata kerja untuk
mengungkapkan perasaan (mental verbs)
-
Adverbia
penunjuk dan penghubung waktu.
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda
baca, dan tulisan tangan
∙
Topik
Peristiwa, kejadian, pengalaman yang relevan dengan
kehidupan peserta didik sebagai pelajar dan remaja, yang dapat menumbuhkan
perilaku yang termuat dalam KI.
|
∙
Menyimak guru membacakan beberapa teks recount
tentang biografi tokoh terkenal.
∙
Menirukan guru membaca teks tersebut secara
bermakna, dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
tersebut.
∙
Membaca dan menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount tentang biografi tokoh terkenal dari sumber
lain.
∙
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan
di depan kelompok lain.
∙
Membuat proyek menulis teks recount tentang
biografi tokoh terkenal dan memajangnya di majalah dinding kelas.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
1.6.
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait kecukupan untuk dapat/tidak
dapat melakukan/menjadi sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan too ... to
..., ... enough to...)
1.6.
Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi
sosial
Menyarankan, mengingatkan, menjelaskan, dsb.
∙
Struktur
teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙
Unsur
kebahasaan
-
Pertanyaan dan pernyataan terkait kecukupan
untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu menggunakan Adverbial too dan enough
-
frasa nominal
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Ejaan dan tanda baca
-
Tulisan tangan.
∙
Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan
sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan
pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
∙
Menyimak dan menirukan percakapan tentang
memberi dan meminta informasi terkait menyatakan dan menanyakan kecukupan
untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks
penggunaannya.
∙
Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan
tersebut.
∙
Membaca dengan cermat beberapa percakapan
serupa dari sumber lain.
∙
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙
Secara tertulis, melakukan tindakan
komunikatif terkait menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak
dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks.
∙
Bermain peran memberi dan meminta informasi
menggunakan ungkapan yang telah dipelajari secara kontekstual.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
1.7.
Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk iklan dengan memberi dan
meminta informasi terkait kegiatan (event),
sesuai dengan konteks penggunaannya
1.7.
Iklan
kegiatan (event)
1.7.1.
Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk
iklan kegiatan (event)
1.7.2.
Menyusun teks khusus dalam bentuk iklan
kegiatan (event), lisan dan tulis,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
secara benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi
sosial
Membujuk orang lain untuk mengikuti kegiatan (event).
∙
Struktur
teks
∙
Struktur
dapat mencakup
-
Judul/tujuan iklan barang, jasa, dan kegiatan
(event) di media massa.
-
Informasi tertentu dari iklan barang, jasa,
dan kegiatan (event) di media massa.
∙
Unsur
kebahasaan
-
Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan
iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa
-
Penggunaan nominal singular dan plural grup.
-
Ejaan dan tanda baca
-
Tulisan tangan
∙
Topik
∙
Barang, jasa, dan kegiatan (event) yang relevan dengan kehidupan
peserta didik sebagai remaja dan peserta didik SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang
termuat dalam KI.
∙
Multimedia:
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan masing-masing
teks dalam iklan kegiatan (event).
|
∙
Menyimak dan menirukan beberapa model teks
khusus dalam bentuk iklan terkait kegiatan (event) di media masa.
∙
Menanyakan informasi terkait isi teks yang
sedang dipelajari.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang hal-hal
lain yang belum dipahami terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan dari teks khusus yang sedang dipelajari.
∙
Membaca dan mendiskusikan contoh tabel
analisis isi iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa yang
sedang dipelajari.
∙
Membahas cara mempresentasikan hasil analisis
tersebut.
∙
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan
dalam kelompok masing-masing.
∙
Membuat, mempresentasikan, menerbitkan,
bertanya jawab tentang teks iklan terkait kegiatan (event) di media massa
yang ada di sekitar kehidupan peserta didik dengan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai
(membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
1.8.
Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan beberapa teks report
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang
tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X sesuai dengan konteks
penggunaannya
1.8.
Teks
report
1.8.1.
Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam
mata pelajaran lain di Kelas X
1.8.2.
Menyusun teks report lisan dan tulis, terkaitteknologi yang tercakup dalam mata
pelajaran lain di Kelas X, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi
sosial
Memperoleh gambaran umum tentang hal yang terkait
teknologi secara objektif dan ilmiah.
∙
Struktur teks
Struktur teks
mencakup
-
Menyebutkan jenis atau definisi obyek yang
dipaparkan.
-
Deskripsi obyek termasuk nama, bagian-bagian,
sifat dan perilaku yang umum
ditemukan/ dilihat.
∙
Unsur
kebahasaan
-
Kosa kata tentang teknologi yang diamati:
banyak peristilahan ilmiah
-
Kata kerja keadaan be, have, look, need, breed, dll., dalam Simple Present Tense, atau Simple
Past Tense jika sudah punah atau tidak ada lagi
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda
baca
-
Tulisan tangan
∙
Topik
Teknologi terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas X,
yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
∙
Menyimak guru membacakan beberapa teks
reporttentang teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X.
∙
Menirukan guru membaca teks tersebut secara
bermakna, dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
tersebut.
∙
Membaca dan mendiskusikan contoh tabel
analisis isi teks yang sedang dipelajari.
∙
Membahas cara mempresentasikan hasil analisis
tersebut.
∙
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan
dalam kelompok masing-masing.
∙
Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks report dari sumber lain.
∙
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan
di depan kelompok lain.
∙
Menulisteks report tentang teknologi yang
tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X secara kontekstual.
∙
Melaporkan secara lisan, mengenai teks report
tentang teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
1.9.
Menafsirkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk proverb
dan riddle, dengan memberi dan
meminta informasi terkait kehidupan remaja sesuai dengan konteks
penggunaannya
1.9.
Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus proverb dan riddle terkait kehidupan remaja
|
∙
Fungsi
sosial
Melatih kehalusan budi; teka-teki mengasah pikiran, untuk
menjalin pergaulan dengan lingkungannya
dsb.
∙
Struktur
Teks
-
Peribahasa (Proverb)
-
Struktur teks spesifik untuk peribahasa:
-
Teka-teki (Riddle)
-
Struktur teks spesifik untuk teka-teki:
∙
Unsur
kebahasaan
-
Tata bahasa: Simple Present Tense, Kalimat imperatif positif dan negatif,
kalimat tanya.
-
Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, kata tanya secara tepat, dan kata kerja bantu dalam pertanyaan dan
pernyataan secara tepat.
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
-
Ejaan dan tanda baca
-
Tulisan tangan.
∙
Topik
Berbagai hal terkait dengan kehidupan peserta didik
sebagai remaja dan peserta didik SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang
termuat dalam KI.
|
∙
Membaca, menyimak, menirukan teks khusus dalam
bentuk proverb dan riddle.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial dan unsur kebahasaan dari teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle,
secara kontekstual.
∙
Mengidentifikasi dan menalar tentang fungsi
sosial dan unsur kebahasaan bagian-bagian tertentu dari teks khusus dalam
bentuk proverb dan riddle.
∙
Membaca dan menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk proverb
dan riddle dari sumber lain.
∙
Membahas pengalaman belajar tentang teks
khusus dalam bentuk proverb dan riddle.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
1.10.
Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan
lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
1.10.
Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
|
∙
Fungsi
sosial
Menghibur dan menyampaikan pesan moral lagu dan menghargai
lagu sebagai karya seni
∙
Unsur
kebahasaan
-
Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya
seni berbentuk lagu.
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi
-
Ejaan dan tanda baca.
-
Tulisan tangan
∙
Topik
Hal-hal yang
memberikan keteladanan dan inspirasi.
|
∙
Membaca, menyimak, dan menirukan lirik lagu
secara lisan.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial dan unsur kebahasaan dari lirik lagu, yang sedang dipelajari secara
kontekstual.
∙
Membacakan dan menyalin lirik lagu yang telah
dipelajari dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan.
∙
Menanyakan
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
B.
Kelas XI
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1.1.
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan
penjelasan, serta meresponsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
1.1.
Menyusun teks interaksi interpersonal lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan menyarankan untuk melakukan atau tidak
melakukan sesuatu dengan penjelasan, dan meresponsnya dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
∙
Fungsi
sosial
Menjaga hubungan Interpersonal dengan guru, teman, dan
orang lain
∙
Struktur teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/tidak diharapkan)
∙
Unsur
kebahasaa
-
Ungkapan yang sesuai untuk menyarankan.( I believe ..., I think ..., I suppose ...,
In my opinion ...)
-
Penggunaan
nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb
secara tepat dalam frasa nominal
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda
baca, dan tulisan tangan
∙
Topik
Berbagai kegiatan yang terkait dengan peserta didik
sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat
dalam KI.
|
∙
Menyimak dan menirukan beberapa contoh
percakapanmenyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang
diperagakan guru, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar.
∙
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari beberapa ungkapan yang sedang dipelajari.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam interaksi
tersebut.
∙
Menentukan ungkapan yang tepat secara
lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa.
∙
Secara lisan dan tulis, melakukan tindakan
komunikatif yang sedang dipelajari dalam bahasa Inggris secara kontekstual.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajar.
|
1.2.
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/ kejadian
yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu
lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan past perfect, present perfect,
future perfect)
1.2.
Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
tindakan/kegiatan/ kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan
dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan
datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi
sosial
Menjelaskan, meyakinkan, mengarahkan, menjanjikan, dsb.
∙
Struktur teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙
Unsur
kebahasaan
-
Pernyataan dan pertanyaan terkait
tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan
dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang
-
Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda
baca, dan tulisan tangan.
∙
Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan
sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan
pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
∙
Menyimak dan menirukan interaksi yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilaku-kan/terjadi dikaitkan
dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akandatang
sesuai dengan konteks penggunaannya.
∙
Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam interaksi
tersebut.
∙
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan antara beberapa tindakan memberi dan meminta informasi
terkait tindakan/kegiatan/ kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi
dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang
akan datang, dalam konteks yang berbeda
∙
Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan
komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan/kegiatan/ kejadian yang
sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu
lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang sesuai dengan konteks.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
1.3.
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait rencana yang akan datang dengan
kondisi tertentu, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan if dalam present tense)
1.3.
Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
rencana yang akan datang dengan kondisi tertentu, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi
sosial
Mengingatkan, menasehati, berita-cita, menyatakan
kebenaran umum, dsb.
∙
Struktur
teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙
Unsur
kebahasaan
-
Pernyataan dan pertanyaan terkait menyatakan
pengandaian: if …, unless …
-
Adverbial
dengan –ly, adverbila untuk menyatakan waktu, tempat, dsb.
-
Kosa kata: benda-benda yang terkait dengan
pembelajaran di SMA dan kehidupan peserta didik sebagai remaja
-
Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat
dalam frasa nominal
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda
baca, dan tulisan tangan.
∙
Topik
Benda, binatang, tumbuh-tumbuhan, kejadian, peristiwa yang
penting dan relevan dengan peserta didik SMA,yang dapat menumbuhkan perilaku
yang termuat dalam KI.
|
∙
Menyimak dan menirukan interaksi yang
melibatkan rencana yang akan datang dengan kondisi tertentu sesuai dengan
konteks penggunaannya.
∙
Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam interaksi
tersebut.
∙
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan antara beberapa rencana yang akan datang dengan kondisi
tertentu, dalam konteks yang berbeda
∙
Secara lisan dan tertulis, menyampaikanrencana
yang akan datang dengan kondisi tertentu sesuai dengan konteks.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
1.4.
Menginterpretasi fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks khusus dalam
bentuk poem, lisan dan tulis, dengan memberi dan meminta informasi terkait
kehidupan remaja, sesuai dengan konteks penggunaannya
1.4.
Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk poem terkait
kehidupan remaja
|
∙
Fungsi
sosial
Untuk menjalin pergaulan dengan lingkungannya
∙
Unsur
kebahasaan
-
Tata bahasa: Simple Present Tense, Kalimat
imperatif positif dan negatif, kalimat tanya, tata bahasa gaya puisi.
-
Penggunaan nominal
singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa
nominal
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda
baca, tulisan tangan.
∙
Topik
Berbagai hal terkait dengan kehidupan peserta didik
sebagai remaja dan peserta didik SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang
termuat dalam KI.
|
∙
Menyimak dan menirukan beberapa model teks
khusus dalam bentuk poem.
∙
Membaca dengan cermat teks khusus dalam bentuk
poem dengan intonasi, ucapan, dan ejaan yang benar
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang hal-hal
lain yang belum dipahami terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan dari teks khusus yang sedang dipelajari.
∙
Membaca dan mendiskusikan contoh tabel
analisis isi teks khusus dalam bentuk poem yang sedang dipelajari.
∙
Mempelajari cara mempresentasikan hasil analisis
tersebut.
∙
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan
dalam kelompok masing-masing.
∙
Membaca dan menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk poem
dari sumber lain.
∙
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan
di depan kelompok lain.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
1.5.
Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan beberapa teks naratif
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait cerita pendek,
sesuai dengan konteks penggunaannya
1.5.
Menangkap makna secara kontekstual terkait
dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif,lisan
dan tulis, terkait cerita pendek
|
∙
Fungsi sosial
Memperoleh hiburan, menghibur dan mengajarkan nilai-nilai
luhur, meneladani nilai-nilai moral, dsb.
∙
Struktur text
(gagasan utama dan informasi rinci)
-
Pendahuluan (orientasi) dengan memperkenalkan
tokoh, tempat, waktu, terjadinya cerita.
-
Penilaian (evaluasi) tentang situasi dan
kondisi terjadinya cerita.
-
Krisis yang terjadi terhadap tokoh utama
(komplikasi)
-
Akhir cerita di mana krisis berakhir
(resolusi) dengan bahagia atau sedih
-
Ulasan atau komentar umum (reorientasi),
opsional.
∙
Unsur kebahasaan
-
Tata bahasa: tense Simple, Continuous, Perfect, dalam bentuk Present dan Past, dengan atau tanpa kata kerja bantu modal, secara
terintegrasi
-
Kosa kata: terkait karakter, watak, dan setting dalam cerita
pendek
-
Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-
Semua jenis adverbia.
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan
tanda baca, dan tulisan tangan
∙
Topik
Cerita-cerita pendek yang memberikan keteladanan dan yang
dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
∙
Menyimak guru membacakan beberapa teks
naratif berbentuk cerita pendek.
∙
Menirukan guru membaca teks tersebut secara
bermakna, dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
tersebut.
∙
Membaca dan mendiskusikan contoh tabel
analisis isi teks yang sedang dipelajari.
∙
Membahas cara mempresentasikan hasil analisis
tersebut.
∙
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan
dalam kelompok masing-masing.
∙
Membaca dan menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif berbentuk cerita pendek dari sumber lain.
∙
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan
di depan kelompok lain.
∙
Menceritakan kembali teks naratif berbentuk
cerita pendek yang telah dipelajari dengan menggunakan bahasa sederhana.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
1.6.
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi melalui telepon terkait acara,
tawaran, janji dan reservasi, sesuai dengan konteks
penggunaannyapenggunaannya
1.6.
Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi melalui
telepon terkait acara, tawaran, janji dan reservasi, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
∙
Fungsi
sosial
Menjaga keharmonisan komunikasi antara penyedia jasa dan
pelanggan untuk saling menguntungkan
∙
Struktur
teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙
Unsur
kebahasaan
-
Ungkapan baku yang lazim digunakan.
-
Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat,
dengan atau tanpa a, the, this, those,
my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan
tanda baca, tulisan tangan
∙
Topik
Berbagai kegiatan yang terkait dengan peserta didik
sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat
dalam KI.
|
∙
Menyimak dan menirukan percakapan untuk
menelpon dan menerima telepon dalam (a) membuat perjanjian dan (b) membuat
reservasi sesuai dengan konteks penggunaannya.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan
tersebut.
∙
Membaca dengan cermat beberapa percakapan
serupa dari sumber lain.
∙
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙
Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan
komunikatif memberi dan meminta informasi terkait menelpon dan menerima
telepon dalam (a) membuat perjanjian dan (b) membuat reservasi sesuai dengan
konteks yang berbeda.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
1.7.
Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk brosur, leaflet, banner,
dan pamflet, dengan memberi dan meminta informasi terkait promosi
barang/jasa/kegiatan sesuai dengan konteks penggunaannya
1.7.
Brosur, leaflet, banner, dan pamflet
1.7.1.
Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan brosur, leaflet, banner,
dan pamflet terkait promosi barang/jasa/kegiatan
1.7.2.
Menyusun teks khusus brosur, leaflet, banner,
dan pamflet terkait promosi barang/jasa/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi
sosial
Mempromosikan kegiatan, program, tokoh, dsb., agar menarik
perhatian khalayak sasaran
∙
Struktur
text
-
Menyebutkan tujuan brosur, leaflet, banner, dan pamflet
-
Menyebutkan informasi rinci dan informasi
tertentu dari brosur, leaflet, banner, dan pamflet
∙
Unsur
kebahasaan
-
Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan
brosur, leaflet, banner, dan pamflet
-
Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda
baca, dan tulisan tangan.
∙
Topik
Orang, barang, jasa, dan kegiatan (event) yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja
dan peserta didik SMA,yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
∙
Menyimak dan menirukan beberapa model teks
khusus berbentuk brosur, leaflet, banner, dan pamflet.
∙
Membaca dengan cermat teks khusus berbentuk
brosur, leaflet, banner, dan pamflet dengan intonasi, ucapan, dan ejaan yang
benar.
∙
Bertanya dan mempertanyakan hal-hal lain yang
belum dipahami terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari
teks khusus yang sedang dipelajari.
∙
Membaca dan menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus berbentuk brosur,
leaflet, banner, dan pamflet dari sumber lain.
∙
Membuat proyek teks brosur, leaflet, banner,
dan pamflet dan memajangnya di majalah dinding kelas.
∙
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
1.8.
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait pemberian contoh, sesuai
dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan for example, such
as)
1.8.
Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
pemberian contoh, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi sosial
Memberikan penjelasan/memperjelas informasi.
∙
Struktur
Teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan
intonasi.
∙
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan
peserta didik selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luaryang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
∙
Menyimak dan menirukan percakapan terkait
pemberian contoh sesuai dengan konteks penggunaannya.
∙
Bertanya dan mempertanyakan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
∙
Membaca dengan cermat beberapa percakapan
serupa dari sumber lain.
∙
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙
Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan
komunikatif terkait pemberian contoh sesuai dengan konteks yang berbeda.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
1.9.
Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan beberapa teks hortatory exposition lisan dan tulis
dengan memberi dan meminta informasi terkait pandangan/pendapat mengenai
topik yang hangat dibicarakan umum, argumentasi pendukung, serta saran,
sesuai dengan konteks penggunaannya
1.9.
Teks
hortatory exposition
1.9.1.
Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks hortatory exposition lisan dan tulis, terkait isu aktual
1.9.2.
Menyusun teks hortatory exposition lisan dan tulis, terkait isu aktual, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi Sosial
Mengajak, membujuk orang lain/pembaca atau pendengar untuk
menyetujui melakukan tindakan yang direkomendasikan dalam teks
∙
Struktur teks
-
Menyebutkan pokok permasalahan terhadap
sesuatu yang hangat dibicarakan (Thesis
statement)
-
Menyebutkan pandangan/pendapat mengenai
permasalahan tersebut beserta
ilustrasi sebagai pendukung (Arguments)
-
Diakhiri dengan jalan keluar/ solusi yang
ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut
∙
Unsur Kebahasaan:
-
Kalimat Simple Present
-
Conditional Clauses
-
Modals
-
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata,
dan intonasi.
∙
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan
peserta didik selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
|
∙
Menyimak guru membacakan beberapa teks
eksposisi hortatori.
∙
Menirukan guru membaca teks tersebut secara
bermakna, dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
tersebut.
∙
Membaca dan mendiskusikan contoh tabel
analisis isi teks yang sedang dipelajari.
∙
Membahas cara mempresentasikan hasil analisis
tersebut.
∙
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan
dalam kelompok masing-masing.
∙
Membaca dan menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi hortatori dari
sumber lain.
∙
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan
di depan kelompok lain.
∙
Menulis teks eksposisi hortatori secara
kontekstual.
∙
Menyampaikan isi teks eksposisi hortatori yang
telah dibuatnya secara lisan sesuai dengan konteksnya.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
1.10.
Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan
lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
1.10.
Menangkap makna secara kontekstual terkait
dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja
SMA/MA
|
-
Fungsi
sosial
Memahami pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai
karya seni
-
Unsur
kebahasaan
-
Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya
seni berbentuk lagu.
-
Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
|
∙
Membaca, menyimak, dan menirukan lirik lagu
secara lisan.
∙
Mempertanyakan informasi dalam teks yang
dibaca.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial dan unsur kebahasaan dari lirik lagu, yang sedang dipelajari secara
kontekstual.
∙
Membacakan dan menyalin lirik lagu yang telah
dipelajari dengan memperhatikan fungsi sosialdan unsur kebahasaan.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
C.
Kelas XII
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan such ...
that; so ... that)
4.1 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
∙
Fungsi sosial
Menjelaskan, memberi informasi, dsb.
∙
Struktur teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙
Unsur kebahasaan
-
Pernyataan dan pertanyaan keterangan
(circumstance)
-
Kata yang menyatakan hubungan dua keadaan
benda dengan pengaruhnya: So ....that
...; Such .....that ....
-
Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan
tanda baca, dan tulisan tangan.
∙
Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan
sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan
pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
∙
Menyimak dan menirukan percakapan tentang
tindakan memberi dan memnta informasi terkait hubungan sebab akibat sesuai
dengan konteks penggunaannya.
∙
Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan
tersebut.
∙
Membaca dengan cermat beberapa percakapan
serupa dari sumber lain.
∙
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙
Secara lisan dan tulis, melakukan tindakan
komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta informasi
terkait hubungan sebab akibat sesuai dengan konteks.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
3.2 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta
keadaan/kejadian, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan prepositional phrase, adjective clause: finite dan non-finite)
4.2 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan
fakta keadaan/kejadian, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi
sosial
Menjelaskan/memberikan tambahan informasi secara efektif
∙
Struktur
teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙
Unsur
kebahasaan
-
Kalimat pernyataan dan pertanyaan terkait
benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/ kejadian antara
lain; who, which, that/driven, based,
developing, carrying/ the essay, after the break, dsb.
-
Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda
baca, dan tulisan tangan.
∙
Topik
orang, benda, binatang, di sekolah, rumah, dan sekitarnya
dan yang relevan dengan kehidupan peserta didiksebagai remaja dan pelajar
SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
∙
Menyimak dan menirukan percakapan tentang
tindakan memberi dan memnta informasi terkait benda dengan pewatas berupa
sifat, jenis, dan fakta keadaan/ kejadian akibat sesuai dengan konteks
penggunaannya.
∙
Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan
tersebut.
∙
Membaca dengan cermat beberapa percakapan
serupa dari sumber lain.
∙
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙
Secara lisan dan tulis, melakukan tindakan
komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta informasi
terkait benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/ kejadian
sesuai dengan konteks.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
3.3 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keterangan (circumstance), sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan klausa finite atau klausa non-finite)
4.3 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keterangan
(circumstance), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi
sosial
Menjelaskan benda/memberikan informasi tambahan
∙
Struktur
teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙
Unsur
Kebahasaan
-
Kalimat pernyataan dan pertanyaan keterangan
(circumstance)
-
Pewatas (Modifiers) antara lain; Which/that, Who,Whose,Where.
-
Relative
Clauses: kalimat dengan pewatas
-
Tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
∙
Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan
sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didiksebagai remaja dan
pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
∙
Menyimak dan menirukan percakapan tentang
tindakan memberi dan memnta informasi terkait keterangan (circumstance)
sesuai dengan konteks penggunaannya (klausa finite atau klausa non-finite)
sesuai dengan konteks penggunaannya.
∙
Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan
tersebut.
∙
Membaca dengan cermat beberapa percakapan
serupa dari sumber lain.
∙
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙
Secara lisan dan tulis, melakukan tindakan
komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta informasi
terkait keterangan (circumstance) sesuai dengan konteks penggunaannya (klausa
finite atau klausa non-finite) sesuai dengan konteks.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
3.4 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak
nyata pada saat ini dan pada waktu lampau, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan conditional: past dan past
perfect)
4.4 Menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang
tidak nyata pada saat ini dan pada waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi
sosial
Menyatakan persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu,
menyatakan penyesalan, menyatakan dan menanyakan pengandaian terjadinya/
dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada waktu lampau
∙
Struktur
Teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙
Unsur
Kebahasaan
-
Kalamat pernyataan dan pertanyaan terkait
pengandaian terjadinya/ dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini
dan pada waktu lampau.
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda
baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
∙
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan
peserta didik selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, yang
dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
∙
Menyimak dan menirukan percakapan tentang
tindakan memberi dan memnta informasiterkait pengandaian
terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu
lampau sesuai dengan konteks penggunaannya.
∙
Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan
tersebut.
∙
Membaca dengan cermat beberapa percakapan
serupa dari sumber lain.
∙
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙
Secara lisan dan tulis, melakukan tindakan
komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta
informasiterkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata
pada saat ini dan pada waktu lampau sesuai dengan konteks.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
3.5 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan even if
..., unless ..., however, on the other hand, in conbtrast,
nevertheless)
4.5. Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait pemberian contoh, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi
sosial
Memastikan, meningkatkan tekad, menyemangati, dsb.
∙
Struktur
Teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙
Unsur
Kebahasaan
-
Kalamat pernyataan dan pertanyaan terkait
pengandaian terjadinya /dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini
dan pada waktu lampau
-
Kata untuk menyatakan pengandaian: whether or not ... no matter ..., even if
...
-
Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat
dalam frasa nominal
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda
baca, dan tulisan tangan
∙
Topik
Kegiatan dan tindakan yang penting dan relevan dengan
peserta didik SMAyang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
∙
Menyimak dan menirukan percakapan tentang
tindakan memberi dan memnta informasiterkait pengandaian
terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu
lampau sesuai dengan konteks penggunaannya.
∙
Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan
tersebut.
∙
Membaca dengan cermat beberapa percakapan
serupa dari sumber lain.
∙
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙
Secara lisan dan tulis, melakukan tindakan
komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta
informasiterkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata
pada saat ini dan pada waktu lampau sesuai dengan konteks.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
3.6 Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks pembahasan ilmiah
(discussion) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait
pembahasan isu kontrovesial dan aktual dari beberapa (minimal dua) sudut pandang,
sesuai dengan konteks penggunaannya
4.6. Teks pembahasan ilmiah (discussion)
4.6.1 Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis, terkait isu
kontroversial dan aktual
4.6.2 Menyusun
pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis, terkait isu kontroversial dan
aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi Sosial
Membahas suatu isu dari beberapa sudut pandang
∙
Struktur Teks
Struktur untuk setiap sudut pandang dapat mencakup
-
Penyampaian isu yang dibahas dan ulasan
umumnya
-
pandangan, asumsi terhadap isu
-
argumentasi pendukung
-
kesimpulan atau saran
∙
Unsur
kebahasaan
-
Kosa kata terkait dengan topik yang dibahas.
-
Kata sambung untuk menunjukkan perbandingan,
kontras, dan urutan, a.l. on the other
hand, conversely, because, consequently, thus, dsb..
-
Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan
tanda baca, tulisan tangan
∙
Topik
Institusi, benda, binatang dan gejala/peristiwa alam dan
sosial terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XII, yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
∙
Menyimak guru membacakan beberapateks
pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta
informasi terkait pembahasan isu kontrovesial dan aktual dari beberapa
(minimal dua) sudut pandang.
∙
Menirukan guru membaca teks tersebut secara
bermakna, dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
∙
Menanyakan informasi dari teks yang dibaca
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
tersebut.
∙
Mempelajari contoh tabel analisis isi teks
yang sedang dipelajari.
∙
Membahas cara mempresentasikan hasil analisis
tersebut.
∙
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan
dalam kelompok masing-masing.
∙
Membaca dan menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif dari sumber
lain.
∙
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan
di depan kelompok lain.
∙
Menulis teks pembahasan ilmiah (discussion)
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pembahasan isu
kontrovesial dan aktual dari beberapa (minimal dua) sudut pandang secara
kontekstual.
∙
Melaporkan secara lisan, pendek, dan sederhana
tentang teks pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis dengan memberi
dan meminta informasi terkait pembahasan isu kontrovesial dan aktual dari
beberapa (minimal dua) sudut pandang.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
3.7 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait konsesi, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan even though, although)
4.7 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait konsesi, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
∙
Fungsi
sosial
menyatakan hasil yang diluar dugaan.
∙
Struktur
teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
∙
Unsur
kebahasaan
-
Kalimat pernyataan dan pertanyaan terkait
konsensi
-
Kata untuk menyatakan konsensi: even though, although
-
Kosa kata: tindakan dan kegiatan yang terkait
dengan pembelajaran di SMA dan kehidupan peserta didik sebagai remaja
-
Penggunaan nominal
singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa
nominal
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan
tanda baca
-
Tulisan tangan.
∙
Topik
Kegiatan dan tindakan yang penting dan relevan dengan
peserta didik SMAyang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
|
∙
Menyimak dan menirukan percakapan tentang
memberi dan meminta informasi tindakan memberi dan memnta informasi terkait
konsesi sesuai dengan konteks penggunaannya.
∙
Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan
tersebut.
∙
Membaca dengan cermat beberapa percakapan
serupa dari sumber lain.
∙
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
∙
Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan
komunikatif memberi dan meminta informasi terkait konsesi sesuai dengan
konteks yang berbeda.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
3.8 Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks ulasan (review) lisan dan
tulis dengan memberi dan meminta penilaian terkait film/buku/cerita, sesuai
dengan konteks penggunaannya
4.8 Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks ulasan (review),lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita
|
∙
Fungsi
sosial
Memberi informasi tentang suatu karya seni yang akan dibaca,
ditonton, atau dibeli suatu.
∙
Struktur
text
(gagasan utama dan informasi rinci)
-
Pendahuluan (orientasi): menempatkan karya
dalam konteks umum dan khusus, seringkali dengan membandingkan dengan karya
lain sejenis.
-
Ulasan interpretatif yang merangkum jalan
cerita menjelaskan latar belakangnya, opsional, tapi seringkali ada dan
diulang-ulang.
-
Evaluasi atau penilaian terhadap karya dan
atau proses memproduksinya, biasanya diulang-ulang.
-
Rangkuman penilaian: pernyataan tajam atau
telak yang merangkum penilaian reviewer secara umum (opsional)
∙
Unsur
kebahasaan
-
Kosa kata: terkait karakter, watak, dan setting dalam karya
yang dinilai
-
Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-
Semua jenis adverbia.
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda
baca, dan tulisan tangan
∙
Topik
Film, sinetron, buku, drama, opera, konser, pameran,
balet, dsb, yang memberikan keteladanan.
|
∙
Menyimak dan menirukan beberapa model teks
ulasan (review),lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita.
∙
Membaca dengan cermat teks ulasan (review)
terkait film/buku/cerita dengan intonasi, ucapan, dan ejaan yang benar
∙
Bertanya dan mempertanyakan hal-hal lain yang
belum dipahami terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari
teks khusus yang sedang dipelajari.
∙
Membaca dan mendiskusikan contoh tabel
analisis isi teks ulasan (review),lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita
yang sedang dipelajari.
∙
Mempelajari cara mempresentasikan hasil analisis
tersebut.
∙
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan
dalam kelompok masing-masing.
∙
Membaca dan menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks ulasan (review),lisan dan
tulis, terkait film/buku/cerita dari sumber lain.
∙
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan
di depan kelompok lain.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
3.9 Menafsirkan
fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
4.9 Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
|
∙
Fungsi
sosial
Menghibur, menyampaikan pesan moral lagu dan menghargai
lagu sebagai karya seni
∙
Unsur
kebahasaan
-
Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni
berbentuk lagu.
-
Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tanda baca, dan tulisan tangan
∙
Topik
Berbagai hal terkait dengan kehidupan peserta didik
sebagai remaja dan peserta didik SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang
termuat dalam KI.
|
∙
Menyimak danbertanya-jawab tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari lirik lagu, secara
kontekstual.
∙
Membaca, menyimak, dan menirukan lirik lagu
secara lisan.
∙
Membahas informasi dalam lirik lagu
∙
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi
sosial dan unsur kebahasaan dari lirik lagu, yang sedang dipelajari secara
kontekstual.
∙
Membacakan dan menyalin lirik lagu yang telah
dipelajari dengan memperhatikan fungsi sosialdan unsur kebahasaan.
∙
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil
belajarnya.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar