PERHATIAN

ULANGAN TENGAH SEMESTER /MID INSYA ALLOH AKAN DILAKSANAKAN DARI TANGGAL 2- 10 OKTOBER 2017 SIAPKAN DIRI ANDA UNTUK MENGHADAPINYA- MATERI KELAS 2 INGAT HAFALAN I AM SO STRESS BUKU PAKET DAN DISKUSI S/D 3 UNTUK KELAS 3 PELAJARI BUKU PAKET DAN BAHAN DISKUSI SAMPAI DISKUSI 3 - SEMOGA ALLOH MEMBERI KESEHATAN DAN KEMUDAHAN PADA KALIAN

Sabtu, 22 Juli 2017

DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS XI SMK BAHASA INGGRIS KURIKULUM 13 TAHUN 2017 KD 6

KEMBALI KE MENU DAFTAR RPP KLIK DI SINI

KEMBALI KE MENU KELAS XI  KLIK DI SIN1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                              (RPP)

Satuan Pendidikan : SMK Negeri 4 Kendal
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester : XI / 1
Topik : 6 .Tindakan memberi dan meminta informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan reservasi, sesuai dengan konteks penggunaannya
.
Waktu
:
4 MgX 2 Jam× 45 menit ( 4Pertemuan)


Kompetensi Inti
KI 1 : Kompetensi Sikap Spiritual yang ditumbuhkembangkan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik, yaitu berkaitan dengan kemampuan menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Kompetensi Sikap Sosial berkaitan dengan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, responsive (kritis), pro-aktif  (kreatif) dan percaya diri, serta dapat berkomunikasi dengan baik.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan reservasi, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.6 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan reservasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

C. Indiktor
Indikator Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.6.Siswa dapatmenerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan reservasi, sesuai dengan konteks penggunaannya
Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.6 Siswa dapat. menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan reservasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
 
D.Tujuan Pembelajaran
a.Agar siswa dapat. menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan reservasi, sesuai dengan konteks penggunaannya
 b.Agar siswa dapat menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan reservasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
E.Materi Pembelajaran
Materi Pokok :
Fungsi sosial
Menjaga keharmonisan komunikasi antara penyedia jasa dan pelanggan untuk saling menguntungkan
Struktur teks
Memulai
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Unsur kebahasaan
Ungkapan baku yang lazim digunakan.
Memberi dan meminta informasi terkait menelpon dan menerima telepon dalam (a) membuat perjanjian dan (b) membuat reservasi sesuai dengan konteks yang berbeda.

Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda baca, tulisan tangan
Topik
Berbagai kegiatan yang terkait dengan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMK, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
Ungkapan
Contoh Dialog Menerima Telepon Dalam Membuat Perjanjian Dalam Bahasa Inggris – Satu lagi tambahan koleksi percakapan dalam bahasa Inggris yang dapat sahabat KBI pelajari. Pada koleksi conversation kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat janji/appointment dalam bahasa Inggris tanpa bertemu langsung melainkan hanya dengan menggunakan telepon saja. Tapi sebelum kita membahas mengenai dialog conversationnya, mari kita lihat dulu ungkapan/kalimat yang digunakan untuk membuat atau membatalkan janji dalam bahasa Inggris berikut ini:
Cara Membuat Janji/Appointment
I’d like you to come and see in …
I want to make an appointment to see Mr/Mrs …
I’d like to make an appointment with …
Cara Menerima/Accepting Appointment atau Janji
Sure, I will be waiting for you
It’s a deal
All right, see you there
Yes, I will come
Be there on time
I will be there soon
.Fakta
Para lulusan SMK sebagian  ada yang bekerja di hotel rumah makan maupun Biro perjalanan untuk itu mereka perlu bekal dalam menghandle tamu
Konsep
Melayani tamu engtan bahasa formal dan sopan
Prinsip
Penggunaan tenses dan pemilihan kata ytang tepat
Prosedur
TATA CARA MAKING OFFER DAN MENANGGAPINYA
Making offer
 Can I ...? (Dapatkah aku…?)
May I ...? (Bolehkah aku…?)
Shall I ...? (Bolehkah aku…?)
How about I ...? (Bagaimana jika aku…?)
Would you ...? (Maukah kamu…?)
F.Pendekatan , strategi ,Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran    :  Pendekatan saintifik (scientific).
Strategi                                 : Pembelajaran Kooperatif
Metode Pembelajaran          :  diskusi
Model   : discovery learning
G.Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1 s/d 4 (2 x 45 menit)
KEGIATAN LANGKAH PEMBELAJAR-AN ALOKASI WAKTU
Pendahuluan 1.Guru memberi salam dan menanyakan keadaan siswa lalu memimpin bacaan Asmaul Khusna ( bila Pelajaran mulai jam pertama).
2. Guru melakukan kegiatan Literasi dengan membagi tugas membaca dan membuat resume hasil membaca.
3.Guru mempersilakan salah seorang siswa untuk memimpin dalam kerapian, kebersihan laci meja, berdoa  dan bila pelajaran mulai jam pertama sekaligus memimpin untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya .
Guru memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin.
Guru memeriksa kesiapan/ kelengkapan belajar  siswa  terutama kamus , modul dan catatan .
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Guru menyampaikan kompetensi dan indikator yang harus dicapai siswa.
Guru Menyampaikan teknik penilaian
Guru memberikan gambaran ulang tentang pentingnya memahami topik yang akan disampaikan dan menyampaikan hal menarik untuk menggugah rasa ingin tahu siswa.Sebagai apersepsi, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang terkait dengan topik pembelajaran  pada pertemuan sebelumnya.
Untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, beberapa siswa diminta untuk menjawab dan menjelaskan jawabannya.   20 menit
Kegiatan  Inti Menyimak dan menirukan percakapan untuk menelpon dan menerima telepon dalam (a) membuat perjanjian dan (b) membuat reservasi sesuai dengan konteks penggunaannya.
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan komunikatif memberi dan meminta informasi terkait menelpon dan menerima telepon dalam (a) membuat perjanjian dan (b) membuat reservasi sesuai dengan konteks yang berbeda.
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
55  menit
Penutup •   Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
•     .  Siswa diberi tugas untuk membaca berbagai sumber, mencatat, mengerjakan latihan unsur-unsur bahasa yang sudah diterangkan. enit
H.Alat/Media/Sumber Pembelajaran
Alat Pembelajaran : Boardmaker, Whiteboard, Laptop, LCD, Soal dan Lembar Penilaian.
Media Pembelajaran : Bahan Tayang (Power Point)
Sumber Pembelajaran : : •Buku bahasa Inggris SMK
Materi dari Internet
Penilaian Hasil Belajar
Teknik Penilaian:
Penilaian Sikap   : Observasi/pengamatan
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik
Bentuk Penilaian :
Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
Unjuk kerja :lembar penilaian presentasi
Proyek            : -
Instrumen Penilaian
a.Kinerja (praktik)
b.Observasi penilaian sikap
c.Portofolio
dPenilaian diri dan penilaian sejawat
ePenugasan
f.Ulangan Harian
Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali ters remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
Pengayaan
Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
Siwa yang mencapai nilai   diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
Siwa yang mencapai nilai   diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

Mengetahui
Kepala Sekolah

Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004 Kendal,      Juli 2017
Guru Mata Pelajaran

HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003
Lampiran

No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaian
1. Sikap
Disiplin dalam pembelajaran Jujur dalam kegiatan kelompok.
Bertanggung jawab terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Santun dalam bersikap selama proses pembelajaran. Pengamatan Selama pembelajaran dan saat diskusi
2. Pengetahuan
Menerapkan rumus dalam menyelesaikan masalah
Pengamatan dan tes Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.
Keterampilan
Terampil dalam:
Menerapkan rumus
Menyelesaikan permasalahan Pengamatan Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi

Instrumen Penilaian Hasil Belajar
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Satuan Pendidikan : SMKN 4 Kendal
Bidang Keahlian : ................................
Program Keahlian : .................................
Kompetensi Keahlian : ................................
Kelas : XI
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS

No Waktu Nama Kejadian/
Perilaku Butir Sikap Positif /
Negatif Tindak Lanjut
1 5/5/2017 A Meninggalkan ruang kelas tanpa ijin Tanggung jawab - Dipanggil dilakukan pembinaan
2
3
4
1


PENILAIAN PENGETAHUAN
KISI-KISI DAN SOAL
Satuan Pendidikan : SMKN 4 Kendal
Bidang Keahlian : ................................
Program Keahlian : .................................
Kompetensi Keahlian : ................................
Kelas : XI
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kompetensi Dasar   :
Kompetensi Dasar IPK Materi Ranah Kognitif Indikator Soal Bentuk Soal No Soal

Travel Agent (TA): Fuad Travel Agent, may I help you? (Fuad Travel Agent. Ada yang dapat saya bantu?)
Delia (D): Yes. I’d like to book a ticket to Swiss for December 2nd (Ya. Saya ingin memesan tiket tujuan Swiss pada tanggal 2 Desember)
TA : Let me see. For December 2nd, all morning flights are fully booked. We’ve got one left available for you. It’s 20.05 flight by XX Air. Does that suit you, Miss? (Sebentar saya lihat terlebih dahulu. Untuk tanggal 2 Desember, semua penerbangan pagi hari telah habis. Kami hanya memiliki satu tiket untuk Anda, yaitu penerbangan pukul 8.05 malam dengan pesawat XX. Apakah sesuai dengan permintaan Ibu?)
D : It’s okay. (Tidak masalah)
TA : May I have your name, Miss? (Dapatkah Anda menyebutkan nama Anda, Bu?)
D : Yes. Delia. D-E-L-I-A (Baik. Delia. D-E-L-I-A  )
TA : Done, Miss. We require that you pay for the ticket tomorrow afternoon before 3 pm. If you don’t come to our office after 3 pm, we have to cancel your ticket. (Baik, Bu. Kami mohon Anda membayar tiket yang telah dipesan pada pukul 3 sore besok. Jika Ibu tidak datang, maka pesanan tiket akan kami anggap batal)
D : Ok. I’ll drop by at 1 pm tomorrow (Baik, saya akan kesana pukul 1 siang besok)
TA : Thank you, Miss. (Terima kasih, Bu)
D : You’re welcome (Terima kasih kembali)

Instrumen/butir Soal Pengetahuan
No Soal Kunci Jawaban Skor
Pedoman Penskoran
IPK No Soal Skor Penilaian Pedoman penilaian
3.7.1 1 10 Rumus : Nilai Perolehan = (skor perolehan )/(skor maksimal) x 100

3.7.2 2 10
3.7.3 3 10
3.7.4 4 10
Skor maksimal 40
PENILAIAN UNJUK KERJA (KETERAMPILAN PROSES)
Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Nama siswa/kelompok :  …………………………………………………
Kelas : ………………………………………………….
No Kategori Skor Alasan
1. 3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur  penyelesaian yang dikerjakan? 1
2. Apakah  rumus yang digunakan  tepat dan sesuai dengan konsep? 1
3. Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD? 1
4. Apakah penyelesaian yang dikerjakan sesuai dengan konsep yang telah dipelajari? 1
5. Apakah dibuat kesimpulan? 1
Jumlah skor maksimal 5
Pedoman Penskoran :
Skala skor : 0 dan 1
Jawaban sesuai skornya=1, dan jawaban tidak sesuai skornya=0
Skor maksimal=5, dan Skor minimalnya 0
Pedoman Penilaian :
Skala nilai tertinggi 100
Rumus : Nilai Perolehan = (skor perolehan )/(skor maksimal) x 100


Mengetahui
Kepala Sekolah

Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004 Kendal,      Juli  2017
Guru Mata Pelajaran

HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003





PENILAIAN UNJUK KERJA (KETERAMPILAN PROSES)

Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Nama siswa/kelompok :  …………………………………………………
Kelas : ………………………………………………….
No Kategori Skor Alasan
1. 3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur  penyelesaian yang dikerjakan? 1
2. Apakah  rumus yang digunakan  tepat dan sesuai dengan konsep? 1
3. Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD? 1
4. Apakah penyelesaian yang dikerjakan sesuai dengan konsep yang telah dipelajari? 1
5. Apakah dibuat kesimpulan? 1
Jumlah skor maksimal 5
Pedoman Penskoran :
Skala skor : 0 dan 1
Jawaban sesuai skornya=1, dan jawaban tidak sesuai skornya=0
Skor maksimal=5, dan Skor minimalnya 0
Pedoman Penilaian :
Skala nilai tertinggi 100
Rumus : Nilai Perolehan = (skor perolehan )/(skor maksimal) x 100


Mengetahui
Kepala Sekolah

Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004 Kendal,      Juli  2017
Guru Mata Pelajaran

HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003


KEMBALI KE MENU DAFTAR RPP KLIK DI SINI

KEMBALI KE MENU KELAS XI  KLIK DI SIN1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BOLAK BALIK

SIAPA BERSUNGGUH SUNGGUH DAN BERDOA ALLOH PASTI aKAN MEMBANTUNYA

Arsip Blog