PERHATIAN

ULANGAN TENGAH SEMESTER /MID INSYA ALLOH AKAN DILAKSANAKAN DARI TANGGAL 2- 10 OKTOBER 2017 SIAPKAN DIRI ANDA UNTUK MENGHADAPINYA- MATERI KELAS 2 INGAT HAFALAN I AM SO STRESS BUKU PAKET DAN DISKUSI S/D 3 UNTUK KELAS 3 PELAJARI BUKU PAKET DAN BAHAN DISKUSI SAMPAI DISKUSI 3 - SEMOGA ALLOH MEMBERI KESEHATAN DAN KEMUDAHAN PADA KALIAN

Sabtu, 22 Juli 2017

DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS XI SMK BAHASA INGGRIS KURIKULUM 13 TAHUN 2017 KD 5


KEMBALI KE MENU DAFTAR RPP KLIK DI SINI

KEMBALI KE MENU KELAS XI  KLIK DI SIN1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                              (RPP)

Satuan Pendidikan : SMK Negeri 4 Kendal
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester : XI / 1
Topik : 5. Teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait cerita pendek, sesuai dengan konteks penggunaannya

Waktu
:
4 MgX 2 Jam× 45 menit ( 4Pertemuan)

A.Kompetensi Inti
KI 1 : Kompetensi Sikap Spiritual yang ditumbuhkembangkan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik, yaitu berkaitan dengan kemampuan menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Kompetensi Sikap Sosial berkaitan dengan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, responsive (kritis), pro-aktif  (kreatif) dan percaya diri, serta dapat berkomunikasi dengan baik.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

3.5. Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait cerita pendek, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.5 Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis, terkait cerita pendek

C.Indiktor
Indikator Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.5.Siswa dapat. membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait cerita pendek, sesuai dengan konteks penggunaannya

Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.5 Siswa dapat  menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis, terkait cerita pendek
 
D.Tujuan Pembelajaran
Agar siswa dapat. membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait cerita pendek, sesuai dengan konteks penggunaannya

Agar siswa dapat. menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis, terkait cerita pendek

E.Materi Pembelajaran
Materi Pokok :
Fungsi sosial
Memperoleh hiburan, menghibur dan mengajarkan nilai-nilai luhur, meneladani nilai-nilai moral, dsb.
Struktur text
(gagasan utama dan informasi rinci)
Pendahuluan (orientasi) dengan memperkenalkan tokoh, tempat, waktu, terjadinya cerita.
Penilaian (evaluasi) tentang situasi dan kondisi terjadinya cerita.
Krisis yang terjadi terhadap tokoh utama (komplikasi)
Akhir cerita di mana krisis berakhir (resolusi) dengan bahagia atau sedih
Ulasan atau komentar umum (reorientasi), opsional.
Unsur kebahasaan
Tata bahasa: tense Simple, Continuous, Perfect, dalam bentuk Present dan Past, dengan atau tanpa kata kerja bantu modal, secara terintegrasi
Kosa kata: terkait  karakter, watak, dan setting dalam cerita pendek
Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
Semua jenis adverbia.
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda baca, dan tulisan tangan
Topik
Cerita-cerita pendek yang memberikan keteladanan dan yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI
CONTOH CERITA PENDEK
Contoh artikel bahasa Inggris tentang pendidikan dibawah ini akan menjelaskan mengenai kekerasan yang sering terjadi di sekolah. Apa yang ada dalam artikel diambil dari menulisessay.com. Langsung saja simak baik-baik. artikel nya berikut ini.
SOAL SIMPLE PRESENT TENSE
Does your child ... to eat all the time?
want
wants
Your answer:
I do ... the funeral.
attends
attend
Your answer:
The black and white cat ... a long tail.
have
has
Your answer:
Suzy and I ... tall and skinny.
is
are
Your answer:
It ... most of the time.
happen
happens
Your answer:
SOAL PRESENT CONTINOUSE TENSE \
Who … next to your boss?
is sitting
sitting is
Your answer:
The ship that transports goods … at this port of at 5:30 p.m.
are arriving
is arriving
Your answer:
Surprisingly, he … very patient and helpful to everyone.
be
is being
Your answer:
My friend … for Human Resources jobs in Jakarta.
am looking
is looking
Your answer:
Vina and I … how to cook French food.
am learning
are learning
Your answer:
SOAL PRESENT PERFECT TENSE
I ...read the terms and conditions.
have
has
Your answer:
The businessman ... offered her three times the value of her property, but she's not interested.
've
's
Your answer:
Have you ever ... the beautiful desert scenery?
see
seen
Your answer:
... Mahesa been to New Zealand?
is
has
Your answer:
My cousin ... as a medical assistant for almost a year.
has worked
have worked
Your answer:
SOAL PRESENT PERFECT  CONTINUOIS TENSE
They … anything for the past hour.
haven't been doing
hasn't been doing
Your answer:
It … hard.
have just been raining
has just been raining
Your answer:
He and his family… in poverty since their company went bankrupt.
have been living
has been living
Your answer:
How long … properly in the gym?
has he been working out
have he been working out
Your answer:
She … with the research team since January.
has been working
have been working
Your answer:

Fakta
Dalam sebuah cerita pendek sering digunakan tenses dalam bentuk present, past maupun perfect

Konsep
Penggunaan tenses tersebut adalah berdasarkan waktu terjadinya peristiwa

Prinsip
Pemilihan tenses juga dipengaruhi pelaku maupun penekanan/ maksud  yang akan disampaikan oleh pengarangnya

Prosedur
Rumusannya adalah :
 Simple Present Tense : S + V1/Vs
Past Tense : S + V 2
Present Continuous Tense : S = To be +_ V ing
Present Perfect Tense : S + have/ has + V 3

F.Pendekatan , strategi ,Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran    :  Pendekatan saintifik (scientific).
Strategi                                 : Pembelajaran Kooperatif
Metode Pembelajaran          :  diskusi
Model   : discovery learning
G.Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1s/d 4 (2 x 45 menit)
KEGIATAN LANGKAH PEMBELAJAR-AN ALOKASI WAKTU
Pendahuluan 1.Guru memberi salam dan menanyakan keadaan siswa lalu memimpin bacaan Asmaul Khusna ( bila Pelajaran mulai jam pertama).
2. Guru melakukan kegiatan Literasi dengan membagi tugas membaca dan membuat resume hasil membaca
3.Guru mempersilakan salah seorang siswa untuk memimpin dalam kerapian, kebersihan laci meja, berdoa  dan bila pelajaran mulai jam pertama sekaligus memimpin untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya .
4Guru memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin.
5Guru memeriksa kesiapan/ kelengkapan belajar  siswa  terutama kamus , modul dan catatan .
6.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
7.Guru menyampaikan kompetensi dan indikator yang harus dicapai siswa.
8.Guru Menyampaikan teknik penilaian
9.Guru memberikan gambaran ulang tentang pentingnya memahami topik yang akan disampaikan dan menyampaikan hal menarik untuk menggugah rasa ingin tahu siswa.Sebagai apersepsi, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang terkait dengan topik pembelajaran  pada pertemuan sebelumnya.
Untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, beberapa siswa diminta untuk menjawab dan menjelaskan jawabannya.
20 menit
Kegiatan  Inti Menyimak guru membacakan beberapa teks naratif  berbentuk cerita pendek.
Menirukan guru membaca teks tersebut secara bermakna, dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks tersebut.
Membaca dan mendiskusikan contoh tabel analisis isi teks yang sedang dipelajari.
Membahas cara mempresentasikan hasil analisis tersebut.
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan dalam kelompok masing-masing.
Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif  berbentuk cerita pendek dari sumber lain.
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain.
Menceritakan kembali teks naratif berbentuk cerita pendek yang telah dipelajari dengan menggunakan bahasa sederhana.
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya. 55  menit
Penutup •   Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
•     .  Siswa diberi tugas untuk membaca berbagai sumber, mencatat, mengerjakan latihan unsur-unsur bahasa yang sudah diterangkan. enit
H..Alat/Media/Sumber Pembelajaran
Alat Pembelajaran : Boardmaker, Whiteboard, Laptop, LCD, Soal dan Lembar Penilaian.
Media Pembelajaran : Bahan Tayang (Power Point)
Sumber Pembelajaran : : •Buku bahasa Inggris SMK

Materi dari Internet
I..Penilaian Hasil Belajar
Teknik Penilaian:
Penilaian Sikap   : Observasi/pengamatan
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik

Bentuk Penilaian :
Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
Unjuk kerja :lembar penilaian presentasi
Proyek            : -

Instrumen Penilaian
a.Kinerja (praktik)
b.Observasi penilaian sikap
c.Portofolio
dPenilaian diri dan penilaian sejawat
ePenugasan
f.Ulangan Harian
Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali ters remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.


Pengayaan
Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
Siwa yang mencapai nilai   diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
Siwa yang mencapai nilai   diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.



Mengetahui
Kepala Sekolah

Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004

Kendal,      Juli 2017
Guru Mata Pelajaran

HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003




















Lampiran

No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaian
1. Sikap
Disiplin dalam pembelajaran Jujur dalam kegiatan kelompok.
Bertanggung jawab terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Santun dalam bersikap selama proses pembelajaran. Pengamatan Selama pembelajaran dan saat diskusi
2. Pengetahuan
Menerapkan rumus dalam menyelesaikan masalah
Pengamatan dan tes Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.
Keterampilan
Terampil dalam:
Menerapkan rumus
Menyelesaikan permasalahan Pengamatan Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi

Instrumen Penilaian Hasil Belajar
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Satuan Pendidikan : SMKN 4 Kendal
Bidang Keahlian : ................................
Program Keahlian : .................................
Kompetensi Keahlian : ................................
Kelas : XI
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS

No Waktu Nama Kejadian/
Perilaku Butir Sikap Positif /
Negatif Tindak Lanjut
1 5/5/2017 A Meninggalkan ruang kelas tanpa ijin Tanggung jawab - Dipanggil dilakukan pembinaan
2
3
4
1
PENILAIAN PENGETAHUAN
KISI-KISI DAN SOAL
Satuan Pendidikan : SMKN 4 Kendal
Bidang Keahlian : ................................
Program Keahlian : .................................
Kompetensi Keahlian : ................................
Kelas : XI
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kompetensi Dasar   :
Kompetensi Dasar IPK Materi Ranah Kognitif Indikator Soal Bentuk Soal No Soal

SOAL SIMPLE PRESENT TENSE
SOAL PRESENT CONTINOUSE TENSE \
Who … next to your boss?
is sitting
sitting is
Your answer:
The ship that transports goods … at this port of at 5:30 p.m.
are arriving
is arriving
Your answer:
Surprisingly, he … very patient and helpful to everyone.
be
is being
Your answer:
My friend … for Human Resources jobs in Jakarta.
am looking
is looking
Your answer:
Vina and I … how to cook French food.
am learning
are learning
Your answer:
Instrumen/butir Soal Pengetahuan
No Soal Kunci Jawaban Skor
Pedoman Penskoran
IPK No Soal Skor Penilaian Pedoman penilaian
3.7.1 1 10 Rumus : Nilai Perolehan = (skor perolehan )/(skor maksimal) x 100

3.7.2 2 10
3.7.3 3 10
3.7.4 4 10
Skor maksimal 40
PENILAIAN UNJUK KERJA (KETERAMPILAN PROSES)
Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Nama siswa/kelompok :  …………………………………………………
Kelas : ………………………………………………….
No Kategori Skor Alasan
1. 3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur  penyelesaian yang dikerjakan? 1
2. Apakah  rumus yang digunakan  tepat dan sesuai dengan konsep? 1
3. Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD? 1
4. Apakah penyelesaian yang dikerjakan sesuai dengan konsep yang telah dipelajari? 1
5. Apakah dibuat kesimpulan? 1
Jumlah skor maksimal 5
Pedoman Penskoran :
Skala skor : 0 dan 1
Jawaban sesuai skornya=1, dan jawaban tidak sesuai skornya=0
Skor maksimal=5, dan Skor minimalnya 0
Pedoman Penilaian :
Skala nilai tertinggi 100
Rumus : Nilai Perolehan = (skor perolehan )/(skor maksimal) x 100

Mengetahui
Kepala Sekolah

Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004




Kendal,      Juli  2017
Guru Mata Pelajaran

HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003



































PENILAIAN UNJUK KERJA (KETERAMPILAN PROSES)

Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Nama siswa/kelompok :  …………………………………………………
Kelas : ………………………………………………….
No Kategori Skor Alasan
1. 3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur  penyelesaian yang dikerjakan? 1
2. Apakah  rumus yang digunakan  tepat dan sesuai dengan konsep? 1
3. Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD? 1
4. Apakah penyelesaian yang dikerjakan sesuai dengan konsep yang telah dipelajari? 1
5. Apakah dibuat kesimpulan? 1
Jumlah skor maksimal 5
Pedoman Penskoran :
Skala skor : 0 dan 1
Jawaban sesuai skornya=1, dan jawaban tidak sesuai skornya=0
Skor maksimal=5, dan Skor minimalnya 0
Pedoman Penilaian :
Skala nilai tertinggi 100
Rumus : Nilai Perolehan = (skor perolehan )/(skor maksimal) x 100


Mengetahui
Kepala Sekolah

Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004 Kendal,      Juli  2017
Guru Mata Pelajaran

HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003


KEMBALI KE MENU DAFTAR RPP KLIK DI SINI

KEMBALI KE MENU KELAS XI  KLIK DI SIN1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BOLAK BALIK

SIAPA BERSUNGGUH SUNGGUH DAN BERDOA ALLOH PASTI aKAN MEMBANTUNYA

Arsip Blog