PERHATIAN

ULANGAN TENGAH SEMESTER /MID INSYA ALLOH AKAN DILAKSANAKAN DARI TANGGAL 2- 10 OKTOBER 2017 SIAPKAN DIRI ANDA UNTUK MENGHADAPINYA- MATERI KELAS 2 INGAT HAFALAN I AM SO STRESS BUKU PAKET DAN DISKUSI S/D 3 UNTUK KELAS 3 PELAJARI BUKU PAKET DAN BAHAN DISKUSI SAMPAI DISKUSI 3 - SEMOGA ALLOH MEMBERI KESEHATAN DAN KEMUDAHAN PADA KALIAN

Sabtu, 22 Juli 2017

DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS XII SMK BAHASA INGGRIS KURIKULUM 13 TAHUN 2017 KD 8


KEMBALI KE MENU KELAS XII KLIK DI SINI

KEMBALI KE DAFTAR RPP KELAS XII KLIK DI SINI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                              (RPP)

Satuan Pendidikan : SMK Negeri 4 Kendal
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester : XII / 2
Topik : 8. Teks ulasan (review) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta penilaian terkait film/buku/cerita, sesuai dengan konteks penggunaannya

Waktu
:
2 MgX 2 Jam× 45 menit ( 4Pertemuan)

A.Kompetensi Inti
KI 1 : Kompetensi Sikap Spiritual yang ditumbuhkembangkan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik, yaitu berkaitan dengan kemampuan menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Kompetensi Sikap Sosial berkaitan dengan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, responsive (kritis), pro-aktif  (kreatif) dan percaya diri, serta dapat berkomunikasi dengan baik.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8. membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks ulasan (review) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta penilaian terkait film/buku/cerita, sesuai dengan konteks penggunaannya


4.8 menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks ulasan (review), lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita


C.Indiktor
     Indikator Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.8.Siswa dapat membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks ulasan (review) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta penilaian terkait film/buku/cerita, sesuai dengan konteks penggunaannya

 Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.8.Siswa dapat menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks ulasan (review), lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita


D.Tujuan Pembelajaran
a.Agar siswa dapat  membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks ulasan (review) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta penilaian terkait film/buku/cerita, sesuai dengan konteks penggunaannya


b.Agar siswa dapat  menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks ulasan (review), lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita

E.Materi Pembelajaran
Materi Pokok :
Fungsi sosial
Memberi informasi tentang suatu karya seni yang akan dibaca, ditonton, atau dibeli suatu.
Struktur text
(gagasan utama dan informasi rinci)
Pendahuluan (orientasi): menempatkan karya dalam konteks umum dan khusus, seringkali dengan membandingkan dengan karya lain sejenis.
Ulasan interpretatif yang merangkum jalan cerita menjelaskan latar belakangnya, opsional, tapi seringkali ada dan diulang-ulang.
Evaluasi atau penilaian terhadap karya dan atau proses memproduksinya, biasanya diulang-ulang.
Rangkuman penilaian: pernyataan tajam atau telak yang merangkum penilaian reviewer secara umum (opsional)
Unsur kebahasaan
Kosa kata: terkait  karakter, watak, dan setting dalam karya yang dinilai
Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
Semua jenis adverbia.
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
Topik
Film, sinetron, buku, drama, opera, konser, pameran, balet, dsb, yang memberikan keteladanan
CARA MEMBUAT REVIEW FILM

Cara membuat review film:
Tahap pencarian data:
1.    Tema
2.    Nama perusahaan/ company pembuat film, dimana dan kapan
3.    Sutradara dan produser
4.    Genre
5.    Membuat plot cerita/ jalan cerita
6.    Sinopsis
7.    Memberi penilaian tentang dialog, akting dan visualisasi

Tahap penulisan:
1.    Give the title (memberi judul)
2.    Pembukaan and the general conclusion about the film
3.    Give positive things about the movie ( setting, effect, music etc)
4.    Negative things
5.    The characters
6.    Last comment, ask the audience to watch the movie
7.    Give rating

Fakta
Untuk mengetahui kualitas sebuah produk karya seni perlu  penilaian

Konsep
Produk karya seni seperti  film/buku/cerita perlu diberikan apresiasi lewat review yang dibuat oleh orang lain

Prinsip
Review yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk seni tersebut.
Prosedur
Lakukan review dengan obyektip
F.Pendekatan , strategi ,Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran    :  Pendekatan saintifik (scientific).
Strategi                                 : Pembelajaran Kooperatif
Metode Pembelajaran          :  diskusi
Model   : discovery learning
G.Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1  dan 2 (2 x 45 menit)
KEGIATAN LANGKAH PEMBELAJAR-AN ALOKASI WAKTU
Pendahuluan 1. Guru memberi salam dan menanyakan keadaan siswa lalu memimpin bacaan Asmaul Khusna ( bila Pelajaran mulai jam pertama).
2. Guru melakukan kegiatan Literasi dengan membagi tugas membaca dan membuat resume hasil membaca
3.Guru mempersilakan salah seorang siswa untuk memimpin dalam kerapian, kebersihan laci meja, berdoa  dan bila pelajaran mulai jam pertama sekaligus memimpin untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya .
4.Guru memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin.
5.Guru memeriksa kesiapan/ kelengkapan belajar  siswa  terutama kamus , modul dan catatan .
6.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
7.Guru menyampaikan kompetensi dan indikator yang harus dicapai siswa.
8.Guru Menyampaikan teknik penilaian
9.Guru memberikan gambaran ulang tentang pentingnya memahami topik yang akan disampaikan dan menyampaikan hal menarik untuk menggugah rasa ingin tahu siswa.Sebagai apersepsi, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang terkait dengan topik pembelajaran  pada pertemuan sebelumnya.
Untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, beberapa siswa diminta untuk menjawab dan menjelaskan jawabannya.
20 menit
Kegiatan  Inti Menyimak dan menirukan beberapa model teks ulasan (review),lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita.
Membaca dengan cermat teks ulasan (review) terkait film/buku/cerita dengan intonasi, ucapan, dan ejaan yang benar
Bertanya dan mempertanyakan hal-hal lain yang belum dipahami terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks khusus yang sedang dipelajari.
Membaca dan mendiskusikan contoh tabel analisis isi teks ulasan (review),lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita yang sedang dipelajari.
Mempelajari cara mempresentasikan hasil analisis tersebut.
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan dalam kelompok masing-masing.
Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks ulasan (review),lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita dari sumber lain.
Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain.
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya. 55  menit
Penutup •   Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
•     .  Siswa diberi tugas untuk membaca berbagai sumber, mencatat, mengerjakan latihan unsur-unsur bahasa yang sudah diterangkan. enit
H.Alat/Media/Sumber Pembelajaran
Alat Pembelajaran : Boardmaker, Whiteboard, Laptop, LCD, Soal dan Lembar Penilaian.
Media Pembelajaran : Bahan Tayang (Power Point)
Sumber Pembelajaran : : •Buku bahasa Inggris SMK
I.Materi dari Internet
Penilaian Hasil Belajar
Teknik Penilaian:
Penilaian Sikap   : Observasi/pengamatan
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik
Bentuk Penilaian :
Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
Unjuk kerja :lembar penilaian presentasi
Proyek            : -
Instrumen Penilaian
a.Kinerja (praktik)
b.Observasi penilaian sikap
c.Portofolio
dPenilaian diri dan penilaian sejawat
ePenugasan
f.Ulangan Harian
Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali ters remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
Pengayaan
Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
Siwa yang mencapai nilai   diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
Siwa yang mencapai nilai   diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

Mengetahui
Kepala Sekolah

Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004 Kendal,      Juli 2017
Guru Mata Pelajaran

HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003
Lampiran

No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaian
1. Sikap
Disiplin dalam pembelajaran Jujur dalam kegiatan kelompok.
Bertanggung jawab terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Santun dalam bersikap selama proses pembelajaran. Pengamatan Selama pembelajaran dan saat diskusi
2. Pengetahuan
Menerapkan rumus dalam menyelesaikan masalah
Pengamatan dan tes Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.
Keterampilan
Terampil dalam:
Menerapkan rumus
Menyelesaikan permasalahan Pengamatan Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi

Instrumen Penilaian Hasil Belajar
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Satuan Pendidikan : SMKN 4 Kendal
Bidang Keahlian : ................................
Program Keahlian : .................................
Kompetensi Keahlian : ................................
Kelas : XII
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS

No Waktu Nama Kejadian/
Perilaku Butir Sikap Positif /
Negatif Tindak Lanjut
1 5/5/2017 A Meninggalkan ruang kelas tanpa ijin Tanggung jawab - Dipanggil dilakukan pembinaan
2
3
4
1


PENILAIAN PENGETAHUAN
KISI-KISI DAN SOAL
Satuan Pendidikan : SMKN 4 Kendal
Bidang Keahlian : ................................
Program Keahlian : .................................
Kompetensi Keahlian : ................................
Kelas : XII
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kompetensi Dasar   :
Kompetensi Dasar IPK Materi Ranah Kognitif Indikator Soal Bentuk Soal No Soal

Amolink Ulasan: Membuat Interaktif Slides, Presentasi & Animasi Mudah!
Ini adalah pertama kalinya; Aku benar-benar bersenang-senang saat meninjau sebuah alat atau alat yang bagus seperti yang saya harus benar. Ingat saat ketika Anda perlu membuat video animasi atau hanya kolase foto untuk setiap acara khusus atau posting yang Anda inginkan untuk berbagi pada media sosial.
Mempertimbangkan situasi lain ketika Anda perlu membuat presentasi dan ingin membuatnya lebih mengesankan dengan beberapa alat bantu visual seperti animasi, video atau musik, maka Anda berada di halte yang tepat.
Ini Amolink yang tanpa keahlian atau pengetahuan editing memungkinkan Anda membuat Mashup foto, klip video, dan menambahkan transisi keren dan musik latar belakang dengan upaya minimal, dan itu juga dengan smartphone Anda.
Amolink adalah alat mobile-first dibuat dengan resolusi yang sesuai dan desain tertentu. Anda tidak akan menghadapi komplikasi saat mengedit. Jadi, tanpa chitters lanjut, mari kita mendapatkan tangan kami dan meninjau alat online ini.
Harus Baca: Cara Membuat GIF dari Video YouTube
Instrumen/butir Soal Pengetahuan
No Soal Kunci Jawaban Skor
Pedoman Penskoran
IPK No Soal Skor Penilaian Pedoman penilaian
3.7.1 1 10 Rumus : Nilai Perolehan = (skor perolehan )/(skor maksimal) x 100

3.7.2 2 10
3.7.3 3 10
3.7.4 4 10
Skor maksimal 40



PENILAIAN UNJUK KERJA (KETERAMPILAN PROSES)
Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Nama siswa/kelompok :  …………………………………………………
Kelas : ………………………………………………….
No Kategori Skor Alasan
1. 3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur  penyelesaian yang dikerjakan? 1
2. Apakah  rumus yang digunakan  tepat dan sesuai dengan konsep? 1
3. Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD? 1
4. Apakah penyelesaian yang dikerjakan sesuai dengan konsep yang telah dipelajari? 1
5. Apakah dibuat kesimpulan? 1
Jumlah skor maksimal 5
Pedoman Penskoran :
Skala skor : 0 dan 1
Jawaban sesuai skornya=1, dan jawaban tidak sesuai skornya=0
Skor maksimal=5, dan Skor minimalnya 0
Pedoman Penilaian :
Skala nilai tertinggi 100
Rumus : Nilai Perolehan = (skor perolehan )/(skor maksimal) x 100

Mengetahui
Kepala Sekolah

Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004 Kendal,      Juli  2017
Guru Mata Pelajaran

HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003







KEMBALI KE MENU KELAS XII KLIK DI SINI

KEMBALI KE DAFTAR RPP KELAS XII KLIK DI SINI

PENILAIAN UNJUK KERJA (KETERAMPILAN PROSES)

Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Nama siswa/kelompok :  …………………………………………………
Kelas : ………………………………………………….
No Kategori Skor Alasan
1. 3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur  penyelesaian yang dikerjakan? 1
2. Apakah  rumus yang digunakan  tepat dan sesuai dengan konsep? 1
3. Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD? 1
4. Apakah penyelesaian yang dikerjakan sesuai dengan konsep yang telah dipelajari? 1
5. Apakah dibuat kesimpulan? 1
Jumlah skor maksimal 5
Pedoman Penskoran :
Skala skor : 0 dan 1
Jawaban sesuai skornya=1, dan jawaban tidak sesuai skornya=0
Skor maksimal=5, dan Skor minimalnya 0
Pedoman Penilaian :
Skala nilai tertinggi 100
Rumus : Nilai Perolehan = (skor perolehan )/(skor maksimal) x 100


Mengetahui
Kepala Sekolah

Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004 Kendal,      Juli  2017
Guru Mata Pelajaran

HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BOLAK BALIK

SIAPA BERSUNGGUH SUNGGUH DAN BERDOA ALLOH PASTI aKAN MEMBANTUNYA

Arsip Blog