(RPP)
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK Negeri 4 Kendal
|
Mata Pelajaran
|
:
|
BAHASA
INGGRIS
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII
/
1
|
Topik
|
:
|
5. Tindakan
memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan even if ...,
unless ..., however, on the other hand, in conbtrast,
nevertheless)
|
Waktu
|
:
|
4 MgX
2 Jam× 45 menit ( 4Pertemuan)
|
A.Kompetensi
Inti
KI 1 : Kompetensi Sikap Spiritual yang
ditumbuhkembangkan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta
didik, yaitu berkaitan dengan kemampuan menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
KI 2 : Kompetensi Sikap Sosial berkaitan dengan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, responsive (kritis),
pro-aktif (kreatif) dan percaya diri,
serta dapat berkomunikasi dengan baik.
KI 3
|
:
|
|
|
KI 4
|
:
|
|
B.Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5. menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
hubungan pertentangan dan kebalikan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan even if ..., unless ..., however,
on the other hand, in conbtrast, nevertheless)
4.5 menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
C.Indiktor
Indikator
Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.5.Siswa dapat. menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
hubungan pertentangan dan kebalikan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan even if ..., unless ..., however,
on the other hand, in conbtrast, nevertheless)
Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.5 Siswa dapat menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
D.Tujuan
Pembelajaran
a. Agar siswa dapat. menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
hubungan pertentangan dan kebalikan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan even if ..., unless ..., however,
on the other hand, in conbtrast, nevertheless)
b.Agar
siswa dapat menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan
dan kebalikan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
E.Materi
Pembelajaran
Materi
Pokok :
∙ Fungsi sosial
Memastikan, meningkatkan tekad, menyemangati, dsb.
∙ Struktur Teks
-
Memulai
-
Menanggapi
(diharapkan/di luar dugaan)
∙ Unsur Kebahasaan
-
Kalamat pernyataan
dan pertanyaan terkait pengandaian terjadinya /dilakukannya sesuatu yang tidak
nyata pada saat ini dan pada waktu lampau
-
Kata untuk menyatakan
pengandaian: whether or not ... no matter
..., even if ...
-
Penggunaan nominal
singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my,
their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-
Ucapan, tekanan
kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
∙ Topik
Kegiatan dan tindakan yang penting
dan relevan dengan peserta didik SMAyang dapat menumbuhkan perilaku yang
termuat dalam KI.
URAIAN :
Memberi dan meminta informasi terkait hubungan
pertentangan dan kebalikan,
Untuk menyatakan pertetangan dan kebalikan
digunakanlah kata hubung seperti however, nevetheless dan sebagainya. Lebih
jauh tentang kata hubung adalah sebagai berikut :
CONJUNCTIONS (KATA SAMBUNG)
Conjunction
ialah kata sambung yang dipakai untuk menghubungkan/menggabungkan kata-kata,frase
atau klausa dalam sebuah kalimat. Dan kebanyakan dari conjunction ini berasal
dari parts of speech yang lain,khususnya dari preposition.
Eg. Rama and Shinta came yesterday
I have breakfast before I go to school
Here : rama disambungkan dengan shinta oleh kata and dan kalimat Igo to school disambungkan dengan kalimat I have breakfast oleh kata before. Jadi and dan before adalah
Eg. Rama and Shinta came yesterday
I have breakfast before I go to school
Here : rama disambungkan dengan shinta oleh kata and dan kalimat Igo to school disambungkan dengan kalimat I have breakfast oleh kata before. Jadi and dan before adalah
Fakta
Untuk
mengunghkapkan sebuah pertentangan maka digunkan kata penghubung / conjuction
Konsep
Conjunction adalah kata atau kelompok
kata yang merupakan salah satu dari part of speech yang
berfungsi menghubungkan dua kata, phrase (frasa), clause (klausa),
atau paragraph (paragraf).
Prinsip
Conjuction
yang digunakan untuk mengungkapkan pertentangan antara lain however ,nevertheless
nonetheless, but dan sebagainya
nonetheless, but dan sebagainya
Prosedur
Conjunction yang menggabungkan dua kalimat tanpa
melebur menjadi Satu dan menyatakan pertentangsn sntsrrs lain :
However, nevertheless (walaupun begitu, walaupun demikian), on the other hand, in contrast, inspite of this (sebaliknya) besides, moreover, semilliary (disamping itu,selain itu,dengan itu)
– Ita is very tired,therefore she can’t sleep well
– Anis was tired, however, she went on working for her family
However, nevertheless (walaupun begitu, walaupun demikian), on the other hand, in contrast, inspite of this (sebaliknya) besides, moreover, semilliary (disamping itu,selain itu,dengan itu)
– Ita is very tired,therefore she can’t sleep well
– Anis was tired, however, she went on working for her family
F.Pendekatan
, strategi ,Metode
Pembelajaran
Pendekatan
pembelajaran : Pendekatan saintifik (scientific).
Strategi : Pembelajaran Kooperatif
Metode
Pembelajaran :
diskusi
Model : discovery learning
G.Kegiatan
Pembelajaran

KEGIATAN
|
LANGKAH
PEMBELAJAR-AN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.Guru memberi salam dan
menanyakan keadaan siswa lalu memimpin bacaan Asmaul Khusna ( bila Pelajaran
mulai jam pertama).
2. Guru
melakukan kegiatan Literasi dengan membagi tugas membaca dan membuat resume
hasil membaca
3.Guru mempersilakan salah seorang siswa
untuk memimpin dalam kerapian, kebersihan laci meja, berdoa dan bila pelajaran mulai jam pertama
sekaligus memimpin untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya .
4Guru memeriksa kehadiran siswa
sebagai sikap disiplin.
5Guru memeriksa kesiapan/
kelengkapan belajar siswa terutama kamus , modul dan catatan .
6.Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
7.Guru menyampaikan kompetensi
dan indikator yang harus dicapai siswa.
8.Guru
Menyampaikan teknik penilaian
9.Guru memberikan gambaran
ulang tentang pentingnya memahami topik yang akan disampaikan dan
menyampaikan hal menarik untuk menggugah rasa
ingin tahu siswa.Sebagai apersepsi, siswa diminta untuk menjawab
pertanyaan yang terkait dengan topik pembelajaran pada pertemuan sebelumnya.
Untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis,
beberapa siswa diminta untuk menjawab dan menjelaskan jawabannya.
|
20
menit
|
Kegiatan Inti
|
∙ Menyimak guru membacakan beberapa teks naratif berbentuk cerita pendek.
∙ Menirukan guru membaca teks tersebut secara bermakna,
dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
∙ Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur
teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks tersebut.
∙ Membaca dan mendiskusikan contoh tabel analisis isi teks
yang sedang dipelajari.
∙ Membahas cara mempresentasikan hasil analisis tersebut.
∙ Mempresentasikan hasil analisis secara lisan dalam kelompok
masing-masing.
∙ Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan beberapa teks naratif
berbentuk cerita pendek dari sumber lain.
∙ Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan
kelompok lain.
∙ Menceritakan kembali teks naratif berbentuk cerita pendek
yang telah dipelajari dengan menggunakan bahasa sederhana.
∙ Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
|
55 menit
|
Penutup
|
Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
. Siswa
diberi tugas untuk membaca berbagai sumber, mencatat, mengerjakan latihan
unsur-unsur bahasa yang sudah diterangkan.
|
15 enit
|
H..Alat/Media/Sumber
Pembelajaran
·
Alat
Pembelajaran : Boardmaker, Whiteboard, Laptop, LCD, Soal dan Lembar
Penilaian.
·
Media
Pembelajaran : Bahan Tayang
(Power Point)
o
Sumber
Pembelajaran : : •Buku bahasa Inggris SMK
Materi
dari Internet
I..Penilaian
Hasil Belajar
a. Teknik
Penilaian:
i.
Penilaian
Sikap : Observasi/pengamatan
ii.
Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
iii.
Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik
b. Bentuk Penilaian :
1.
Observasi :lembar pengamatan aktivitas
peserta didik
2.
Tes
tertulis :uraian dan lembar kerja
3.
Unjuk kerja :lembar
penilaian presentasi
4.
Proyek : -
c. Instrumen
Penilaian
a.Kinerja
(praktik)
b.Observasi
penilaian sikap
c.Portofolio
dPenilaian
diri dan penilaian sejawat
ePenugasan
f.Ulangan
Harian
d. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan
bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial
dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal),
atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan sebanyak
3 kali dan apabila setelah 3 kali ters remedial belum mencapai ketuntasan, maka
remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
e.
Pengayaan
d. Bagi siswa yang sudah mencapai
nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
Ø Siwa yang mencapai nilai
diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
Ø Siwa yang mencapai nilai
diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Mengetahui
Kepala Sekolah
Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004
|
Kendal, Juli 2017
Guru Mata Pelajaran
HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003
|
Lampiran
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
Menerapkan
rumus dalam menyelesaikan masalah
·
|
Pengamatan
dan tes
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
Terampil
dalam:
·
Menerapkan
rumus
·
Menyelesaikan
permasalahan
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
16
Instrumen
Penilaian Hasil Belajar
INTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
Satuan
Pendidikan :
SMKN 4 Kendal
Bidang
Keahlian :
................................
Program
Keahlian :
.................................
Kompetensi
Keahlian :
................................
Kelas :
XII
Mata
Pelajaran : BAHASA
INGGRIS
No
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Positif
/
Negatif
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
5/5/2017
|
A
|
Meninggalkan ruang kelas tanpa ijin
|
Tanggung jawab
|
-
|
Dipanggil
dilakukan pembinaan
|
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
1
|
PENILAIAN
PENGETAHUAN
KISI-KISI DAN SOAL
Satuan
Pendidikan :
SMKN 4 Kendal
Bidang
Keahlian :
................................
Program
Keahlian :
.................................
Kompetensi
Keahlian :
................................
Kelas :
XII
Mata
Pelajaran : BAHASA
INGGRIS
Kompetensi
Dasar :
Kompetensi
Dasar
|
IPK
|
Materi
|
Ranah
Kognitif
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
No
Soal
|
SOAL
Rewrite the sentences below with the connectors
given in
brackets.
Although1 (neutral)/Even though
(more emphatic)/Though
(less formal) he had a sprained
ankle (or he had
sprained his ankle/his ankle was sprained), he
went
out for a walk.
In spite of/Despite
having a sprained ankle/having
sprained his ankle, he went out
for a walk.
Instrumen/butir
Soal Pengetahuan
No
|
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Pedoman
Penskoran
IPK
|
No Soal
|
Skor Penilaian
|
Pedoman penilaian
|
3.7.1
|
1
|
10
|
Rumus : Nilai Perolehan =
|
3.7.2
|
2
|
10
|
|
3.7.3
|
3
|
10
|
|
3.7.4
|
4
|
10
|
|
Skor maksimal
|
40
|
PENILAIAN
UNJUK KERJA (KETERAMPILAN PROSES)
Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Nama siswa/kelompok : …………………………………………………
Kelas :
………………………………………………….
No
|
Kategori
|
Skor
|
Alasan
|
1.
|
3. Apakah
terdapat
uraian
tentang
prosedur penyelesaian yang dikerjakan?
|
1
|
|
2.
|
Apakah rumus yang digunakan tepat dan sesuai dengan konsep?
|
1
|
|
3.
|
Apakah
bahasa yang digunakan
untuk menginterpretasikan lugas,
sederhana, runtut dan sesuai
dengan
kaidah EYD?
|
1
|
|
4.
|
Apakah
penyelesaian yang dikerjakan sesuai dengan konsep yang telah dipelajari?
|
1
|
|
5.
|
Apakah
dibuat kesimpulan?
|
1
|
|
Jumlah skor maksimal
|
5
|
Pedoman
Penskoran :
Ø
Skala
skor : 0 dan 1
Ø
Jawaban
sesuai skornya=1, dan jawaban tidak sesuai skornya=0
Ø
Skor
maksimal=5, dan Skor minimalnya 0
Pedoman
Penilaian :
Skala
nilai tertinggi 100
Rumus :
Nilai Perolehan =
x 100
Mengetahui
Kepala Sekolah
Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223
198703 1 004
|
Kendal, Juli 2017
Guru Mata Pelajaran
HERO
SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225
198509 1 003
|
PENILAIAN
UNJUK KERJA (KETERAMPILAN PROSES)
Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Nama siswa/kelompok : …………………………………………………
Kelas :
………………………………………………….
No
|
Kategori
|
Skor
|
Alasan
|
1.
|
3. Apakah
terdapat
uraian
tentang
prosedur penyelesaian yang dikerjakan?
|
1
|
|
2.
|
Apakah rumus yang digunakan tepat dan sesuai dengan konsep?
|
1
|
|
3.
|
Apakah
bahasa yang digunakan
untuk menginterpretasikan lugas,
sederhana, runtut dan sesuai
dengan
kaidah EYD?
|
1
|
|
4.
|
Apakah
penyelesaian yang dikerjakan sesuai dengan konsep yang telah dipelajari?
|
1
|
|
5.
|
Apakah
dibuat kesimpulan?
|
1
|
|
Jumlah skor maksimal
|
5
|
Pedoman
Penskoran :
Ø
Skala
skor : 0 dan 1
Ø
Jawaban
sesuai skornya=1, dan jawaban tidak sesuai skornya=0
Ø
Skor
maksimal=5, dan Skor minimalnya 0
Pedoman
Penilaian :
Skala
nilai tertinggi 100
Rumus :
Nilai Perolehan =
x 100
Mengetahui
Kepala Sekolah
Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223
198703 1 004
KEMBALI KE MENU KELAS XII KLIK DI SINI KEMBALI KE DAFTAR RPP KELAS XII KLIK DI SINI |
Kendal, Juli 2017
Guru Mata Pelajaran
HERO
SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225
198509 1 003
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar