PERHATIAN

ULANGAN TENGAH SEMESTER /MID INSYA ALLOH AKAN DILAKSANAKAN DARI TANGGAL 2- 10 OKTOBER 2017 SIAPKAN DIRI ANDA UNTUK MENGHADAPINYA- MATERI KELAS 2 INGAT HAFALAN I AM SO STRESS BUKU PAKET DAN DISKUSI S/D 3 UNTUK KELAS 3 PELAJARI BUKU PAKET DAN BAHAN DISKUSI SAMPAI DISKUSI 3 - SEMOGA ALLOH MEMBERI KESEHATAN DAN KEMUDAHAN PADA KALIAN

Sabtu, 22 Juli 2017

DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS XII SMK BAHASA INGGRIS KURIKULUM 13 TAHUN 2017 KD 3

KEMBALI KE MENU KELAS XII KLIK DI SINI

KEMBALI KE DAFTAR RPP KELAS XII KLIK DI SINI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                              (RPP)

Satuan Pendidikan : SMK Negeri 4 Kendal
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester : XII / 1
Topik : 3.Tindakan memberi dan meminta informasi terkait keterangan (circumstance), sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan klausa finite atau klausa non-finite)


Waktu
:
4 MgX 2 Jam× 45 menit ( 4Pertemuan)

A.Kompetensi Inti
KI 1 : Kompetensi Sikap Spiritual yang ditumbuhkembangkan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik, yaitu berkaitan dengan kemampuan menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Kompetensi Sikap Sosial berkaitan dengan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, responsive (kritis), pro-aktif  (kreatif) dan percaya diri, serta dapat berkomunikasi dengan baik.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keterangan (circumstance), sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan klausa finite atau klausa non-finite)

4.3 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keterangan (circumstance), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


C.Indiktor
Indikator Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.3.Siswa dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keterangan (circumstance), sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan klausa finite atau klausa non-finite)

Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.3.Siswa dapat menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keterangan (circumstance), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


D.Tujuan Pembelajaran
a.Agar siswa dapat. menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keterangan (circumstance), sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan klausa finite atau klausa non-finite)

b.Agar siswa dapat. menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keterangan (circumstance), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


E.Materi Pembelajaran
Materi Pokok :
Fungsi sosial
Menjelaskan benda/memberikan informasi tambahan
Struktur teks
Memulai
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Unsur Kebahasaan
Kalimat pernyataan dan pertanyaan keterangan (circumstance)
Pewatas (Modifiers) antara lain; Which/that, Who,Whose,Where.
Relative Clauses: kalimat dengan pewatas
Tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didiksebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI..
URAIAN ;
Informasi
Pengertian Asking and Giving Information
Asking and Giving Information adalah kegiatan menanyakan atau memberikan informasi kepada lawan bicara ( meminta dan memberi izin adalah ekspresi yang penting dalam bahasa Inggris. Menguasai beberapa ekspresi mengenai area percakapan tersebut tentu saja menjadi hal wajib). Asking Information dapat yang sederhana seperti meminta waktu,atau rumit seperti meminta rincian tentang proses yang rumit.
Contoh  Percakapan Asking dan Giving Information
Simple Situation ( Situasi biasa)
Customer           : Excuse me, can you tell me where I can find menswear? (Permisi, Dapatkah Anda memberitahu saya di mana saya dapat menemukan pakaian pria?)
Shop Assistant : Sure. Menswear is on the second floor. (Tentu,Pakaian pria adalah di lantaidua)
Customer          : Oh, also, could you tell me where sheets are. (Oh, dan juga, bisa Anda memberitahu di mana yang satuan).
Shop Assistant: No problem, sheets are on the third floor at the back. ( Tidak masalah, yang satuan ada di lantai tiga di bagian belakang)
Customer          : Thanks for your help. (Terimakasih atas bantuan anda)
Shop Assistant: My pleasure. (Ya tentu)
Fakta
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keterangan (circumstance), sering menggunakan  finite atau klausa non-finite

Konsep
Tindakan memberi dan meminta informasi terkait  engan keterangan (circumstance)

Prinsip
Finite verb atau dalam bahsa Indonesia berarti kata kerja yang terbatas adalah kata kerja yang memiliki hubungan yang pasti dengan subjek atau kata benda
Non-finite verb atau kata kerja ini tidak bisa menjadi kata kerja utama dari klausa atau kalimat karena mereka tidak berbicara tentang tindakan yang sedang dilakukan oleh subjek atau kata benda.

Prosedur
 Finite verb hanya dapat digunakan pada keterangan waktu masa sekarang (present tense) dan masa lalu (past tense). Finite verb hanya dapat digunakan pada keterangan waktu masa sekarang (present tense) dan masa lalu (past tense).
Contoh :
She walks home. – dalam contoh kalimat ini dapat kita lihat bahwa finite verb nya adalah walks, yang berarti berjalan dan kata ganti nya adalah she atau dia (perempuan).
Non-finite verb digunakan sebagai kata benda, kata keterangan dan kata sifat.
He loves camping in the woods. – non-finite verb dalam contoh kalimat ini adalah campingdan berfungsi sebagai kata benda. Kata kerja ini adalah non-finite verb yang disebut dengan gerund.


F.Pendekatan , strategi ,Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran    :  Pendekatan saintifik (scientific).
Strategi                                 : Pembelajaran Kooperatif
Metode Pembelajaran          :  diskusi
Model   : discovery learning

G.Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1 s/d 4  (2 x 45 menit)/pertemuan
KEGIATAN LANGKAH PEMBELAJAR-AN ALOKASI WAKTU
Pendahuluan Guru memberi salam dan menanyakan keadaan siswa lalu memimpin bacaan Asmaul Khusna ( bila Pelajaran mulai jam pertama).
Guru melakukan kegiatan Literasi dengan membagi tugas membaca dan membuat resume hasil membaca
Guru mempersilakan salah seorang siswa untuk memimpin dalam kerapian, kebersihan laci meja, berdoa  dan bila pelajaran mulai jam pertama sekaligus memimpin untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya .
Guru memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin.
Guru memeriksa kesiapan/ kelengkapan belajar  siswa  terutama kamus , modul dan catatan .
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Guru menyampaikan kompetensi dan indikator yang harus dicapai siswa.
Guru Menyampaikan teknik penilaian
Guru memberikan gambaran ulang tentang pentingnya memahami topik yang akan disampaikan dan menyampaikan hal menarik untuk menggugah rasa ingin tahu siswa.Sebagai apersepsi, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang terkait dengan topik pembelajaran  pada pertemuan sebelumnya.
Untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, beberapa siswa diminta untuk menjawab dan menjelaskan jawabannya.
10 menit
Kegiatan  Inti Menyimak dan menirukan percakapan tentang tindakan/ kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks penggunaannya.
Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan komunikatif memberi dan meminta informasi terkait tindakan/ kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks yang berbeda
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya 65  menit
Penutup •   Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
•     .  Siswa diberi tugas untuk membaca berbagai sumber, mencatat, mengerjakan latihan unsur-unsur bahasa yang sudah diterangkan. enit
H.Alat/Media/Sumber Pembelajaran
Alat Pembelajaran : Boardmaker, Whiteboard, Laptop, LCD, Soal dan Lembar Penilaian.
Media Pembelajaran : Bahan Tayang (Power Point)
Sumber Pembelajaran : : •Buku bahasa Inggris SMK
Materi dari Internet
I.Penilaian Hasil Belajar
Teknik Penilaian:
Penilaian Sikap   : Observasi/pengamatan
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik
Bentuk Penilaian :
Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
Unjuk kerja :lembar penilaian presentasi
Proyek            : -

Instrumen Penilaian
a.Kinerja (praktik)
b.Observasi penilaian sikap
c.Portofolio
dPenilaian diri dan penilaian sejawat
ePenugasan
f.Ulangan Harian
Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali ters remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
Pengayaan
Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
Siwa yang mencapai nilai   diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
Siwa yang mencapai nilai   diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.



Mengetahui
Kepala Sekolah

Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004

















Kendal,      Juli 2017
Guru Mata Pelajaran

HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003



KEMBALI KE MENU KELAS XII KLIK DI SINI

KEMBALI KE DAFTAR RPP KELAS XII KLIK DI SINI



Lampiran

No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaian
1. Sikap
Disiplin dalam pembelajaran Jujur dalam kegiatan kelompok.
Bertanggung jawab terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Santun dalam bersikap selama proses pembelajaran. Pengamatan Selama pembelajaran dan saat diskusi
2. Pengetahuan
Menerapkan rumus dalam menyelesaikan masalah
Pengamatan dan tes Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.
Keterampilan
Terampil dalam:
Menerapkan rumus
Menyelesaikan permasalahan Pengamatan Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi

Instrumen Penilaian Hasil Belajar
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Satuan Pendidikan : SMKN 4 Kendal
Bidang Keahlian : ................................
Program Keahlian : .................................
Kompetensi Keahlian : ................................
Kelas : XII
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS

No Waktu Nama Kejadian/
Perilaku Butir Sikap Positif /
Negatif Tindak Lanjut
1 5/5/2017 A Meninggalkan ruang kelas tanpa ijin Tanggung jawab - Dipanggil dilakukan pembinaan
2
3
4
1

PENILAIAN PENGETAHUAN
KISI-KISI DAN SOAL
Satuan Pendidikan : SMKN 4 Kendal
Bidang Keahlian : ................................
Program Keahlian : .................................
Kompetensi Keahlian : ................................
Kelas : XII
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kompetensi Dasar   :
Kompetensi Dasar IPK Materi Ranah Kognitif Indikator Soal Bentuk Soal No Soal


SOAL finite verb, non finite
Find out the finite or non finite verb with (finite), (non finite) behind the sentence!
1. I read a magazine.
2. They went to Semarang yesterday morning.
3. I want to write a poetry.
4. My mother bought a piece of cake.
5. He promises to take care the cat.
6. They asked me to see a dance teacher.
7. Sister is ordering juice.
8. I can’t go with you.
9. She loves snorkeling.
10. He sat on the sofa in the dark room.
11. Leaving the room can be sad.
12. Sisca plays the guitar.
13. I need to go to sleep.
14. I travelled to German to improve my Germany.
15. The dog is barking.
Instrumen/butir Soal Pengetahuan
No Soal Kunci Jawaban Skor
Pedoman Penskoran

IPK No Soal Skor Penilaian Pedoman penilaian
3.7.1 1 10 Rumus : Nilai Perolehan = (skor perolehan )/(skor maksimal) x 100

3.7.2 2 10
3.7.3 3 10
3.7.4 4 10
Skor maksimal 40
PENILAIAN UNJUK KERJA (KETERAMPILAN PROSES)

Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Nama siswa/kelompok :  …………………………………………………
Kelas : ………………………………………………….
No Kategori Skor Alasan
1. 3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur  penyelesaian yang dikerjakan? 1
2. Apakah  rumus yang digunakan  tepat dan sesuai dengan konsep? 1
3. Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD? 1
4. Apakah penyelesaian yang dikerjakan sesuai dengan konsep yang telah dipelajari? 1
5. Apakah dibuat kesimpulan? 1
Jumlah skor maksimal 5
Pedoman Penskoran :
Skala skor : 0 dan 1
Jawaban sesuai skornya=1, dan jawaban tidak sesuai skornya=0
Skor maksimal=5, dan Skor minimalnya 0
Pedoman Penilaian :
Skala nilai tertinggi 100
Rumus : Nilai Perolehan = (skor perolehan )/(skor maksimal) x 100


Mengetahui
Kepala Sekolah

Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004




Kendal,      Juli  2017
Guru Mata Pelajaran

HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003









PENILAIAN UNJUK KERJA (KETERAMPILAN PROSES)

Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Nama siswa/kelompok :  …………………………………………………
Kelas : ………………………………………………….
No Kategori Skor Alasan
1. 3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur  penyelesaian yang dikerjakan? 1
2. Apakah  rumus yang digunakan  tepat dan sesuai dengan konsep? 1
3. Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD? 1
4. Apakah penyelesaian yang dikerjakan sesuai dengan konsep yang telah dipelajari? 1
5. Apakah dibuat kesimpulan? 1
Jumlah skor maksimal 5
Pedoman Penskoran :
Skala skor : 0 dan 1
Jawaban sesuai skornya=1, dan jawaban tidak sesuai skornya=0
Skor maksimal=5, dan Skor minimalnya 0
Pedoman Penilaian :
Skala nilai tertinggi 100
Rumus : Nilai Perolehan = (skor perolehan )/(skor maksimal) x 100


Mengetahui
Kepala Sekolah

Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004 Kendal,      Juli  2017
Guru Mata Pelajaran

HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003


KEMBALI KE MENU KELAS XII KLIK DI SINI

KEMBALI KE DAFTAR RPP KELAS XII KLIK DI SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BOLAK BALIK

SIAPA BERSUNGGUH SUNGGUH DAN BERDOA ALLOH PASTI aKAN MEMBANTUNYA

Arsip Blog