PERHATIAN

ULANGAN TENGAH SEMESTER /MID INSYA ALLOH AKAN DILAKSANAKAN DARI TANGGAL 2- 10 OKTOBER 2017 SIAPKAN DIRI ANDA UNTUK MENGHADAPINYA- MATERI KELAS 2 INGAT HAFALAN I AM SO STRESS BUKU PAKET DAN DISKUSI S/D 3 UNTUK KELAS 3 PELAJARI BUKU PAKET DAN BAHAN DISKUSI SAMPAI DISKUSI 3 - SEMOGA ALLOH MEMBERI KESEHATAN DAN KEMUDAHAN PADA KALIAN

Sabtu, 22 Juli 2017

SILABUS PELAJARAN KELAS XI KURIKULUM 13 TAHUN 2017


KEMBALI KE MENU KELAS XI KLIK DI SINI 

Nama Sekolah   : SMK NEGERI 4 KENDAL
Bidang Keahlian                : SEMUA BIDANG KEAHLIAN
Kompetensi Keahlian     : SEMUA KOMPETENSI KEAHLIAN
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS  KELAS XI
Durasi (Waktu)  : ....X 45 MENIT
KI-3 (Pengetahuan)        :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4 (Keterampilan)        :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Alokasi Waktu (JP)
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
1
2
3
4
5
6
3. 1menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta meresponsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.1Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, dan meresponnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Indikator Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.1. Siswa dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta meresponsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya

Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.1 Siswa dapat  menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, dan meresponnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

               Fungsi sosial
Menjaga hubungan Interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
               Struktur  teks
-                  Memulai
-                  Menanggapi (diharapkan/tidak diharapkan)
               Unsur kebahasaa
-                  Ungkapan yang sesuai untuk menyarankan.( I believe ..., I think ..., I suppose ..., In my opinion ...)
-                  Penggunaan  nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
               Topik
Berbagai kegiatan yang terkait dengan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
2x 45 menit
               Menyimak dan menirukan beberapa contoh percakapanmenyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang diperagakan guru, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar.
               Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari beberapa ungkapan yang sedang dipelajari.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam interaksi tersebut.
               Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa.
               Secara lisan dan tulis, melakukan tindakan komunikatif yang sedang dipelajari dalam bahasa Inggris secara kontekstual.
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
  1. Sikap :Pengamatan
  2. Pengetahuan : Test tertulis
  3. Ketrampilan “: Unjuk Kerja
3.2menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/ kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan past perfect, present perfect, future perfect)

4.2menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/ kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
3.2.Siswa dapat. menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/ kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan past perfect, present perfect, future perfect)
4.1 Siswa dapat.. menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/ kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

               Fungsi sosial
Menyarankan, mengingatkan, menyampaikan himbauan, mentaati aturan, dsb.
               Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur kebahasaan
-                  Pernyataan dan pertanyaan terkait dengan keharusan yang menggunakan: should+(simple), should+(continuous), should+(perfect))
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi
-                  Ejaan dan tanda baca
-                  Tulisan tangan.
            Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
4x 45 menit
               Menyimak dan menirukan percakapan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan komunikatif tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada waktu yang akandatang, saat ini, atau waktu lampau sesuai dengan konteks yang berbeda.
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
  1. Sikap :Pengamatan
  2. Pengetahuan : Test tertulis
Ketrampilan “: Unjuk Kerja
3.3menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait rencana yang akan datang dengan kondisi tertentu, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan if dalam present tense)
4.3 menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait rencana yang akan datang dengan kondisi tertentu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks



3.3.Siswa dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait rencana yang akan datang dengan kondisi tertentu, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan if dalam present tense)
4.3.Siswa dapat menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait rencana yang akan datang dengan kondisi tertentu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

               Fungsi sosial
Menjelaskan, meyakinkan, mengarahkan, menjanjikan, dsb.
               Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur kebahasaan
-                  Pernyataan dan pertanyaan terkait tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, menggunakan (will+(simple), will+(continuous), will+(perfect))
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi
-                  Ejaan dan tanda baca
-                  Tulisan tangan
               Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI
4x 45 menit
               Menyimak dan menirukan percakapan tentang tindakan/ kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan komunikatif memberi dan meminta informasi terkait tindakan/ kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks yang berbeda
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya


  1. Sikap :Pengamatan
  2. Pengetahuan : Test tertulis
  3. Ketrampilan “: Unjuk Kerja
3.4menafsirkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk poem, lisan dan tulis, dengan memberi dan meminta informasi terkait kehidupan remaja, sesuai dengan konteks penggunaannya
menafsirkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk poem, lisan dan tulis, dengan memberi dan meminta informasi terkait kehidupan remaja, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.4 menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk poem terkait kehidupan remaja


3.4 Siswa dapat menafsirkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk poem, lisan dan tulis, dengan memberi dan meminta informasi terkait kehidupan remaja, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.4.Siswa dapat menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk poem terkait kehidupan remaja

               Fungsi sosial
Mendiskripsikan, melaporkan, dan sebagainya
               Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur kebahasaan
-                  Pernyataan dan pertanyaan terkait dengan hubungan setara antara dua benda yang menggunakan:
-                   Both ... and; not only ... but also; either ... or; neither ... nor
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi,
-                  Ejaan dan tanda baca
-                  Tulisan tangan
               Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.

4x 45 menit
               Menyimak dan menirukan percakapan tentang hubungan setara antara dua benda/tindakan sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan komunikatif memberi dan meminta informasi terkait hubungan setara antara dua benda/tindakan sesuai dengan konteks yang berbeda.
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.



  1. Sikap :Pengamatan
  2. Pengetahuan : Test tertulis
Ketrampilan “: Unjuk Kerja
3.5  membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait cerita pendek, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.5.menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis, terkait cerita pendek


3.5.Siswa dapat. membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait cerita pendek, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.5 Siswa dapat  menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis, terkait cerita pendek

               Fungsi sosial
Mendiskripsikan, melaporkan, dan sebagainya
               Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur kebahasaan
-                  Pernyataan dan pertanyaan terkait dengan hubungan setara antara dua benda yang menggunakan:
-                   Both ... and; not only ... but also; either ... or; neither ... nor
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi,
-                  Ejaan dan tanda baca
-                  Tulisan tangan
               Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
4x 45 menit
               Menyimak guru membacakan beberapa teks recount tentang biografi tokoh terkenal.
               Menirukan guru membaca teks tersebut secara bermakna, dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks tersebut.
               Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount  tentang biografi tokoh terkenal dari sumber lain.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain.
               Membuat proyek menulis teks recount tentang biografi tokoh terkenal dan memajangnya di majalah dinding kelas.
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
.


  1. Sikap :Pengamatan
  2. Pengetahuan : Test tertulis
c.Ketrampilan “: Unjuk Kerja
3.6. menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan reservasi, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.6.menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan reservasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

3.6.Siswa dapatmenerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan reservasi, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.6 Siswa dapat. menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan reservasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

               Fungsi sosial
Menyarankan, mengingatkan, menjelaskan, dsb.
               Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur kebahasaan
-                  Pertanyaan dan pernyataan terkait kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu menggunakan Adverbial too dan enough
-                  frasa nominal
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi
-                  Ejaan dan tanda baca
-                  Tulisan tangan.
               Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
4x 45 menit
               Menyimak dan menirukan percakapan tentang memberi dan meminta informasi terkait menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara tertulis, melakukan tindakan komunikatif terkait menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks.
               Bermain peran memberi dan meminta informasi menggunakan ungkapan yang telah dipelajari secara kontekstual.
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya



  1. Sikap :Pengamatan
  2. Pengetahuan : Test tertulis
c.Ketrampilan “: Unjuk Kerja
3.7.
membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk brosur, leaflet, banner, dan pamflet, dengan memberi dan meminta informasi terkait promosi
4.7.
4.7.1 menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan brosur, leaflet, banner, dan pamflet terkait promosi barang/jasa/kegiatan
4.7.2 menyusun teks khusus brosur, leaflet, banner, dan pamflet terkait promosi barang/jasa/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
3.7. Siswa dapat membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk brosur, leaflet, banner, dan pamflet, dengan memberi dan meminta informasi terkait promosi barang/jasa/kegiatan sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7.1 Siswa dapat  menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan brosur, leaflet, banner, dan pamflet terkait promosi barang/jasa/kegiatan
4.7.2 siswa dapat menyusun teks khusus brosur, leaflet, banner, dan pamflet terkait promosi barang/jasa/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

               Fungsi sosial
Membujuk orang lain untuk mengikuti kegiatan (event).
               Struktur teks
               Struktur dapat mencakup
-                  Judul/tujuan iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa.
-                  Informasi tertentu dari iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa.
               Unsur kebahasaan
-                  Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa
-                  Penggunaan nominal singular dan plural grup.
-                  Ejaan dan tanda baca
-                  Tulisan tangan
               Topik
               Barang, jasa, dan kegiatan (event) yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan peserta didik SMA,  yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Multimedia:
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan masing-masing teks dalam iklan kegiatan (event).
4x 45 menit
               Menyimak dan menirukan beberapa model teks khusus dalam bentuk iklan terkait kegiatan (event) di media masa.
               Menanyakan informasi terkait isi teks yang sedang dipelajari.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang hal-hal lain yang belum dipahami terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks khusus yang sedang dipelajari.
               Membaca dan mendiskusikan contoh tabel analisis isi iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa yang sedang dipelajari.
               Membahas cara mempresentasikan hasil analisis tersebut.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan dalam kelompok masing-masing.
               Membuat, mempresentasikan, menerbitkan, bertanya jawab tentang teks iklan terkait kegiatan (event) di media massa yang ada di sekitar kehidupan peserta didik dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya



  1. Sikap :Pengamatan
  2. Pengetahuan : Test tertulis
c.Ketrampilan “: Unjuk Kerja
3.8.menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pemberian contoh, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan for example, such as)

4.8 menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pemberian contoh, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

3.8.Siswa dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pemberian contoh, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan for example, such as)

4.8.Siswa dapat menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pemberian contoh, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks .

              Fungsi sosial
Memperoleh gambaran umum tentang hal yang terkait teknologi secara objektif dan ilmiah.
               Struktur teks
   Struktur teks mencakup
-                  Menyebutkan jenis atau definisi obyek yang dipaparkan.
-                  Deskripsi obyek termasuk nama, bagian-bagian, sifat dan perilaku  yang umum ditemukan/ dilihat.
              Unsur kebahasaan
-                  Kosa kata tentang teknologi yang diamati: banyak peristilahan ilmiah
-                  Kata kerja keadaan be, have, look, need, breed, dll., dalam Simple Present Tense, atau Simple Past Tense jika sudah punah atau tidak ada lagi
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda baca
-                  Tulisan tangan
              Topik
Teknologi terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas X, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.

4x 45 menit
               Menyimak guru membacakan beberapa teks reporttentang teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X.
               Menirukan guru membaca teks tersebut secara bermakna, dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks tersebut.
               Membaca dan mendiskusikan contoh tabel analisis isi teks yang sedang dipelajari.
               Membahas cara mempresentasikan hasil analisis tersebut.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan dalam kelompok masing-masing.
               Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks report dari sumber lain.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain.
               Menulisteks report tentang teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X secara kontekstual.
               Melaporkan secara lisan, mengenai teks report tentang teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
  1. Sikap :Pengamatan
  2. Pengetahuan : Test tertulis
c.Ketrampilan “: Unjuk Kerja
3.9 membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks hortatory exposition lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pandangan/pendapat mengenai topik yang hangat dibicarakan umum, argumentasi pendukung, serta saran, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.9 teks hortatory exposition

4.9.1 menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks hortatory exposition lisan dan tulis, terkait isu aktual
4.9.2 menyusun teks hortatory exposition lisan dan tulis, terkait isu aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
3.9 .Siswa dapat. membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks hortatory exposition lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pandangan/pendapat mengenai topik yang hangat dibicarakan umum, argumentasi pendukung, serta saran, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.91.Siswa dapat  menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks hortatory exposition lisan dan tulis, terkait isu aktual
4.9.2 Siswa dapat menyusun teks hortatory exposition lisan dan tulis, terkait isu aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks .



              Fungsi sosial
Memperoleh gambaran umum tentang hal yang terkait teknologi secara objektif dan ilmiah.
               Struktur teks
   Struktur teks mencakup
-                  Menyebutkan jenis atau definisi obyek yang dipaparkan.
-                  Deskripsi obyek termasuk nama, bagian-bagian, sifat dan perilaku  yang umum ditemukan/ dilihat.
              Unsur kebahasaan
-                  Kosa kata tentang teknologi yang diamati: banyak peristilahan ilmiah
-                  Kata kerja keadaan be, have, look, need, breed, dll., dalam Simple Present Tense, atau Simple Past Tense jika sudah punah atau tidak ada lagi
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda baca
-                  Tulisan tangan
              Topik
Teknologi terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas X, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.


4x 45 menit
               Membaca, menyimak, menirukan teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan dari teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle, secara kontekstual.
               Mengidentifikasi dan menalar tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan bagian-bagian tertentu dari teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle.
               Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle dari sumber lain.
               Membahas pengalaman belajar tentang teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle.
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
  1. Sikap :Pengamatan
  2. Pengetahuan : Test tertulis
c.Ketrampilan “: Unjuk Kerja
3.10menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
4.10 menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA


3.10.Siswa dapat menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMK

4.10 Siswa dapat.enangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMK

               Fungsi sosial
Menghibur dan menyampaikan pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya seni
               Unsur kebahasaan
-                  Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi
-                  Ejaan dan tanda baca.
-                  Tulisan tangan
               Topik
     Hal-hal yang memberikan keteladanan dan inspirasi.
4x 45 menit
               Membaca, menyimak, dan menirukan lirik lagu secara lisan.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan dari lirik lagu, yang sedang dipelajari secara kontekstual.
               Membacakan dan menyalin lirik lagu yang telah dipelajari dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan.
               Menanyakan
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
  1. Sikap :Pengamatan
  2. Pengetahuan : Test tertulis
c.Ketrampilan “: Unjuk Kerja




Mengetahui
Kepala Sekolah

Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004
               

Kendal,      Juli 2017
Guru Mata Pelajaran

HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BOLAK BALIK

SIAPA BERSUNGGUH SUNGGUH DAN BERDOA ALLOH PASTI aKAN MEMBANTUNYA

Arsip Blog