AMPAT
3.4 menafsirkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk
poem, lisan dan tulis, dengan memberi dan meminta informasi terkait kehidupan
remaja, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.4 menangkap makna
secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks khusus dalam bentuk poem terkait kehidupan remaja
|
TOPIK
Materi Pokok :
∙
Fungsi
sosial
Untuk menjalin pergaulan dengan lingkungannya
∙
Unsur
kebahasaan
-
Tata bahasa: Simple Present Tense, Kalimat
imperatif positif dan negatif, kalimat tanya, tata bahasa gaya puisi.
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda
baca, tulisan tangan.
∙
Topik
Berbagai hal terkait dengan kehidupan peserta didik sebagai
remaja dan peserta didik SMK, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat
dalam KI.
Materi Prasyarat :
Rumus simple presen
tense
Subject + Verb1
+ Object + Modifier
|
ika subject diikuti oleh adjective atau noun, gunakan be:
is/am/are. Is digunakan jika subject-nya singular yaitu he, she, it dan
noun yang dapat digantikan dengan subject pronoun he, she atau it; Am jika subject-nya
I; Sedangkan, are jika subject-nya you, they, atau we. Subject
pronoun I, you, they, we, dan noun yang dapat digantikan
dengan I, you, they atau we disebut plural subject.
Contoh:
- Farmers in Magelang grow rice crops twice a year. (Petani-petani di Magelang bercocok tanam padi dua kali setahun).
- Transpiration starts to increase at 9 a.m. (Transpirasi mulai meningkat jam 9 pagi).
Note: Pada contoh 1 digunakan plural verb karena subject-nya
plural, sedangkan pada contoh yang ketiga digunakan singular verb [verb1 +
(s atau es)] karena didahului oleh singular subject.
Hampir semua singular verb dibentuk dengan menambahkan huruf
s diakhir verb1 (i.e. Verb1 + s ). Namun, mengingat jumlah verb sangat banyak,
maka yang perlu dipahami/dihafal sekarang adalah kapan kita harus menambahkan
es. Ketentuannya adalah jika verb1 berakhiran dengan huruf “o, x, ch, y, th,
s, dan sh” maka Verb1 + es.
Contoh:
Verb1
|
Verb1 + es
|
Meaning
|
go
do
box
watch
pinch
punch
study
cry
fly
try
press
pass
smash
brush
bath
sooth
wash
|
goes
does
boxes
watches
pinches
punches
studies
cries
flies
tries
presses
passes
smashes
brushes
bathes
soothes
washes
|
pergi
melakukan/mengerjakan
bertinju
menonton
mencubit
memukul
belajar
menangis
terbang
mencoba
menekan, tindis
lulus, meloloskan
memukul
menyikat
mandi
menenangkan
mencuci
|
- Huruf ‘y’ yang didahului oleh konsonan berubah menjadi ‘i’ (Lihat: studies, tries, cries).
- Verb have (mempunyai) berubah secara tidak beraturan menjadi has.
Penggunaan Simple
Present tense dalam bahasa Inggris
1. untuk menyatakan kejadian-kejadian yang terjadi secara
reguler (regular happening).
Contoh:
- The sun rises in the east and sets in the west. (Matahari terbit di timur dan tenggelam di barat).
- The full moon comes every 30 days. (Purnama datang tiap 30 hari).
- The planet earth takes 365 days to rotate the sun. (Planet bumi butuh 365 hari untuk mengelilingi matahari).
2. untuk menyatakan kebiasan-kebiasaan yang dilakukan oleh
subject kalimat (habitual action); Kebiasaan-kebiasaan tersebut masih
berlangsung sampai sekarang dan (mungkin) akan terus berlanjut ke masa yang
akan datang (future).
Contoh:
- My son always goes to school on foot. (Putra saya selalu pergi ke sekolah dengan berjalan kaki).
3. Untuk menyatakan argumen atau teori yang sudah jelas
kebenarannya.
Contoh:
- The prices of goods always increase when the good availabilities drop in market. (Harga-harga barang selalu naik ketika ketersedianya di pasar menurun).
- Solar radiation is required during photosynthesis. (Radiasi surya dibutuhkan selama proses fotosintesis).
- Twenty-five devided by twenty-five is equal to one. (25 dibagi 25 sama dengan 1).
4. Untuk menyatakan/mengekspresikan keadaan atau kondisi
seseorang atau sesuatu pada saat sekarang (pada saat diekspresikan). Verbs
untuk mengekspresikan seseorang atau sesuatu ini terkait dengan proses/keadaan
di dalam otak, terkait dengan perasaan, terkait dengan panca indera, dan
terkait dengan kepemilikan. Verbs seperti ini secara kolektif disebut Stative
Verbs. Verbs ini sering kita gunakan atau dengar dalam kehidupan sehari-hari.
Terkait dengan
proses/keadaan di dalam otak
|
|
know (tahu)
believe (percaya)
understand (mengerti/paham)
imagine (membayangkan)
think (berfikir/mengira/kira)
recognize (mengenali)
|
doubt (meragukan)
need (memerlukan/butuh)
prefer (lebih suka)
mean (berarti)
forget (melupakan/lupa)
remember (mengingat/ingat)
|
Terkait dengan
perasaan
|
|
hate (benci)
love (cinta)
|
like (suka)
want (menginginkan/ingin)
|
Terkait dengan
panca indera
|
|
hear (mendengar)
see (melihat)
smell (mencium/tercium)
appear (muncul)
|
sound (terdengar)
look (melihat/tampak)
seem (tampak)
taste (merasakan/terasa)
|
Terkait dengan
kepemilikan
|
|
have (mempunyai)
own (mempunyai)
|
possess (mempunyai)
belong (milik)
|
Contoh:
- I think I know him. (Saya kira/rasa saya tahu dia).
- I understand English better now. (Saya paham bahasa Inggris dengan lebih baik sekarang).
- I love you very much. (Saya sangat mencintai kamu).
- The song sounds good but I cannot catch every single word in it. (Lagu itu terdengar manis tapi saya tidak dapat menangkap satu kata pun dari lagu itu).
- The snack tastes so delicious. (Camilan itu terasa begitu lezat).
- I believe you. (Saya percaya kamu).
- The tragic accident sometimes appears in my mind. (Kecelakaan tragis itu kadang-kadang muncul di benak saya).
- She has two dogs and one cat. (Dia punya dua anjing dan satu kucing),
5. Untuk menyatakan fakta yang ada sekarang. Penekanannya
lebih pada adanya fakta, bukan pada proses terjadinya fakta.Verb yang sering
digunakan di sini antara lain: consist of, contain, include, exist, cost, be
(i.e: is, am, dan are, atau be jika mengikuti modal auxiliary).
Contoh:
- She weighs more than 100 kg. She is very fat. (Dia beratnya lebih dari 100 kg. Dia sangat gemuk).
- I want to buy these shoes. How much do they cost? (Saya mau beli sepatu ini. Berapa harganya?).
- Cigarettes contain a lot of nicotine and other harmful substances. (Rokok-rokok mengandung banyak nikotin dan zat-zat berbahaya lainnya).
6. Untuk membuat request (permintaan/minta tolong) dan
command (perintah).
Contoh:
- May I borrow your pen, please? (Boleh saya pinjam pulpenmu?).
- Make teams that consist of 5 people each! (Buatlah tim yang masing-masing terdiri dari 5 orang).
Note: Dalam simple present tense, sering digunakan adverb
seperti: always (selalu), often (sering), usually (biasanya), sometimes
(kadang-kadang), seldom (jarang), never (tidak pernah). Adverbs ini biasanya
ditempatkan diantara subject dan verb. Tetapi jika kalimat menggunakan be,
adverb ditempatkan setelah be (Lihat contoh 4). Walaupun disisipi adverb, bentuk
verb tidak berubah. Artinya, jika subject-nya singular (orang ketiga tunggal),
verbnya tetap singular (Lihat contoh 5). Selain adverbs, simple present tense
juga sering disisipi modal auxilliary seperti can (dapat), may (boleh,
mungkin), dan must (harus). (Lihat contoh 6). Dan ingat, gunakan plural verb
setelah modal auxilliary. Singular verb tidak pernah digunakan setelah modal
auxiliary (Lihat contoh 7). Penggunaan modal auxilliary akan dibahas secara
khusus pada posting berikutnya.
Contoh :
- I usually watch Hollywood movies to maintain my English proficiency. (Saya biasanya nonton film-film Hollywood untuk mempertahankan kemampuan bahasa Inggris saya).
- They always arrive on time. (Mereka selalu tiba tepat waktu).
- My children sometimes go to Kuta Beach to practice their English. (Anak-anak saya kadang-kadang pergi ke pantai Kuta untuk melatih bahasa Ingggrisnya).
- He is never late. (Dia tak pernah telat).
- Because he seldom studies hard, he seldom gets good results. (Karena dia jarang belajar keras, dia jarang dapat nilai bagus).
- Can I go now? No, you can’t. You must stay here until we finish doing our homework. (Dapat saya pergi sekarang? Tidak. Kamu harus tetap di sini sampai kita selesai mengerjakan PR kita).
- He must go to see a doctor now. (Dia harus pergi ke dokter sekarang).
Penggunaan Simple Present tense dalam bahasa Inggris
Negative Form
Bentuk negatif dari kalimat dalam Simple Present Tense
dibuat dengan menambahkan kata bantu ‘do’ atau ‘does’ (tergantung dari subject
kalimat) dan not, seperti terlihat dalam formula berikut,
Subject +
(does/do) + not + Verb1 + Object + Modifier
|
Note: a) Jika kalimat positifnya menggunakan singular verb
(i.e. verb1 + s/es), gunakan kata bantu does sebelum not dan jangan lupa untuk
merubah singgular verb tersebut menjadi verb1. Does not dapat disingkat doesn’t
dan do not dapat disingkat don’t. b) Jika kalimat positifnya menggunakan be
(i.e. is, am atau are), kata bantu do atau does tidak diperlukan. Yang perlu
dilakukan di sini hanyalah menyisipkan not setelah be, yang masing-masing
dapat disingkat menjadi isn’t/ aren’t. Kontraksi am + not adalah ain’t, tetapi
jangan gunakan kontraksi ini dalam tulisan/percakapan formal karena sangat
tidak formal.
Contoh:
- The sun does not rise in the west and does not set in the east. (Matahari tidak terbit di barat dan tidak tenggelam di timur).
- The full moon does not come every 15 days. (Purnama tidak datang tiap 15 hari).
- The planet earth does not take 400 days to rotate the sun. (Planet bumi tidak butuh 400 hari untuk mengelilingi matahari).
- My son does not always go to school on foot. (Putraku tidak selalu pergi ke sekolah dengan berjalan kaki).
- Mr. Bain does not always play badminton every Sunday morning. (Mr Bain tidak selalu main bulutangkis tiap minggu pagi).
- Mr. Budi does not always drive a car to the office. (Mr. Budi tidak selalu naik mobil ke kantor).
Yes/No Questions
Yes/No Questions untuk Simple Present Tense dibuat dengan
menempatkan kata bantu does/do atau be is/am/are sebelum subject. Perhatikan
formula berikut:
Does/Do +
Subject + Verb1 + Object + Modifier?
|
Contoh:
- Do farmers in Magelang grow rice crops twice a year? (Apakah petani-petani di MAgelang bercocok tanam padi dua kali setahun?).
- Does transpiration start to increase at 9 a.m? (Apakah transpirasi mulai meningkat jam 9 pagi?).
POEM/ PUISI
Identifikasi
Sebuah puisi yang diidentifikasi oleh unsur-unsur sastra dan
musik nya. Sebagai contoh, metafora dan alliteration yang umum di banyak puisi.
Ciri lain dari puisi adalah kesederhanaanya, atau kemampuan untuk mengatakan
banyak dalam beberapa kata. Hal ini memerlukan makna yang berlapis, seperti
dalam penggunaan simbolisme. Sebuah contoh umum simbolisme adalah elang botak,
yang merupakan burung, namun di Amerika Serikat dan Inggris juga merupakan
bangsa secara keseluruhan. Sebuah puisi tidak perlu sajak atau mengandung yang
konsisten untuk memenuhi syarat seperti itu, tapi unsur-unsur juga umum bagi
banyak puisi.
Keistimewaan
Sebuah puisi dapat berisi sejumlah keistimewaan. Biasanya
puisi dipecah menjadi garis dan bait. Mereka dapat berisi kalimat penuh atau
hanya fragmen, atau kombinasi keduanya. Aturan tata bahasa dapat ditarik, tapi
skill ini agak misterius. Banyak penyair mempertahankan bahwa puisi harus
menunjukkan penguasaan atas salah satu yang vernakular bahkan saat menghindari
itu. Sebuah puisi bisa jadi bahagia atau sedih, sederhana atau kompleks,
tradisional atau memberontak.
Fungsi
Ciri dari puisi adalah bahwa ia mengatakan banyak dalam
beberapa kata. Hal ini dapat eksis dalam kerangka prosa, atau bisa eksis
sendiri. Kepala fungsinya adalah untuk meminjamkan wawasan, menusuk hidung ke
sudut yang tak terlihat, mencium tanda-tanda kehidupan di mana tidak ada yang
terdeteksi sebelumnya. Sebuah puisi dapat membangkitkan kekaguman, mengilhami
tindakan atau memberikan makanan untuk berpikir. Hal ini dapat memberikan jalan
keluar lucu (seperti dalam humor), atau dapat perintah kesungguhan (seperti
dalam himne keagamaan). Sebuah puisi juga dapat berfungsi sebagai tujuan
tersendiri.
Manfaat
Manfaat puisi sering mulai di mana orang-orang dari prosa
meninggalkan dari. Sebuah puisi dapat meregangkan aturan tata bahasa sedikit
lebih, menggunakan jeda baris inventif atau tanda baca untuk menonjolkan frase.
Puisi menekankan penggunaan musik kata-kata untuk kepentingan mereka sendiri
selain memberikan makna dan konteks. Singkat manfaat penting lain puisi.
Puisi membangkitkan jiwa aktif dalam diri kita. Kita semua
datang dari di tempat , di mana kita merasa sedih dan tersingkir dengan dunia
materialistik ini , sekali dalam hidup kita. Saat itu kondisi belum ditentukan
dan kebingungan terjadi dimana-mana, puisi akan membuat hati kita jelas dari
semua puing-puing dan perasaan tidak diinginkan dan membuat hati kita murni
dengan jiwa terbangun. Kita harus membuat dengan jelas bahwa kita ingin damai
dan cinta dalam hidup ini indah atas semua hal-hal lain dari materialisme.
Berikut adalah contoh-contoh puisi yang berada di bawah alam seperti ini untuk
membuat diri Anda bangga terlahir pria / Wanita di dunia yang indah ini. Kami telah
mengumpulkan puisi-puisi ini dengan sabar dan waktu yang panjang . Daftar dapat
bervariasi dari orang ke orang. Tentu saja, tidak ada yang bisa menentukan
puisi terbaik. Pilihan Anda mungkin berbeda . Dibawah ini adalah contoh puisi
dalam Bahasa Inggris terpopuler
Puisi Bahasa Inggris untuk Mengungkapkan Rasa Sakit Hati
Jika Anda ingin meluapkan berbagai emosi dengan cara yang
positif, maka puisi adalah jawabannya seperti puisi bahasa inggris untuk
mengungkapkan rasa sakit hati. Puisi dapat membantu Anda untuk mengungkapkan
segala perasaan dalam bentuk tulisan yang sangat indah. Puisi dapat menggunakan
puisi bahasa inggris maupun puisi bahasa Indonesia tergantung pada kesukaan
Anda. Baik puisi
bahasa inggris maupun bahasa Indonesia, tidak memiliki perbedaan dalam
aturan tata
bahasa inggris, hanya jenis bahasanya saja yang berbeda. Puisi bahasa
inggris dapat menjadi alternatif pilihan jika merasa bosan dengan menulis
maupun membaca puisi bahasa Indonesia. Dengan mempelajari mengenai puisi, maka
dapat meningkatkan kepekaan kita terhadap berbagai kejadian yang terjadi di
sekitar kita dan menambah pengetahuan tentang berbagai jenis puisi serta gaya
bahasa yang berbeda-beda tergantung pada penulisnya. Di bawah ini adalah salah
satu puisi tentang perasaan sakit hati seseorang yang tetap dapat diungkapkan
dengan indah.
Contoh Puisi Bahasa
Inggris untuk Mengungkapkan Rasa Sakit Hati
Black Storm
I know, it hurts
the storm has come and gone
leaving you and I
broken in ruins but this cant be where i die
I needed someone that protected me from my self
and you never could
and so i move on from this place
with a heavy heart all alone
The memories held me down for so long
because i couldn’t just let go of you
and it still hurts
but i know now what i must do to survive this place
There is nothing left
and i desperately rebuild my life
from the broken pieces
you left of my heart on the floor
Time is no friend as he burns the wound shut
and the tears they flow like blood from a cut
But i need to be strong with one foot after another
i just have to move on
Because you’ve left me to rot all alone.
by CrimsonRain
Terjemahan Puisi
bahasa inggris sakit hati: Badai hitam
Aku tahu, sakit
badai telah datang dan pergi
meninggalkanmu dan aku
rusak dalam reruntuhan tapi ini bukanlah tempatku mati
Aku butuh seseorang yang melindungiku dari diriku sendiri
dan Kau tidak pernah bisa
dan jadi Aku pindah dari tempat ini
dengan berat hati sendirian
Kenangan menahanku begitu lama
karena Aku hanya tidak bisa begitu saja melepaskanmu
dan masih sakit
tetapi Aku tahu sekarang apa yang harus kulakukan untuk
bertahan tempat ini
Tidak ada yang tersisa
Dan Aku dengan putus asa membangun kembali hidupku
dari pecahan yang hancur
Kau tinggalkan hatiku di lantai
Waktu tanpa teman seperti ia membakar luka yang tertutup
dan air mata mereka mengalir seperti darah dari potongan
Tetapi aku harus kuat dengan satu kaki setelah segalanya
saya hanya harus bergerak maju
Karena Anda telah meninggalkanku untuk membusuk sendirian.
oleh CrimsonRain
Puisi “Black Storm” menceritakan kepedihan hati seseorang
yang telah ditinggalkan oleh pasangannya. Dia merasa terpuruk dan sakit hati
dengan luka yang sangat dalam. Dia tidak bisa melupakan rasa sakit hatinya
tersebut dan merasa hancur sendirian. Puisi sakit hati bahasa inggris ini
menggambarkan perasaan sedih yang tidak bisa disembuhkan oleh waktu sekalipun. Akan
tetapi, penulis berharap bahwa suatu saat nanti semangatnya akan kembali
walaupun tidak akan pernah sama seperti dulu. Penulis berusaha untuk melupakan
semua kesedihan itu dan terus bergerak untuk maju.
PUISI HAIKU
Haiku adalah puisi pendek yang menggunakan bahasa sensorik
untuk menangkap perasaan atau gambar. Inspirasinya kerap berasal dari elemen
alam, momen indah, atau pengalaman mengharukan. Puisi haiku semula dikembangkan
oleh pujangga Jepang, dan bentuknya diadaptasikan ke bahasa Inggris dan bahasa-bahasa
lainnya oleh pujangga dari negara-negara lain. Anda bisa belajar sendiri cara
menulis sebuah haiku.
CARA MENULIS PUISI HAIKU
- Ketahui struktur suara haiku. Haiku Jepang aslinya terdiri atas 17 suara, yang terbagi dalam tiga frase: 5 suara, 7 suara, dan 5 suara. Pujangga Inggris mengartikannya sebagai suku kata. Haiku telah berkembang seiring waktu, dan kebanyakan pujangga tidak lagi mengikuti struktur ini, baik dalam bahasa Jepang ataupun English; haiku modern bisa memiliki lebih dari 17 suara, bisa juga hanya satu.[1]
·
Suku kata Inggris bervariasi panjangnya,
sementara dalam bahasa Jepang hampir semuanya pendek. Karena alasan ini, haiku
Inggris dengan 17 suku kata bisa lebih panjang dibandingkan haiku Jepang 17
suara, bergeser dari konsep bahwa haiku bertujuan menyaring sebuah gambar
dengan beberapa suara. Walau aturan 5-7-5 tidak lagi dianggap baku bagi haiku
Inggris, murid-murid di sekolah masih diajari menggunakannya.
·
Berapa banyak jumlah suara atau suku kata yang
akan Anda gunakan dalam haiku? Merujuklah ke ide Jepang: haiku mestinya bisa
diekspresikan dalam satu tarikan napas. Dalam bahasa Inggris, berarti bisa
sepanjang 10-14 suku kata. Perhatikan, contohnya, haiku karya novelis Amerika
Jack Kerouac berikut ini:
·
Snow in my shoe
Abandoned
Sparrow's nest
(terjemahan: Salju dalam sepatuku
Terabaikan
Sarang pipit)
Gunakan
haiku untuk mendampingkan dua ide. Kata Jepang "kiru",
yang berarti "memotong", menyatakan bahwa haiku sebaiknya mengandung
dua ide yang berdampingan. Kedua bagian itu mandiri secara tata bahasa, dan
biasanya mencerminkan gambar yang berbeda juga.
Haiku Jepang umumnya tertulis dalam satu baris,
dengan ide-ide berdampingan dan terpisah oleh "kireji", atau kata
pemotong, yang membantu mendefinisikan hubungan kedua ide. Kireji biasanya
muncul di akhir salah satu frase suara. Tidak ada padanan kata Inggris untuk
kireji, jadi kata itu biasa diterjemahkan sebagai titik. Perhatikan dua ide
terpisah dalam haiku Jepang karya Bashō berikut ini:
how cool the feeling of a wall against the feet — siesta
(terjemahan: alangkah sejuk dinding yang ditempeli kaki —
tidur siang)
-Haiku Inggris paling sering tertulis dalam tiga baris.
Ide-ide yang berdampingan (yang harusnya hanya 2) "dipotong" dengan
perpindahan baris, tanda baca, atau sekadar spasi. Haiku berikut karya pujangga
Amerika Lee Gurga:[2]
fresh scent—
the labrador's muzzle
deeper into snow
(terjemahan: aroma segar—
moncong labrador
makin dalam di salju)
-Dalam situasi apa pun, tujuan haiku adalah menciptakan
lompatan antara kedua bagian, dan untuk meningkatkan makna puisi dengan
menghadirkan "perbandingan internal". Menciptakan secara efektif
struktur dua bagian ini boleh jadi tahap tersulit dalam penulisan haiku. Bisa
sangat sulit menghindari hubungan yang terlalu jelas maupun jarak yang terlalu
besar antara kedua bagian.
- Saring pengalaman
mengharukan. Haiku aslinya terpusat ke detail-detail lingkungan
sekitar yang berkaitan dengan kondisi manusia. Anggaplah haiku sebuah
bentuk meditasi yang mengekspresikan gambar atau perasaan objektif tanpa
mencantumkan penilaian dan analisis subjektif. Ketika Anda melihat atau
menyadari sesuatu yang membuat Anda ingin berkata pada orang lain,
"Lihat itu," pengalaman itu mungkin cocok untuk sebuah haiku.
·
Pujangga
Jepang awalnya menggunakan haiku untuk menangkap dan menyaring gambar-gambar di
alam yang lekas berlalu, misalnya katak lompat ke dalam kolam, tetes hujan
menimpa daun, atau setangkai bunga berayun kena angin. Banyak orang yang
berjalan-jalan hanya untuk mencari inspirasi untuk puisi mereka; di Jepang
dikenal sebagai "jalan-jalan ginkgo".
·
Topik
haiku kontemporer bisa saja menyingkir dari alam. Lingkungan kota, emosi,
hubungan, bahkan topik-topik humor bisa jadi topik haiku.
2.Cantumkan referensi musim.[3] Referensi musim atau perubahan musim, dalam bahasa Jepang disebut
"kigo", adalah elemen esensial haiku. Referensi itu bisa gamblang,
misalnya menggunakan "musim semi" atau "musim gugur" untuk
mengindikasikan musim. Bisa juga lebih halus, misalnya dengan menyebutkan
wisteria, bunga yang tumbuh di musim panas. Perhatikan kigo dalam haiku karya
Fukuda Chiyo-ni berikut ini:
·
morning
glory!
the well
bucket-entangled,
I ask for water
(terjemahan:
morning glory!
ember sumur yang
terbelit,
aku minta air)
3.Ciptakan
transisi topik. Untuk mengikuti ide bahwa haiku sebaiknya mengandung dua
ide yang berdampingan, transisikan perspektif akan topik pilihan Anda agar
puisi Anda memiliki dua bagian. Misalnya, Anda bisa fokus ke detail seekor
semut yang merayap di batang kayu, kemudian mendampingkan gambar itu dengan
sudut pandang yang lebih luas akan seluruh hutan, atau musim ketika semut itu
berada. Pendampingan itu memberi pujangga makna metaforik yang lebih mendalam
daripada menggunakan alam tunggal yang sederhana. Perhatikan puisi karya
Richard Wright berikut:
·
Whitecaps
on the bay:
A broken signboard
banging
In the April
wind.
(terjemahan:
Ombak memutih sambar teluk
Papan penanda
yang rusak terayun-ayun
Oleh angin April.)KEMBALI KE MENU KELAS XI KLIK DI SINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar