PERHATIAN

ULANGAN TENGAH SEMESTER /MID INSYA ALLOH AKAN DILAKSANAKAN DARI TANGGAL 2- 10 OKTOBER 2017 SIAPKAN DIRI ANDA UNTUK MENGHADAPINYA- MATERI KELAS 2 INGAT HAFALAN I AM SO STRESS BUKU PAKET DAN DISKUSI S/D 3 UNTUK KELAS 3 PELAJARI BUKU PAKET DAN BAHAN DISKUSI SAMPAI DISKUSI 3 - SEMOGA ALLOH MEMBERI KESEHATAN DAN KEMUDAHAN PADA KALIAN

Sabtu, 22 Juli 2017

DRAFT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS XI SMK BAHASA INGGRIS KURIKULUM 13 TAHUN 2017 KD 4


KEMBALI KE MENU DAFTAR RPP KLIK DI SINI

KEMBALI KE MENU KELAS XI  KLIK DI SIN1


Satuan Pendidikan
:
SMK Negeri 4 Kendal
Mata Pelajaran
:
BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester
:
XI / 1
Topik
:
4. Teks khusus dalam bentuk poem, lisan dan tulis, dengan memberi dan meminta informasi terkait kehidupan remaja teks khusus dalam bentuk poem, lisan dan tulis, dengan memberi dan meminta informasi terkait kehidupan remaja
Waktu

:

4 MgX 2 Jam× 45 menit ( 4Pertemuan)

A.Kompetensi Inti
KI 1     : Kompetensi Sikap Spiritual yang ditumbuhkembangkan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik, yaitu berkaitan dengan kemampuan menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2     : Kompetensi Sikap Sosial berkaitan dengan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, responsive (kritis), pro-aktif  (kreatif) dan percaya diri, serta dapat berkomunikasi dengan baik.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

3.4 Menafsirkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk poem, lisan dan tulis, dengan memberi dan meminta informasi terkait kehidupan remaja, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.4. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk poem terkait kehidupan remaja
C.Indiktor
Indikator Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.4 Siswa dapat menafsirkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk poem, lisan dan tulis, dengan memberi dan meminta informasi terkait kehidupan remaja, sesuai dengan konteks penggunaannya

Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.4.Siswa dapat menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk poem terkait kehidupan remaja
           
D.Tujuan Pembelajaran
a.Agar siswa dapat. menafsirkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk poem, lisan dan tulis, dengan memberi dan meminta informasi terkait kehidupan remaja, sesuai dengan konteks penggunaannya

bAgar siswa dapat menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk poem terkait kehidupan remaja

E.Materi Pembelajaran
Materi Pokok   :
         Fungsi sosial
Untuk menjalin pergaulan dengan lingkungannya 
         Unsur kebahasaan
-                  Tata bahasa: Simple Present Tense, Kalimat imperatif positif dan negatif, kalimat tanya, tata bahasa gaya puisi.
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
         Topik
Berbagai hal terkait dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan peserta didik SMK, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.

Materi Prasyarat           :
POEM/ PUISI
Identifikasi
Sebuah puisi yang diidentifikasi oleh unsur-unsur sastra dan musik nya. Sebagai contoh, metafora dan alliteration yang umum di banyak puisi. Ciri lain dari puisi adalah kesederhanaanya, atau kemampuan untuk mengatakan banyak dalam beberapa kata. Hal ini memerlukan makna yang berlapis, seperti dalam penggunaan simbolisme. Sebuah contoh umum simbolisme adalah elang botak, yang merupakan burung, namun di Amerika Serikat dan Inggris juga merupakan bangsa secara keseluruhan. Sebuah puisi tidak perlu sajak atau mengandung yang konsisten untuk memenuhi syarat seperti itu, tapi unsur-unsur juga umum bagi banyak puisi.

 Rumus simple presen tense
Subject + Verb1 + Object + Modifier
Jika subject diikuti oleh adjective atau noun, gunakan be: is/am/are. Is digunakan jika subject-nya singular yaitu he, she, it dan noun yang dapat digantikan dengan subject pronoun he, she atau it; Am jika subject-nya I; Sedangkan, are jika subject-nya you, they, atau we.  Subject pronoun I, you, they, we, dan noun yang dapat digantikan dengan I, you, they atau we disebut plural subject.
Fakta
Dalam membuat puisi bahasa Inggris sering menggunakan Present Tense

Konsep
Susunan Bahasanya sederhana dan mudah dimengerti
Prinsip
Tidak melanggar norma susila dan agama
Prosedur
Rumus Simple Present Tense  adalah :Subject + Verb1 + Object + Modifier
F.Pendekatan , strategi ,Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran    :  Pendekatan saintifik (scientific).
Strategi                                 : Pembelajaran Kooperatif
Metode Pembelajaran          :  diskusi
Model              : discovery learning 

G.     Kegiatan Pembelajaran
*      Pertemuan ke-1 (2 x 45 menit)
KEGIATAN
LANGKAH PEMBELAJAR-AN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.Guru memberi salam dan menanyakan keadaan siswa lalu memimpin bacaan Asmaul Khusna ( bila Pelajaran mulai jam pertama).
2. Guru melakukan kegiatan Literasi dengan membagi tugas membaca dan membuat resume hasil membaca
1.    Guru mempersilakan salah seorang siswa untuk memimpin dalam kerapian, kebersihan laci meja, berdoa  dan bila pelajaran mulai jam pertama sekaligus memimpin untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya .
2.    Guru memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin.
3.    Guru memeriksa kesiapan/ kelengkapan belajar  siswa  terutama kamus , modul dan catatan .
4.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
5.    Guru menyampaikan kompetensi dan indikator yang harus dicapai siswa.
  1. Guru Menyampaikan teknik penilaian
  2. Guru memberikan gambaran ulang tentang pentingnya memahami topik yang akan disampaikan dan menyampaikan hal menarik untuk menggugah rasa ingin tahu siswa.Sebagai apersepsi, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang terkait dengan topik pembelajaran  pada pertemuan sebelumnya.
Untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, beberapa siswa diminta untuk menjawab dan menjelaskan jawabannya. 

10 menit
Kegiatan  Inti
                Menyimak dan menirukan beberapa model teks khusus dalam bentuk poem.
               Membaca dengan cermat teks khusus dalam bentuk poem dengan intonasi, ucapan, dan ejaan yang benar
               Bertanya dan mempertanyakan tentang hal-hal lain yang belum dipahami terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks khusus yang sedang dipelajari.
               Membaca dan mendiskusikan contoh tabel analisis isi teks khusus dalam bentuk poem yang sedang dipelajari.
               Mempelajari cara mempresentasikan hasil analisis tersebut.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan dalam kelompok masing-masing.
               Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk poem dari sumber lain.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain.
  • .

65  menit
Penutup
   Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
     .  Siswa diberi tugas untuk membaca berbagai sumber, mencatat, mengerjakan latihan unsur-unsur bahasa yang sudah diterangkan.
15    enit
H.Alat/Media/Sumber Pembelajaran
·         Alat Pembelajaran  : Boardmaker, Whiteboard, Laptop, LCD, Soal dan Lembar Penilaian.
·         Media Pembelajaran          : Bahan Tayang (Power Point)
o   Sumber Pembelajaran        :           : •Buku bahasa Inggris SMK
Materi dari Internet
I.Penilaian Hasil Belajar
a.       Teknik Penilaian:
                                                                       i.      Penilaian Sikap           :        Observasi/pengamatan
                                                                     ii.      Penilaian Pengetahuan         : Tes Tertulis
                                                                   iii.      Penilaian Keterampilan       : Unjuk Kerja/ Praktik

b.      Bentuk Penilaian     :          
1.      Observasi                :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
2.      Tes tertulis   :uraian dan lembar kerja
3.      Unjuk kerja :lembar penilaian presentasi
4.      Proyek                     :           -

c.       Instrumen Penilaian
a.Kinerja (praktik)
b.Observasi penilaian sikap
c.Portofolio
dPenilaian diri dan penilaian sejawat
ePenugasan
f.Ulangan Harian
d.      Remedial
a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali ters remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
e.       Pengayaan
d.      Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
Ø  Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
Ø  Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.



Mengetahui
Kepala Sekolah

Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004
           


Kendal,      Juli 2017
Guru Mata Pelajaran

HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003




Lampiran

No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.Disiplin dalam pembelajaran Jujur dalam kegiatan kelompok.
b.Bertanggung jawab terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
d.   Santun dalam bersikap selama proses pembelajaran.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
Menerapkan rumus dalam menyelesaikan masalah
·          
Pengamatan dan tes
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
Terampil dalam:
·         Menerapkan rumus
·         Menyelesaikan permasalahan
Pengamatan
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi

A.     Instrumen Penilaian Hasil Belajar
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Satuan Pendidikan                               : SMKN 4 Kendal
Bidang Keahlian                                  : ................................
Program Keahlian                                : .................................
Kompetensi Keahlian                          : ................................
Kelas                                                   : XI
Mata Pelajaran                         : BAHASA INGGRIS

No
Waktu
Nama
Kejadian/
Perilaku
Butir Sikap
Positif /
Negatif
Tindak Lanjut
1
5/5/2017
A
Meninggalkan ruang kelas tanpa ijin
Tanggung jawab
-
Dipanggil dilakukan pembinaan
2






3






4






1







PENILAIAN PENGETAHUAN
KISI-KISI DAN SOAL
Satuan Pendidikan                               : SMKN 4 Kendal
Bidang Keahlian                                  : ................................
Program Keahlian                                : .................................
Kompetensi Keahlian                          : ................................
Kelas                                                   : XI
Mata Pelajaran                         : BAHASA INGGRIS
Kompetensi Dasar                               :
Kompetensi Dasar
IPK
Materi
Ranah Kognitif
Indikator Soal
Bentuk Soal
No Soal







I know, it hurts
the storm has come and gone
leaving you and I
broken in ruins but this cant be where i die
I needed someone that protected me from my self
and you never could
and so i move on from this place
with a heavy heart all alone
The memories held me down for so long
because i couldn’t just let go of you
and it still hurts
Instrumen/butir Soal Pengetahuan
No
Soal
Kunci Jawaban
Skor
Pedoman Penskoran
IPK
No Soal
Skor Penilaian
Pedoman penilaian
3.7.1
1
10
Rumus : Nilai Perolehan =  x 100

3.7.2
2
10
3.7.3
3
10
3.7.4
4
10
Skor maksimal
40



PENILAIAN UNJUK KERJA (KETERAMPILAN PROSES)
Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Nama siswa/kelompok :  …………………………………………………
Kelas                                       : ………………………………………………….
No
Kategori
Skor
Alasan
1.
3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur  penyelesaian yang dikerjakan?
1

2.
Apakah  rumus yang digunakan  tepat dan sesuai dengan konsep?
1

3.
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD?
1

4.
Apakah penyelesaian yang dikerjakan sesuai dengan konsep yang telah dipelajari?
1

5.
Apakah dibuat kesimpulan?
1

Jumlah skor maksimal
5

Pedoman Penskoran :
Ø  Skala skor : 0 dan 1
Ø  Jawaban sesuai skornya=1, dan jawaban tidak sesuai skornya=0
Ø  Skor maksimal=5, dan Skor minimalnya 0
Pedoman Penilaian :
Skala nilai tertinggi 100
Rumus : Nilai Perolehan =  x 100


Mengetahui
Kepala Sekolah

Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004  

Kendal,      Juli  2017
Guru Mata Pelajaran

HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003








PENILAIAN UNJUK KERJA (KETERAMPILAN PROSES)

Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Nama siswa/kelompok :  …………………………………………………
Kelas                                       : ………………………………………………….
No
Kategori
Skor
Alasan
1.
3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur  penyelesaian yang dikerjakan?
1

2.
Apakah  rumus yang digunakan  tepat dan sesuai dengan konsep?
1

3.
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD?
1

4.
Apakah penyelesaian yang dikerjakan sesuai dengan konsep yang telah dipelajari?
1

5.
Apakah dibuat kesimpulan?
1

Jumlah skor maksimal
5

Pedoman Penskoran :
Ø  Skala skor : 0 dan 1
Ø  Jawaban sesuai skornya=1, dan jawaban tidak sesuai skornya=0
Ø  Skor maksimal=5, dan Skor minimalnya 0
Pedoman Penilaian :
Skala nilai tertinggi 100
Rumus : Nilai Perolehan =  x 100


Mengetahui
Kepala Sekolah

Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004  

Kendal,      Juli  2017
Guru Mata Pelajaran

HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003


KEMBALI KE MENU DAFTAR RPP KLIK DI SINI

KEMBALI KE MENU KELAS XI  KLIK DI SIN1



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BOLAK BALIK

SIAPA BERSUNGGUH SUNGGUH DAN BERDOA ALLOH PASTI aKAN MEMBANTUNYA

Arsip Blog