PERHATIAN

ULANGAN TENGAH SEMESTER /MID INSYA ALLOH AKAN DILAKSANAKAN DARI TANGGAL 2- 10 OKTOBER 2017 SIAPKAN DIRI ANDA UNTUK MENGHADAPINYA- MATERI KELAS 2 INGAT HAFALAN I AM SO STRESS BUKU PAKET DAN DISKUSI S/D 3 UNTUK KELAS 3 PELAJARI BUKU PAKET DAN BAHAN DISKUSI SAMPAI DISKUSI 3 - SEMOGA ALLOH MEMBERI KESEHATAN DAN KEMUDAHAN PADA KALIAN

Sabtu, 22 Juli 2017

SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH (SMA/MA) MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INGGRIS (PEMINATAN) KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN JAKARTA, 2016


KEMBALI KE MENU KELAS XI KLIK DI SINI

KEMBALI KE MENU KELAS XII KLIK DI SINI


KEMBALI KE MENU AWAL KLIK DI SINI

I.                      KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

A.                  Kelas X 
Alokasi Waktu: 3 jam pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
1.1.              Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan informasi yang relevan, sesuai dengan konteks penggunaannya
1.1.              Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/bank/instansi lain, terkait jati diri dan informasi yang relevan
               Fungsi sosial
Memberikan data dan informasi yang tepat dan pada tempat yang tepat
               Struktur teks
Struktur formulir dapat mencakup
-                  informasi yang digunakan di perusahaan, bank, dan instansi lainnya.
-                  informasi rinci dan informasi tertentu dari formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, dan instansi lainnya

               Unsur kebahasaan
-                  Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, dan instansi lainnya.
-                  Pola pertanyaan yang lazim dalam formulir isian.
-                  Kata kerja dalam bentuk past tense, simple present tense, dan future untuk mengisi formulir isian tentang pengalaman masa lalu, sekarang, dan yang akan dilakukan.
-                  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dan sebagainya dalam frasa nominal
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
               Topik
Data dan informasi nasabah bank, persahaan, instansi, dan lain-lain,  yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Multimedia
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan masing-masing teks dalam formulir dan formulir secara keseluruhan lebih menarik.
               Menyimak dan menirukan beberapa model formulir isian yang digunakan di perusahaan/bank/ instans, dan lain-lain.
               Membaca dengan cermat formulir isian yang digunakan di perusahaan/bank/ instansi, dan lain-lain dengan intonasi, ucapan, dan ejaan yang benar.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang hal-hal lain yang belum dipahami terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari formulir isian yang sedang dipelajari.
               Membaca dan mendiskusikan contoh tabel analisis isi formulir isian yang sedang dipelajari.
               Membahascara mempresentasikan hasil analisis tersebut.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan dalam kelompok masing-masing.
               Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa formulir isian yang digunakan di perusahaan/bank/ instansi, dari sumber lain.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
1.2.              Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous), should+(perfect))
1.2.              Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
               Fungsi sosial
Menyarankan, mengingatkan, menyampaikan himbauan, mentaati aturan, dsb.
               Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur kebahasaan
-                  Pernyataan dan pertanyaan terkait dengan keharusan yang menggunakan: should+(simple), should+(continuous), should+(perfect))
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi
-                  Ejaan dan tanda baca
-                  Tulisan tangan.
            Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Menyimak dan menirukan percakapan tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan komunikatif tentang keharusan melakukan suatu tindakan/ kegiatan pada waktu yang akandatang, saat ini, atau waktu lampau sesuai dengan konteks yang berbeda.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
1.3.              Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan will+(simple), will+(continuous), will+(perfect))
1.3.              Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
               Fungsi sosial
Menjelaskan, meyakinkan, mengarahkan, menjanjikan, dsb.
               Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur kebahasaan
-                  Pernyataan dan pertanyaan terkait tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, menggunakan (will+(simple), will+(continuous), will+(perfect))
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi
-                  Ejaan dan tanda baca
-                  Tulisan tangan
               Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Menyimak dan menirukan percakapan tentang tindakan/ kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan komunikatif memberi dan meminta informasi terkait tindakan/ kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/ terjadi di waktu yang akan datang sesuai dengan konteks yang berbeda
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
1.4.              Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan setara antara dua benda/tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan both ... and; not only ... but also; either ... or; neither ... nor)
1.4.              Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi yang mengandung hubungan setara antara dua benda/tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

               Fungsi sosial
Mendiskripsikan, melaporkan, dan sebagainya
               Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur kebahasaan
-                  Pernyataan dan pertanyaan terkait dengan hubungan setara antara dua benda yang menggunakan:
-                   Both ... and; not only ... but also; either ... or; neither ... nor
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi,
-                  Ejaan dan tanda baca
-                  Tulisan tangan
               Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Menyimak dan menirukan percakapan tentang hubungan setara antara dua benda/tindakan sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan komunikatif memberi dan meminta informasi terkait hubungan setara antara dua benda/tindakan sesuai dengan konteks yang berbeda.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
1.5.              Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dalam bentuk biografi dengan memberi dan meminta informasi terkait tokoh terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya
1.5.              Teks recount dalam bentuk biografi
1.5.1.         Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis, dalam bentuk biografi terkait tokoh terkenal
1.5.2.         Menyusun teks recount lisan dan tulis, dalam bentuk biografi, terkait tokoh terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
               Fungsi sosial
Melaporkan, meneladani, membanggakan, mengagumi, dsb.
               Struktur teks
-                  Struktur mencakup jati diri tokoh
-                  Pengalaman tokoh yang patut diteladani.
               Unsur kebahasaan
-                  Kata kerja dalam Simple Past tense, Past Continuous, Past Perfect
-                  Kata kerja untuk menunjukkan kegiatan (material verbs) ; kata kerja untuk mengungkapkan perasaan (mental verbs)
-                  Adverbia penunjuk dan penghubung waktu.
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
               Topik
Peristiwa, kejadian, pengalaman yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai pelajar dan remaja, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Menyimak guru membacakan beberapa teks recount tentang biografi tokoh terkenal.
               Menirukan guru membaca teks tersebut secara bermakna, dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks tersebut.
               Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount  tentang biografi tokoh terkenal dari sumber lain.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain.
               Membuat proyek menulis teks recount tentang biografi tokoh terkenal dan memajangnya di majalah dinding kelas.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
1.6.              Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan too ... to ..., ... enough to...)
1.6.              Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
               Fungsi sosial
Menyarankan, mengingatkan, menjelaskan, dsb.
               Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur kebahasaan
-                  Pertanyaan dan pernyataan terkait kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu menggunakan Adverbial too dan enough
-                  frasa nominal
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi
-                  Ejaan dan tanda baca
-                  Tulisan tangan.
               Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Menyimak dan menirukan percakapan tentang memberi dan meminta informasi terkait menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara tertulis, melakukan tindakan komunikatif terkait menyatakan dan menanyakan kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan sesuatu sesuai dengan konteks.
               Bermain peran memberi dan meminta informasi menggunakan ungkapan yang telah dipelajari secara kontekstual.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
1.7.              Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk iklan dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan (event), sesuai dengan konteks penggunaannya
1.7.              Iklan kegiatan (event)
1.7.1.         Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk iklan kegiatan (event)
1.7.2.         Menyusun teks khusus dalam bentuk iklan kegiatan (event), lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
               Fungsi sosial
Membujuk orang lain untuk mengikuti kegiatan (event).
               Struktur teks
               Struktur dapat mencakup
-                  Judul/tujuan iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa.
-                  Informasi tertentu dari iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa.
               Unsur kebahasaan
-                  Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa
-                  Penggunaan nominal singular dan plural grup.
-                  Ejaan dan tanda baca
-                  Tulisan tangan
               Topik
               Barang, jasa, dan kegiatan (event) yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan peserta didik SMA,  yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Multimedia:
Layout dan dekorasi yang membuat tampilan masing-masing teks dalam iklan kegiatan (event).
               Menyimak dan menirukan beberapa model teks khusus dalam bentuk iklan terkait kegiatan (event) di media masa.
               Menanyakan informasi terkait isi teks yang sedang dipelajari.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang hal-hal lain yang belum dipahami terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks khusus yang sedang dipelajari.
               Membaca dan mendiskusikan contoh tabel analisis isi iklan barang, jasa, dan kegiatan (event) di media massa yang sedang dipelajari.
               Membahas cara mempresentasikan hasil analisis tersebut.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan dalam kelompok masing-masing.
               Membuat, mempresentasikan, menerbitkan, bertanya jawab tentang teks iklan terkait kegiatan (event) di media massa yang ada di sekitar kehidupan peserta didik dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
1.8.              Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X sesuai dengan konteks penggunaannya
1.8.              Teks report
1.8.1.         Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks report lisan dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X
1.8.2.         Menyusun teks report lisan dan tulis, terkaitteknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
              Fungsi sosial
Memperoleh gambaran umum tentang hal yang terkait teknologi secara objektif dan ilmiah.
               Struktur teks
   Struktur teks mencakup
-                  Menyebutkan jenis atau definisi obyek yang dipaparkan.
-                  Deskripsi obyek termasuk nama, bagian-bagian, sifat dan perilaku  yang umum ditemukan/ dilihat.
              Unsur kebahasaan
-                  Kosa kata tentang teknologi yang diamati: banyak peristilahan ilmiah
-                  Kata kerja keadaan be, have, look, need, breed, dll., dalam Simple Present Tense, atau Simple Past Tense jika sudah punah atau tidak ada lagi
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda baca
-                  Tulisan tangan
              Topik
Teknologi terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas X, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.

               Menyimak guru membacakan beberapa teks reporttentang teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X.
               Menirukan guru membaca teks tersebut secara bermakna, dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks tersebut.
               Membaca dan mendiskusikan contoh tabel analisis isi teks yang sedang dipelajari.
               Membahas cara mempresentasikan hasil analisis tersebut.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan dalam kelompok masing-masing.
               Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks report dari sumber lain.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain.
               Menulisteks report tentang teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X secara kontekstual.
               Melaporkan secara lisan, mengenai teks report tentang teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
1.9.              Menafsirkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle, dengan memberi dan meminta informasi terkait kehidupan remaja sesuai dengan konteks penggunaannya
1.9.              Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus proverb dan riddle terkait kehidupan remaja
               Fungsi sosial
Melatih kehalusan budi; teka-teki mengasah pikiran, untuk menjalin pergaulan dengan lingkungannya  dsb.
               Struktur Teks
-                  Peribahasa (Proverb)
-                  Struktur teks spesifik untuk peribahasa:
-                  Teka-teki (Riddle)
-                  Struktur teks spesifik untuk teka-teki:
               Unsur kebahasaan
-                  Tata bahasa: Simple Present Tense, Kalimat imperatif positif dan negatif, kalimat tanya.
-                  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, kata tanya secara tepat, dan kata kerja bantu dalam pertanyaan dan pernyataan secara tepat.
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi,
-                  Ejaan dan tanda baca
-                  Tulisan tangan.
               Topik
Berbagai hal terkait dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan peserta didik SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Membaca, menyimak, menirukan teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan dari teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle, secara kontekstual.
               Mengidentifikasi dan menalar tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan bagian-bagian tertentu dari teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle.
               Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle dari sumber lain.
               Membahas pengalaman belajar tentang teks khusus dalam bentuk proverb dan riddle.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
1.10.           Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA

1.10.           Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
               Fungsi sosial
Menghibur dan menyampaikan pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya seni
               Unsur kebahasaan
-                  Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi
-                  Ejaan dan tanda baca.
-                  Tulisan tangan
               Topik
     Hal-hal yang memberikan keteladanan dan inspirasi.
               Membaca, menyimak, dan menirukan lirik lagu secara lisan.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan dari lirik lagu, yang sedang dipelajari secara kontekstual.
               Membacakan dan menyalin lirik lagu yang telah dipelajari dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan.
               Menanyakan
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
B.                  Kelas XI
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
1.1.              Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta meresponsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
1.1.              Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, dan meresponsnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
               Fungsi sosial
Menjaga hubungan Interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
               Struktur  teks
-                  Memulai
-                  Menanggapi (diharapkan/tidak diharapkan)
               Unsur kebahasaa
-                  Ungkapan yang sesuai untuk menyarankan.( I believe ..., I think ..., I suppose ..., In my opinion ...)
-                  Penggunaan  nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
               Topik
Berbagai kegiatan yang terkait dengan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Menyimak dan menirukan beberapa contoh percakapanmenyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang diperagakan guru, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar.
               Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari beberapa ungkapan yang sedang dipelajari.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam interaksi tersebut.
               Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa.
               Secara lisan dan tulis, melakukan tindakan komunikatif yang sedang dipelajari dalam bahasa Inggris secara kontekstual.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
1.2.              Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/ kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan past perfect, present perfect, future perfect)
1.2.              Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/ kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
               Fungsi sosial
Menjelaskan, meyakinkan, mengarahkan, menjanjikan, dsb.
                Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur kebahasaan
-                  Pernyataan dan pertanyaan terkait tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang
-                  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
               Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Menyimak dan menirukan interaksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilaku-kan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akandatang sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam interaksi tersebut.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan antara beberapa tindakan memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/ kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang, dalam konteks yang berbeda
               Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan/kegiatan/ kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan datang sesuai dengan konteks.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
1.3.              Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait rencana yang akan datang dengan kondisi tertentu, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan if dalam present tense)
1.3.              Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait rencana yang akan datang dengan kondisi tertentu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
               Fungsi sosial
Mengingatkan, menasehati, berita-cita, menyatakan kebenaran umum, dsb.
               Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur kebahasaan
-                  Pernyataan dan pertanyaan terkait menyatakan pengandaian: if …, unless …
-                  Adverbial dengan –ly, adverbila untuk menyatakan waktu, tempat, dsb.
-                  Kosa kata: benda-benda yang terkait dengan pembelajaran di SMA dan kehidupan peserta didik sebagai remaja
-                  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
               Topik
Benda, binatang, tumbuh-tumbuhan, kejadian, peristiwa yang penting dan relevan dengan peserta didik SMA,yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Menyimak dan menirukan interaksi yang melibatkan rencana yang akan datang dengan kondisi tertentu sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam interaksi tersebut.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan antara beberapa rencana yang akan datang dengan kondisi tertentu, dalam konteks yang berbeda
               Secara lisan dan tertulis, menyampaikanrencana yang akan datang dengan kondisi tertentu sesuai dengan konteks.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.

1.4.              Menginterpretasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan  teks khusus dalam bentuk poem, lisan dan tulis, dengan memberi dan meminta informasi terkait kehidupan remaja, sesuai dengan konteks penggunaannya
1.4.              Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan  teks khusus dalam bentuk poem terkait kehidupan remaja
      Fungsi sosial
Untuk menjalin pergaulan dengan lingkungannya 
      Unsur kebahasaan
-                  Tata bahasa: Simple Present Tense, Kalimat imperatif positif dan negatif, kalimat tanya, tata bahasa gaya puisi.
-                  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
      Topik
Berbagai hal terkait dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan peserta didik SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Menyimak dan menirukan beberapa model teks khusus dalam bentuk poem.
               Membaca dengan cermat teks khusus dalam bentuk poem dengan intonasi, ucapan, dan ejaan yang benar
               Bertanya dan mempertanyakan tentang hal-hal lain yang belum dipahami terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks khusus yang sedang dipelajari.
               Membaca dan mendiskusikan contoh tabel analisis isi teks khusus dalam bentuk poem yang sedang dipelajari.
               Mempelajari cara mempresentasikan hasil analisis tersebut.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan dalam kelompok masing-masing.
               Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk poem dari sumber lain.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
1.5.              Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan  beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait cerita pendek, sesuai dengan konteks penggunaannya
1.5.              Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif,lisan dan tulis, terkait cerita pendek
                 Fungsi sosial
Memperoleh hiburan, menghibur dan mengajarkan nilai-nilai luhur, meneladani nilai-nilai moral, dsb.
                Struktur text
(gagasan utama dan informasi rinci)
-                  Pendahuluan (orientasi) dengan memperkenalkan tokoh, tempat, waktu, terjadinya cerita.
-                  Penilaian (evaluasi) tentang situasi dan kondisi terjadinya cerita.
-                  Krisis yang terjadi terhadap tokoh utama (komplikasi)
-                  Akhir cerita di mana krisis berakhir (resolusi) dengan bahagia atau sedih
-                  Ulasan atau komentar umum (reorientasi), opsional.
                Unsur kebahasaan
-                  Tata bahasa: tense Simple, Continuous, Perfect, dalam bentuk Present dan Past, dengan atau tanpa kata kerja bantu modal, secara terintegrasi
-                  Kosa kata: terkait  karakter, watak, dan setting dalam cerita pendek
-                  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-                  Semua jenis adverbia.
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda baca, dan tulisan tangan
                Topik
Cerita-cerita pendek yang memberikan keteladanan dan yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Menyimak guru membacakan beberapa teks naratif  berbentuk cerita pendek.
               Menirukan guru membaca teks tersebut secara bermakna, dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks tersebut.
               Membaca dan mendiskusikan contoh tabel analisis isi teks yang sedang dipelajari.
               Membahas cara mempresentasikan hasil analisis tersebut.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan dalam kelompok masing-masing.
               Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif  berbentuk cerita pendek dari sumber lain.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain.
               Menceritakan kembali teks naratif berbentuk cerita pendek yang telah dipelajari dengan menggunakan bahasa sederhana.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
1.6.              Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan reservasi, sesuai dengan konteks penggunaannyapenggunaannya
1.6.              Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan reservasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
               Fungsi sosial
Menjaga keharmonisan komunikasi antara penyedia jasa dan pelanggan untuk saling menguntungkan
               Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur kebahasaan
-                  Ungkapan baku yang lazim digunakan.
-                  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda baca, tulisan tangan
               Topik
Berbagai kegiatan yang terkait dengan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Menyimak dan menirukan percakapan untuk menelpon dan menerima telepon dalam (a) membuat perjanjian dan (b) membuat reservasi sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan komunikatif memberi dan meminta informasi terkait menelpon dan menerima telepon dalam (a) membuat perjanjian dan (b) membuat reservasi sesuai dengan konteks yang berbeda.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
1.7.              Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk brosur, leaflet, banner, dan pamflet, dengan memberi dan meminta informasi terkait promosi barang/jasa/kegiatan sesuai dengan konteks penggunaannya
1.7.              Brosur, leaflet, banner, dan pamflet
1.7.1.         Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan brosur, leaflet, banner, dan pamflet terkait promosi barang/jasa/kegiatan
1.7.2.         Menyusun teks khusus brosur, leaflet, banner, dan pamflet terkait promosi barang/jasa/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
               Fungsi sosial
Mempromosikan kegiatan, program, tokoh, dsb., agar menarik perhatian khalayak sasaran
               Struktur text
-                  Menyebutkan tujuan brosur, leaflet, banner, dan pamflet
-                  Menyebutkan informasi rinci dan informasi tertentu dari brosur, leaflet, banner, dan pamflet
               Unsur kebahasaan
-     Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan brosur, leaflet, banner, dan pamflet
-                  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
               Topik
Orang, barang, jasa, dan kegiatan (event) yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan peserta didik SMA,yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Menyimak dan menirukan beberapa model teks khusus berbentuk brosur, leaflet, banner, dan pamflet.
               Membaca dengan cermat teks khusus berbentuk brosur, leaflet, banner, dan pamflet dengan intonasi, ucapan, dan ejaan yang benar.
               Bertanya dan mempertanyakan hal-hal lain yang belum dipahami terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks khusus yang sedang dipelajari.
               Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus berbentuk brosur, leaflet, banner, dan pamflet dari sumber lain.
               Membuat proyek teks brosur, leaflet, banner, dan pamflet dan memajangnya di majalah dinding kelas.
                
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
1.8.              Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pemberian contoh, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan for example, such as)
1.8.              Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pemberian contoh, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
               Fungsi sosial
Memberikan penjelasan/memperjelas informasi.
               Struktur Teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
        Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan peserta didik selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luaryang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.

               Menyimak dan menirukan percakapan terkait pemberian contoh sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Bertanya dan mempertanyakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan komunikatif terkait pemberian contoh sesuai dengan konteks yang berbeda.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
1.9.              Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan  beberapa teks hortatory exposition lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pandangan/pendapat mengenai topik yang hangat dibicarakan umum, argumentasi pendukung, serta saran, sesuai dengan konteks penggunaannya
1.9.              Teks hortatory exposition
1.9.1.         Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks hortatory exposition lisan dan tulis, terkait isu aktual
1.9.2.         Menyusun teks hortatory exposition lisan dan tulis, terkait isu aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
               Fungsi Sosial
Mengajak, membujuk orang lain/pembaca atau pendengar untuk menyetujui melakukan tindakan yang direkomendasikan dalam teks
               Struktur teks
-          Menyebutkan pokok permasalahan terhadap sesuatu yang hangat dibicarakan (Thesis statement)
-          Menyebutkan pandangan/pendapat mengenai permasalahan  tersebut beserta ilustrasi sebagai  pendukung (Arguments)
-          Diakhiri dengan jalan keluar/ solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut
               Unsur Kebahasaan:
-          Kalimat Simple Present
-          Conditional Clauses
-          Modals
-          Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
               Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan peserta didik selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
               Menyimak guru membacakan beberapa teks eksposisi hortatori.
               Menirukan guru membaca teks tersebut secara bermakna, dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks tersebut.
               Membaca dan mendiskusikan contoh tabel analisis isi teks yang sedang dipelajari.
               Membahas cara mempresentasikan hasil analisis tersebut.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan dalam kelompok masing-masing.
               Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi hortatori dari sumber lain.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain.
               Menulis teks eksposisi hortatori secara kontekstual.
               Menyampaikan isi teks eksposisi hortatori yang telah dibuatnya secara lisan sesuai dengan konteksnya.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
1.10.           Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
1.10.           Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
-                      Fungsi sosial
Memahami pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya seni
-                      Unsur kebahasaan
-          Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
-          Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
               Membaca, menyimak, dan menirukan lirik lagu secara lisan.
               Mempertanyakan informasi dalam teks yang dibaca.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan dari lirik lagu, yang sedang dipelajari secara kontekstual.
               Membacakan dan menyalin lirik lagu yang telah dipelajari dengan memperhatikan fungsi sosialdan unsur kebahasaan.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
C.                  Kelas XII
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1          Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan such ... that; so ... that)
4.1          Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
               Fungsi sosial
Menjelaskan, memberi informasi, dsb.
               Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur kebahasaan
-          Pernyataan dan pertanyaan keterangan (circumstance)
-          Kata yang menyatakan hubungan dua keadaan benda dengan pengaruhnya: So ....that ...; Such .....that ....
-          Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-          Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda baca, dan tulisan tangan.
               Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Menyimak dan menirukan percakapan tentang tindakan memberi dan memnta informasi terkait hubungan sebab akibat sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara lisan dan tulis, melakukan tindakan komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta informasi terkait hubungan sebab akibat sesuai dengan konteks.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
3.2          Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/kejadian, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan prepositional phrase, adjective clause: finite dan non-finite)
4.2          Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/kejadian, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
               Fungsi sosial
Menjelaskan/memberikan tambahan informasi secara efektif
               Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur kebahasaan
-                  Kalimat pernyataan dan pertanyaan terkait benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/ kejadian antara lain; who, which, that/driven, based, developing, carrying/ the essay, after the break, dsb.
-                  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
               Topik
orang, benda, binatang, di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didiksebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Menyimak dan menirukan percakapan tentang tindakan memberi dan memnta informasi terkait benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/ kejadian akibat sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara lisan dan tulis, melakukan tindakan komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta informasi terkait benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/ kejadian sesuai dengan konteks.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
3.3          Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keterangan (circumstance), sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan klausa finite atau  klausa non-finite)
4.3 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keterangan (circumstance), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
               Fungsi sosial
Menjelaskan benda/memberikan informasi tambahan
               Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur Kebahasaan
-                  Kalimat pernyataan dan pertanyaan keterangan (circumstance)
-                  Pewatas (Modifiers) antara lain; Which/that, Who,Whose,Where.
-                  Relative Clauses: kalimat dengan pewatas
-                  Tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi 
               Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didiksebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Menyimak dan menirukan percakapan tentang tindakan memberi dan memnta informasi terkait keterangan (circumstance) sesuai dengan konteks penggunaannya (klausa finite atau klausa non-finite) sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara lisan dan tulis, melakukan tindakan komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta informasi terkait keterangan (circumstance) sesuai dengan konteks penggunaannya (klausa finite atau klausa non-finite) sesuai dengan konteks.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
3.4          Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan conditional: past dan past perfect)
4.4  Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
               Fungsi sosial
Menyatakan persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu, menyatakan penyesalan, menyatakan dan menanyakan pengandaian terjadinya/ dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada waktu lampau
               Struktur Teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur Kebahasaan
-                  Kalamat pernyataan dan pertanyaan terkait pengandaian terjadinya/ dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu lampau.
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
               Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan peserta didik selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Menyimak dan menirukan percakapan tentang tindakan memberi dan memnta informasiterkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu lampau sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara lisan dan tulis, melakukan tindakan komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta informasiterkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu lampau sesuai dengan konteks.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
3.5          Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan even if  ..., unless ..., however, on the other hand, in conbtrast, nevertheless)
4.5.         Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pemberian contoh, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
            Fungsi sosial
Memastikan, meningkatkan tekad, menyemangati, dsb.
            Struktur Teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
            Unsur Kebahasaan
-                  Kalamat pernyataan dan pertanyaan terkait pengandaian terjadinya /dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu lampau
-                  Kata untuk menyatakan pengandaian: whether or not ... no matter ..., even if ...
-                  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
            Topik
Kegiatan dan tindakan yang penting dan relevan dengan peserta didik SMAyang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Menyimak dan menirukan percakapan tentang tindakan memberi dan memnta informasiterkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu lampau sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara lisan dan tulis, melakukan tindakan komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta informasiterkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu lampau sesuai dengan konteks.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
3.6          Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan  beberapa teks pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pembahasan isu kontrovesial dan aktual dari beberapa (minimal dua) sudut pandang, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.6. Teks pembahasan ilmiah             (discussion)
4.6.1      Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis, terkait isu kontroversial dan aktual
4.6.2      Menyusun pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis, terkait isu kontroversial dan aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
            Fungsi Sosial
Membahas suatu isu dari beberapa sudut pandang
            Struktur Teks
Struktur untuk setiap sudut pandang dapat mencakup
-                  Penyampaian isu yang dibahas dan ulasan umumnya
-                  pandangan, asumsi terhadap isu
-                  argumentasi pendukung
-                  kesimpulan atau saran
            Unsur kebahasaan
-                  Kosa kata terkait dengan topik yang dibahas.
-                  Kata sambung untuk menunjukkan perbandingan, kontras, dan urutan, a.l. on the other hand, conversely, because, consequently, thus, dsb..
-                  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda baca, tulisan tangan
            Topik
Institusi, benda, binatang dan gejala/peristiwa alam dan sosial terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XII, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Menyimak guru membacakan beberapateks pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pembahasan isu kontrovesial dan aktual dari beberapa (minimal dua) sudut pandang.
               Menirukan guru membaca teks tersebut secara bermakna, dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
               Menanyakan informasi dari teks yang dibaca
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks tersebut.
               Mempelajari contoh tabel analisis isi teks yang sedang dipelajari.
               Membahas cara mempresentasikan hasil analisis tersebut.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan dalam kelompok masing-masing.
               Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif dari sumber lain.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain.
               Menulis teks pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pembahasan isu kontrovesial dan aktual dari beberapa (minimal dua) sudut pandang secara kontekstual.
               Melaporkan secara lisan, pendek, dan sederhana tentang teks pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pembahasan isu kontrovesial dan aktual dari beberapa (minimal dua) sudut pandang.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
3.7          Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait konsesi, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan even though, although)
4.7          Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait konsesi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
              Fungsi sosial
menyatakan hasil yang diluar dugaan.
              Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
              Unsur kebahasaan
-                  Kalimat pernyataan dan pertanyaan terkait konsensi
-                  Kata untuk menyatakan konsensi: even though, although
-                  Kosa kata: tindakan dan kegiatan yang terkait dengan pembelajaran di SMA dan kehidupan peserta didik sebagai remaja
-                  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda baca
-                  Tulisan tangan.
              Topik
Kegiatan dan tindakan yang penting dan relevan dengan peserta didik SMAyang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Menyimak dan menirukan percakapan tentang memberi dan meminta informasi tindakan memberi dan memnta informasi terkait konsesi sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan komunikatif memberi dan meminta informasi terkait konsesi sesuai dengan konteks yang berbeda.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
3.8          Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan  beberapa teks ulasan (review) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta penilaian terkait film/buku/cerita, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.8          Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks ulasan (review),lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita
              Fungsi sosial
Memberi informasi tentang suatu karya seni yang akan dibaca, ditonton, atau dibeli suatu.
              Struktur text
(gagasan utama dan informasi rinci)
-                  Pendahuluan (orientasi): menempatkan karya dalam konteks umum dan khusus, seringkali dengan membandingkan dengan karya lain sejenis.
-                  Ulasan interpretatif yang merangkum jalan cerita menjelaskan latar belakangnya, opsional, tapi seringkali ada dan diulang-ulang.
-                  Evaluasi atau penilaian terhadap karya dan atau proses memproduksinya, biasanya diulang-ulang.
-                  Rangkuman penilaian: pernyataan tajam atau telak yang merangkum penilaian reviewer secara umum (opsional)
              Unsur kebahasaan
-                  Kosa kata: terkait  karakter, watak, dan setting dalam karya yang dinilai
-                  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-                  Semua jenis adverbia.
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
              Topik
Film, sinetron, buku, drama, opera, konser, pameran, balet, dsb, yang memberikan keteladanan.
               Menyimak dan menirukan beberapa model teks ulasan (review),lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita.
               Membaca dengan cermat teks ulasan (review) terkait film/buku/cerita dengan intonasi, ucapan, dan ejaan yang benar
               Bertanya dan mempertanyakan hal-hal lain yang belum dipahami terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks khusus yang sedang dipelajari.
               Membaca dan mendiskusikan contoh tabel analisis isi teks ulasan (review),lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita yang sedang dipelajari.
               Mempelajari cara mempresentasikan hasil analisis tersebut.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan dalam kelompok masing-masing.
               Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks ulasan (review),lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita dari sumber lain.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
3.9          Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
4.9          Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan  lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
              Fungsi sosial
Menghibur, menyampaikan pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya seni
              Unsur kebahasaan
-                  Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
-                  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tanda baca, dan tulisan tangan
              Topik
Berbagai hal terkait dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan peserta didik SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
               Menyimak danbertanya-jawab tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari lirik lagu, secara kontekstual.
               Membaca, menyimak, dan menirukan lirik lagu secara lisan.
               Membahas informasi dalam lirik lagu
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan dari lirik lagu, yang sedang dipelajari secara kontekstual.
               Membacakan dan menyalin lirik lagu yang telah dipelajari dengan memperhatikan fungsi sosialdan unsur kebahasaan.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BOLAK BALIK

SIAPA BERSUNGGUH SUNGGUH DAN BERDOA ALLOH PASTI aKAN MEMBANTUNYA

Arsip Blog