PERHATIAN

ULANGAN TENGAH SEMESTER /MID INSYA ALLOH AKAN DILAKSANAKAN DARI TANGGAL 2- 10 OKTOBER 2017 SIAPKAN DIRI ANDA UNTUK MENGHADAPINYA- MATERI KELAS 2 INGAT HAFALAN I AM SO STRESS BUKU PAKET DAN DISKUSI S/D 3 UNTUK KELAS 3 PELAJARI BUKU PAKET DAN BAHAN DISKUSI SAMPAI DISKUSI 3 - SEMOGA ALLOH MEMBERI KESEHATAN DAN KEMUDAHAN PADA KALIAN

Sabtu, 22 Juli 2017

SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SMK KELAS XII KURIKULUM 13 TAHUN 2017


KEMBALI KE MENU AWAL KLIK DI SINI

SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah   : SMK NEGERI 4 KENDAL
Bidang Keahlian                : SEMUA BIDANG KEAHLIAN
Kompetensi Keahlian     : SEMUA KOMPETENSI KEAHLIAN
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS  KELAS XII
Durasi (Waktu)  : ....X 45 MENIT
KI-3 (Pengetahuan)        :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4 (Keterampilan)        :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan



Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Alokasi Waktu (JP)
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian

1
2
3
4
5
6


3.1. Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan such ... that; so ... that)

4.1 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Indikator Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.1.Siswa dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan such ... that; so ... that)

Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.1 Sisw dapat menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


               Fungsi sosial
Menjelaskan, memberi informasi, dsb.
               Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur kebahasaan
-          Pernyataan dan pertanyaan keterangan (circumstance)
-          Kata yang menyatakan hubungan dua keadaan benda dengan pengaruhnya: So ....that ...; Such .....that ....
-          Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-          Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda baca, dan tulisan tangan.
               Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
2x 45 menit
               . Menyimak dan menirukan percakapan tentang tindakan memberi dan memnta informasi terkait hubungan sebab akibat sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara lisan dan tulis, melakukan tindakan komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta informasi terkait hubungan sebab akibat sesuai dengan konteks.
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
  1. Sikap :Pengamatan
  2. Pengetahuan : Test tertulis
  3. Ketrampilan “: Unjuk Kerja

3,2  Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/kejadian, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan prepositional phrase, adjective clause: finite dan non-finite)


4 .2 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/kejadian, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Indikator Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.2.Siswa dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/kejadian, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan prepositional phrase, adjective clause: finite dan non-finite)
Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.2 Siswa dapat.. menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/kejadian, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

               Fungsi sosial
Menjelaskan/memberikan tambahan informasi secara efektif
               Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur kebahasaan
-                  Kalimat pernyataan dan pertanyaan terkait benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/ kejadian antara lain; who, which, that/driven, based, developing, carrying/ the essay, after the break, dsb.
-                  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
               Topik
orang, benda, binatang, di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didiksebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
4x 45 menit
               Menyimak dan menirukan percakapan tentang tindakan memberi dan memnta informasi terkait benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/ kejadian akibat sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara lisan dan tulis, melakukan tindakan komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta informasi terkait benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta keadaan/ kejadian sesuai dengan konteks.
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
  1. Sikap :Pengamatan
  2. Pengetahuan : Test tertulis
Ketrampilan “: Unjuk Kerja

3. 3 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keterangan (circumstance), sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan klausa finite atau klausa non-finite)

4.3  Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keterangan (circumstance), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Indikator Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.3.Siswa dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keterangan (circumstance), sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan klausa finite atau klausa non-finite)

Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.3.Siswa dapat menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keterangan (circumstance), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

               Fungsi sosial
Menjelaskan benda/memberikan informasi tambahan
               Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur Kebahasaan
-                  Kalimat pernyataan dan pertanyaan keterangan (circumstance)
-                  Pewatas (Modifiers) antara lain; Which/that, Who,Whose,Where.
-                  Relative Clauses: kalimat dengan pewatas
-                  Tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi 
               Topik
Perbuatan, kegiatan, dan tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan peserta didiksebagai remaja dan pelajar SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI
4x 45 menit
               Menyimak dan menirukan percakapan tentang tindakan memberi dan memnta informasi terkait keterangan (circumstance) sesuai dengan konteks penggunaannya (klausa finite atau klausa non-finite) sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara lisan dan tulis, melakukan tindakan komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta informasi terkait keterangan (circumstance) sesuai dengan konteks penggunaannya (klausa finite atau klausa non-finite) sesuai dengan konteks.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
  1. Sikap :Pengamatan
  2. Pengetahuan : Test tertulis
  3. Ketrampilan “: Unjuk Kerja

3.4 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan conditional: past dan past perfect)


4.4 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Indikator Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.4 Siswa dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan conditional: past dan past perfect

Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.4.Siswa dapat menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

               Fungsi sosial
Menyatakan persyaratan terjadinya/dilakukannya sesuatu, menyatakan penyesalan, menyatakan dan menanyakan pengandaian terjadinya/ dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada waktu lampau
               Struktur Teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur Kebahasaan
-                  Kalamat pernyataan dan pertanyaan terkait pengandaian terjadinya/ dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu lampau.
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
               Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan peserta didik selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.

4x 45 menit
               Menyimak dan menirukan percakapan tentang tindakan memberi dan memnta informasiterkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu lampau sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara lisan dan tulis, melakukan tindakan komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta informasiterkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu lampau sesuai dengan konteks.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
  1. Sikap :Pengamatan
  2. Pengetahuan : Test tertulis
Ketrampilan “: Unjuk Kerja

3.5  Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan even if ..., unless ..., however, on the other hand, in conbtrast, nevertheless)


4.5. Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


Indikator Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.5.Siswa dapat. menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan even if ..., unless ..., however, on the other hand, in conbtrast, nevertheless)

 Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.5 Siswa dapat  menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


            Fungsi sosial
Memastikan, meningkatkan tekad, menyemangati, dsb.
            Struktur Teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
            Unsur Kebahasaan
-                  Kalamat pernyataan dan pertanyaan terkait pengandaian terjadinya /dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu lampau
-                  Kata untuk menyatakan pengandaian: whether or not ... no matter ..., even if ...
-                  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
            Topik
Kegiatan dan tindakan yang penting dan relevan dengan peserta didik SMAyang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
4x 45 menit
               Menyimak dan menirukan percakapan tentang tindakan memberi dan memnta informasiterkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu lampau sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara lisan dan tulis, melakukan tindakan komunikatif yang telah dipelajari untuk tindakan memberi dan memnta informasiterkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu lampau sesuai dengan konteks.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
  1. Sikap :Pengamatan
  2. Pengetahuan : Test tertulis
c.Ketrampilan “: Unjuk Kerja

3.6.  Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pembahasan isu kontrovesial dan aktual dari beberapa (minimal dua) sudut pandang, sesuai dengan konteks penggunaannya



4.6 teks pembahasan ilmiah (discussion)
4.6.1 menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis, terkait isu kontroversial dan aktual
4.6.2 menyusun pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis, terkait isu kontroversial dan aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

Indikator Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.6.Siswa dapat membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pembahasan isu kontrovesial dan aktual dari beberapa (minimal dua) sudut pandang, sesuai dengan konteks penggunaannya

Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.6 Siswa dapat :
4.6.1 menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis, terkait isu kontroversial dan aktual
4.6.2 menyusun pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis, terkait isu kontroversial dan aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks 

            Fungsi Sosial
Membahas suatu isu dari beberapa sudut pandang
            Struktur Teks
Struktur untuk setiap sudut pandang dapat mencakup
-                  Penyampaian isu yang dibahas dan ulasan umumnya
-                  pandangan, asumsi terhadap isu
-                  argumentasi pendukung
-                  kesimpulan atau saran
            Unsur kebahasaan
-                  Kosa kata terkait dengan topik yang dibahas.
-                  Kata sambung untuk menunjukkan perbandingan, kontras, dan urutan, a.l. on the other hand, conversely, because, consequently, thus, dsb..
-                  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda baca, tulisan tangan
            Topik
Institusi, benda, binatang dan gejala/peristiwa alam dan sosial terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XII, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
4x 45 menit
               Menyimak guru membacakan beberapateks pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pembahasan isu kontrovesial dan aktual dari beberapa (minimal dua) sudut pandang.
               Menirukan guru membaca teks tersebut secara bermakna, dengan intonasi, ucapan, dan tekanan kata yang benar.
               Menanyakan informasi dari teks yang dibaca
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks tersebut.
               Mempelajari contoh tabel analisis isi teks yang sedang dipelajari.
               Membahas cara mempresentasikan hasil analisis tersebut.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan dalam kelompok masing-masing.
               Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif dari sumber lain.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain.
               Menulis teks pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pembahasan isu kontrovesial dan aktual dari beberapa (minimal dua) sudut pandang secara kontekstual.
               Melaporkan secara lisan, pendek, dan sederhana tentang teks pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pembahasan isu kontrovesial dan aktual dari beberapa (minimal dua) sudut pandang.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
  1. Sikap :Pengamatan
  2. Pengetahuan : Test tertulis
c.Ketrampilan “: Unjuk Kerja

3.7.Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait konsesi, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan even though, although)


4.7. Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait konsesi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


Indikator Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.7 Siswa dapat menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait konsesi, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan even though, although)

Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.7.Siswa dapat  menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait konsesi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
              Fungsi sosial
menyatakan hasil yang diluar dugaan.
              Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
              Unsur kebahasaan
-                  Kalimat pernyataan dan pertanyaan terkait konsensi
-                  Kata untuk menyatakan konsensi: even though, although
-                  Kosa kata: tindakan dan kegiatan yang terkait dengan pembelajaran di SMA dan kehidupan peserta didik sebagai remaja
-                  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda baca
-                  Tulisan tangan.
              Topik
Kegiatan dan tindakan yang penting dan relevan dengan peserta didik SMAyang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
4x 45 menit
               Menyimak dan menirukan percakapan tentang memberi dan meminta informasi tindakan memberi dan memnta informasi terkait konsesi sesuai dengan konteks penggunaannya.
               Membaca dengan cermat untuk mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan percakapan tersebut.
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam percakapan tersebut.
               Membaca dengan cermat beberapa percakapan serupa dari sumber lain.
               Membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa percakapantersebut.
               Secara lisan dan tertulis, melakukan tindakan komunikatif memberi dan meminta informasi terkait konsesi sesuai dengan konteks yang berbeda.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
  1. Sikap :Pengamatan
  2. Pengetahuan : Test tertulis
c.Ketrampilan “: Unjuk Kerja

3.8. Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks ulasan (review) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta penilaian terkait film/buku/cerita, sesuai dengan konteks penggunaannya


4.8 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks ulasan (review), lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita

Indikator Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.8.Siswa dapat membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks ulasan (review) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta penilaian terkait film/buku/cerita, sesuai dengan konteks penggunaannya

 Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.8.Siswa dapat menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks ulasan (review), lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita
Indikator Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.8.Siswa dapat membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks ulasan (review) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta penilaian terkait film/buku/cerita, sesuai dengan konteks penggunaannya

 Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.8.Siswa dapat menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks ulasan (review), lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita

              Fungsi sosial
Memberi informasi tentang suatu karya seni yang akan dibaca, ditonton, atau dibeli suatu.
              Struktur text
(gagasan utama dan informasi rinci)
-                  Pendahuluan (orientasi): menempatkan karya dalam konteks umum dan khusus, seringkali dengan membandingkan dengan karya lain sejenis.
-                  Ulasan interpretatif yang merangkum jalan cerita menjelaskan latar belakangnya, opsional, tapi seringkali ada dan diulang-ulang.
-                  Evaluasi atau penilaian terhadap karya dan atau proses memproduksinya, biasanya diulang-ulang.
-                  Rangkuman penilaian: pernyataan tajam atau telak yang merangkum penilaian reviewer secara umum (opsional)
              Unsur kebahasaan
-                  Kosa kata: terkait  karakter, watak, dan setting dalam karya yang dinilai
-                  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-                  Semua jenis adverbia.
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
              Topik
Film, sinetron, buku, drama, opera, konser, pameran, balet, dsb, yang memberikan keteladanan.
4x 45 menit
               Menyimak dan menirukan beberapa model teks ulasan (review),lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita.
               Membaca dengan cermat teks ulasan (review) terkait film/buku/cerita dengan intonasi, ucapan, dan ejaan yang benar
               Bertanya dan mempertanyakan hal-hal lain yang belum dipahami terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks khusus yang sedang dipelajari.
               Membaca dan mendiskusikan contoh tabel analisis isi teks ulasan (review),lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita yang sedang dipelajari.
               Mempelajari cara mempresentasikan hasil analisis tersebut.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan dalam kelompok masing-masing.
               Membaca dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks ulasan (review),lisan dan tulis, terkait film/buku/cerita dari sumber lain.
               Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
  1. Sikap :Pengamatan
  2. Pengetahuan : Test tertulis
c.Ketrampilan “: Unjuk Kerja

3.9 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
4.9 Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA


Indikator Pencapaian Kompetensi Pengetahuan:
3.9.Siswa dapat menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMK

Indikator Pencapaian Kompetensi Keterampilan:
4.9. Siswa dapat.enangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMK

              Fungsi sosial
Menghibur, menyampaikan pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya seni
              Unsur kebahasaan
-                  Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
-                  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tanda baca, dan tulisan tangan
              Topik
Berbagai hal terkait dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja dan peserta didik SMA, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
4x 45 menit
               Menyimak danbertanya-jawab tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari lirik lagu, secara kontekstual.
               Membaca, menyimak, dan menirukan lirik lagu secara lisan.
               Membahas informasi dalam lirik lagu
               Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan dari lirik lagu, yang sedang dipelajari secara kontekstual.
               Membacakan dan menyalin lirik lagu yang telah dipelajari dengan memperhatikan fungsi sosialdan unsur kebahasaan.
               Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
  1. Sikap :Pengamatan
  2. Pengetahuan : Test tertulis
c.Ketrampilan “: Unjuk Kerja




Mengetahui
Kepala Sekolah

Drs. KUSDARMANTO
NIP19581223 198703 1 004

Kendal,      Juli 2017
Guru Mata Pelajaran

HERO SULTONI COMARA,SPd,MM
NIP. 19611225 198509 1 003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BOLAK BALIK

SIAPA BERSUNGGUH SUNGGUH DAN BERDOA ALLOH PASTI aKAN MEMBANTUNYA

Arsip Blog