PERHATIAN

ULANGAN TENGAH SEMESTER /MID INSYA ALLOH AKAN DILAKSANAKAN DARI TANGGAL 2- 10 OKTOBER 2017 SIAPKAN DIRI ANDA UNTUK MENGHADAPINYA- MATERI KELAS 2 INGAT HAFALAN I AM SO STRESS BUKU PAKET DAN DISKUSI S/D 3 UNTUK KELAS 3 PELAJARI BUKU PAKET DAN BAHAN DISKUSI SAMPAI DISKUSI 3 - SEMOGA ALLOH MEMBERI KESEHATAN DAN KEMUDAHAN PADA KALIAN

Minggu, 16 Juli 2017

MATERI KE ENAM -Meminta informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan reservasi- MODUL SMK - K 13 TAHUN 2017

ENAM
menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan reservasi, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.6 menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan reservasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
 TOPIK
Meminta informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan reservasi


KEMBALI KE MENU KELAS XI KLIK DI SINI

Materi Pokok     :
               Fungsi sosial
Menjaga keharmonisan komunikasi antara penyedia jasa dan pelanggan untuk saling menguntungkan
               Struktur teks
-          Memulai
-          Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
               Unsur kebahasaan
-                  Ungkapan baku yang lazim digunakan.
-                  Memberi dan meminta informasi terkait menelpon dan menerima telepon dalam (a) membuat perjanjian dan (b) membuat reservasi sesuai dengan konteks yang berbeda.

-                  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
-                  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan dan tanda baca, tulisan tangan
               Topik
Berbagai kegiatan yang terkait dengan peserta didik sebagai remaja dan pelajar SMK, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.

Ungkapan
Contoh Dialog Menerima Telepon Dalam Membuat Perjanjian Dalam Bahasa Inggris – Satu lagi tambahan koleksi percakapan dalam bahasa Inggris yang dapat sahabat KBI pelajari. Pada koleksi conversation kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat janji/appointment dalam bahasa Inggris tanpa bertemu langsung melainkan hanya dengan menggunakan telepon saja. Tapi sebelum kita membahas mengenai dialog conversationnya, mari kita lihat dulu ungkapan/kalimat yang digunakan untuk membuat atau membatalkan janji dalam bahasa Inggris berikut ini:
Cara Membuat Janji/Appointment
  • I’d like you to come and see in …
  • I want to make an appointment to see Mr/Mrs …
  • I’d like to make an appointment with …
Cara Menerima/Accepting Appointment atau Janji
  • Sure, I will be waiting for you
  • It’s a deal
  • All right, see you there
  • Yes, I will come
  • Be there on time
  • I will be there soon
Cara Menolak/Declining Appointment atau Janji
  • I don’t think I can.
  • No, I can’t.
  • I’m sorry. I’m busy.
  • I am afraid, I can’t.
  • I am sorry, I can’t.
  • Sorry, I think I have an appointment with someone else.
Contoh Dialog Menerima Telepon Dalam Membuat Perjanjian Dalam Bahasa Inggris
Dialogue 1
Indriyani: Hello Hi, Susindah. Long time no see. How are you, Ndah?
  • I’d like you to come and see in …
  • I want to make an appointment to see Mr/Mrs …
  • I’d like to make an appointment with …
Cara Menerima/Accepting Appointment atau Janji
  • Sure, I will be waiting for you
  • It’s a deal
  • All right, see you there
  • Yes, I will come
  • Be there on time
  • I will be there soon
Cara Menolak/Declining Appointment atau Janji
  • I don’t think I can.
  • No, I can’t.
  • I’m sorry. I’m busy.
  • I am afraid, I can’t.
  • I am sorry, I can’t.
  • Sorry, I think I have an appointment with someone else.
Contoh Dialog Menerima Telepon Dalam Membuat Perjanjian Dalam Bahasa Inggris
Dialogue 1
Indriyani: Hello Hi, Susindah. Long time no see. How are you, Ndah?
  • I’d like you to come and see in …
  • I want to make an appointment to see Mr/Mrs …
  • I’d like to make an appointment with …
Cara Menerima/Accepting Appointment atau Janji
  • Sure, I will be waiting for you
  • It’s a deal
  • All right, see you there
  • Yes, I will come
  • Be there on time
  • I will be there soon
Cara Menolak/Declining Appointment atau Janji
  • I don’t think I can.
  • No, I can’t.
  • I’m sorry. I’m busy.
  • I am afraid, I can’t.
  • I am sorry, I can’t.
  • Sorry, I think I have an appointment with someone else.
RESERVATION
Kalian  pasti pernah memesan tiket ketika akan berpergian bukan? Di era globalisasi seperti saat ini untuk memesan tiket, baik tiket pesawat, kereta atau pun bus sangat mudah. Kita hanya perlu untuk menelpon Travel Agent yang menyiapkan tiket sesuai dengan tujuan yang kita inginkan. Kali ini KBI akan memberikan 4 Contoh Dialog Bahasa Inggris Ketika Ingin Memesan Tiket Bepergian dan Artinya.
Contoh Dialog 1:
Travel Agent (TA): Fuad Travel Agent, may I help you? (Fuad Travel Agent. Ada yang dapat saya bantu?)
Delia (D)Yes. I’d like to book a ticket to Swiss for December 2nd (Ya. Saya ingin memesan tiket tujuan Swiss pada tanggal 2 Desember)
TA : Let me see. For December 2nd, all morning flights are fully booked. We’ve got one left available for you. It’s 20.05 flight by XX Air. Does that suit you, Miss? (Sebentar saya lihat terlebih dahulu. Untuk tanggal 2 Desember, semua penerbangan pagi hari telah habis. Kami hanya memiliki satu tiket untuk Anda, yaitu penerbangan pukul 8.05 malam dengan pesawat XX. Apakah sesuai dengan permintaan Ibu?)
D : It’s okay. (Tidak masalah)
TA : May I have your name, Miss? (Dapatkah Anda menyebutkan nama Anda, Bu?)
D : Yes. Delia. D-E-L-I-A (Baik. Delia. D-E-L-I-A  )
TA : Done, Miss. We require that you pay for the ticket tomorrow afternoon before 3 pm. If you don’t come to our office after 3 pm, we have to cancel your ticket. (Baik, Bu. Kami mohon Anda membayar tiket yang telah dipesan pada pukul 3 sore besok. Jika Ibu tidak datang, maka pesanan tiket akan kami anggap batal)
D : Ok. I’ll drop by at 1 pm tomorrow (Baik, saya akan kesana pukul 1 siang besok)
TA : Thank you, Miss. (Terima kasih, Bu)
D : You’re welcome (Terima kasih kembali)

Contoh Dialog 2:
Travel Agent (TA) : Online Ticketing Travel Agent. May I help you? (Online Ticketing Travel Agent. Ada yang bisa saya bantu?)
Radit (R): Yes. I’d like to book a ticket to Jakarta for June 17th. (Ya. Saya mau pesan tiket tujuan Jakarta pada tgl. 17 Juni.)
TA : Let me see. Halo. For June 17th, all morning flights are fully booked. We’ve got one left available for you. It’s 17:45 flight by Lion Airs. Does that suit you, Sir? (Sebentar Pak, saya cek dulu. Halo. Untuk penerbangan pagi hari tgl.17 Juni sudah habis. Namun masih ada satu tiket untuk Anda tapi untuk keberangkatan sore hari jam 17:45 dengan Pesawat Lion Airs. Apakah itu sesuai dengan Bapak?

R : If there are no other choices, I’ll book it. (Jika tidak ada pilihan lain, saya pesan saja.)
TA : May I have your name, Sir.  (Bisa sebutkan namanya Pak?)
 Radit (Radit)

Contoh Dialog 3:
Travel Agent (TA)Hello, good morning, Taruna tour and travel is here. What can I do for you sir? (Halo, selamat pagi, Taruna tour dan wisata di sini. Apa yang dapat saya lakukan untuk Anda?)
Teddy (T) Good morning, I am Teddy. I have a meeting in Jakarta on Wednesday, the day after tomorrow. So, I need one way ticket for tomorrow. (Selamat pagi, saya Kartasasmita. Saya akan berada di sebuah pertemuan/rapat di Jakarta, di hari Rabu, lusa. Jadi, saya perlu tiket untuk besok.)
TA How many tickets that going to be ordered? (Berapa banyak tiket yang akan dipesan?)
I need two tickets, for my wife and I. (Saya butuh dua tiket, untuk saya dan istri saya)
TA All right Mr. Teddy, tomorrow is Tuesday and let me check for a while… On every Tuesday, there are two flights to Jakarta and which one do you like better, in the morning, or at night? (Baiklah Pak Teddy, besok berarti hari Selasa dan saya memeriksanya untuk sebentar… Ok, pada setiap Selasa, ada dua penerbangan ke Jakarta dan mana yang Anda sukai, di pagi hari, atau di malam hari?)
So, you don’t have a flight for afternoon? (Jadi, tidak ada penerbangan di siang hari?)
TA No, we don’t. (Tidak, kami tidak memilikinya.)
Ok, no problem. I choose the night flight. (Ok, tidak ada masalah. Saya memilih penerbangan di malam hari.)
TA At night you will fly on Faruda Air and your flight number will be Fd 220. It leaves at 7.30 P.M. and arrives in Jakarta at 9.00 P.M. But, at least you need to check in at least one hour before its departure. (Pada malam hari Anda akan terbang dengan Faruda Air dan nomor penerbangan Anda adalah Fd 220. Anda berangkat pukul 19:30 dan tiba di Jakarta pukul 09:00 Tapi, setidaknya Anda perlu memeriksa minimal satu jam sebelum keberangkatan.)
Thank you for the information. I have noted those. How much does it cost? (Terima kasih atas informasinya. Saya telah mencatat semuanya. Berapa biayanya?)
TA It’s Rp. 550.000 and what’s your complete name? (Rp. 550.000 dan siapa nama lengkap Anda?)
I am Teddy Kartasasmita. (Saya Teddy Kartasasmita)
TAThank you, and your wife? (Terima kasih, dan istri Anda?)
Fitria Farida. (Fitria Farida)
TA Ok, the tickets will be ready in less than one hour after you have transferred to our Bank account. (Ok, tiket akan siap dalam waktu kurang dari satu jam setelah Anda transfer ke rekening Bank kami.)
Ok. I will contact you soon after I do that. (Ok. Aku akan menghubungi Anda segera setelah saya melakukannya.)
TA : Sure, I will be waiting for it. Thank you sir. (Tentu, aku akan menunggu untuk itu. Terima kasih Pak.)
You’re welcome. (Terima kasih kembali)

 Contoh Dialog 4:
Travel Agent (TA) : Silvia Travel Agent. May I help you? (Silvia Travel Agent. Ada yang bisa saya bantu?)
Emma (E) : Yes. I’d like to book a ticket to Jakarta for June 17th. (Ya. Saya mau pesan tiket tujuan Jakarta pada tgl. 17 Juni.)
TA : Let me see. Halo. For June 17th, all morning flights are fully booked. We’ve got one left available for you. It’s 17:45 flight by Lion Airs. Does that suit you, miss? (Sebentar nona, saya cek dulu. Halo. Untuk penerbangan pagi hari tgl.17 Juni sudah habis. Namun masih ada satu tiket untuk Anda tapi untuk keberangkatan sore hari jam 17:45 dengan Pesawat Lion Airs. Apakah itu sesuai dengan Nona?
E : If there are no other choices, I’ll book it. (Jika tidak ada pilihan lain,  saya pesan saja.)
TA : May I have your name, Miss. (Bisa sebutkan namanya Nona?)
E : Emma (Emma)
TA : Could you spell it miss? (Tolong dieja nona.)
E : E-M-M-A (E-M-M-A)
TA : Done, Miss. We require that you pay for the ticket tomorrow afternoon before 5 pm. If you do not come to our office after 5 pm, we have to cancel your ticket. (Ok nona selesai. Kami mohon nona membayar tiket yang dipesan pada jam 5 sore besok. Jika nona tidak datang, pesanan Bapak kami anggap batal.)
E : OK, I’ll drop by at 3 pm tomorrow. (Baiklah. Saya akan mampir jam 13 sore.)
TAThank you, Miss (Terimakasih nona)
E : That’s all right. (Sama-sama)

Demikian kumpulan dialog untuk memesan tiket menggunakan bahasa inggris, semoga bermanfaat 
Jika anda hendak menjadi seorang resepsionis hotel maka memiliki kemampuan berbahasa inggris yang aktif adalah sebuah keharusan karena akan banyak tamu hotel yang datang dari luar negeri sehingga harus bisa berbicara dalam bahasa inggris (speaking).
Berikut ini adalah dialog singkat reservation hotel dengan menggunakan bahasa inggris yang bisa anda pelajari:
Inggris
Indonesia
Good after noon, sir.
Selamat sore, tuan.
Good after noon, madam. May I help you?
Selamat sore nyonya. Bisakah saya menolong anda?
I want a room sir. Can you spare a room for me?
Saya ingin satu kamar. Bisakah anda sediakan buat saya?
Oh, certainly. Madam.
Oh  tentu nyonya.
How much is it for one night?
Berapa ogkosnya untuk satu malam?
four hundred
thousand rupiahs for one night.
Semalamnya empat ratus ribu rupiah.
Is it single or double bed-room sir?
Apakah itu satu tempat tidur atau dua temapt tidur?
A single bed-room.
Satu tempat tidur.
Okay, I reserve one room.
baiklah, saya pesan satu kamar.
What is my room number?
Nomor berapa kamar saya?
Your room number is sixty, madam.
Nomor kamar anda No 60, nyonya.
Okey, terimakasih.
Baiklah, terimakasih.
Pada kolom di atas adalah dialog seorang resepsionis hotel ketika sedang menerima tamu. Silahkan anda kembangkan lag dialog tersebut sehingga menjadi dialog yang panjang.

Demikianlah dialog singkat reservation hotel untuk melatih kemampuan speaking anda

Penggunaan a/an secara lebih terperinci

Every night, I take a coffee for my father and we begin talk about business, football, and many other things.  (Dalam kalimat ini, tidak begitu spesifik jenis kopi apa yang dihidangkan. Tidak ada kopi spesifik yang mereka sukai dan tentu mereka bisa saja berganti-ganti jenis kopi.)
 Call a policeman when you see the robber walk here. (Kalimat tersebut hanya menunjukkan bahwa seseorang diharuskan untuk memanggil polisi, siapapun itu apakah ia polisi gemuk, kurus, wanita, atau pria, tentu tidak masalah. Karena yang terpenting adalah polisi.)
 Ingat bahwa penggunaan a/an harus melihat pada kata huruf yang paling awal di sebuah kata. Jika konsonan, maka gunakanlah a, dan jika vocal maka gunakanlah an. Berikut aturan lengkap sistem penggunaan kedua hal tersebut.

 A + Sebuah kata benda yang mempunyai konsonan di awal kata. Contoh : a zoo, a mountain, a chair, a bike, a fan, a book, dan a ruler.
  A + Sebuah kata benda yang dimulai dengan bunyi konsonan. Meskipun kata benda ini dimulai dengan huruf vocal, tetapi jika bunyinya konsonan maka sudah pasti tetap menggunakan A. Contoh : a university, a user, dan a unit. Ketiga kata benda tersebut memang diawali dengan huruf vocal, namun kesemuanya dibaca dengan awalan “yoo” (yoo-zer, yoo-nit).
  An + Sebuah kata benda yang diawali dengan huruf vokal baik penyebutannya maupun kata-katanya itu sendiri. Contoh : an apple, an airplane, an axe, an ant, an egg, dan an idiot.
 Itulah hal-hal yang harus Anda ketahui dalam penggunaan a/an, kemudian pada tahap selanjutnya Anda akan diberikan pemahaman khusus mengenai penggunaan the.
A.      Penggunaan the secara lebih terperinci

I usually read the book in a bus when I go to school. (Kita disini sedang berbicara sebuah buku yang sudah jelas maksudnya. Bisa jadi, seseorang di dalam kalimat tersebut hanya membaca satu buah buku setiap ia berangkat sekolah.)
 I am going give you the video game next week. (Video game yang akan diberikan sudah jelas maksudnya, mungkin video game tersebut merupakan video game favorit yang sangat diinginkan oleh lawan bicara seseorang dalam kalimat tersebut.
 Secara garis besar, penggunaan the dalam kalimat verbal dan tulisan mencakup kepada hal tersebut. Kemudian, ada aturan penting mengenai penggunaan the dalam sistem geografi yang akan dijelaskan dalam poin-poin berikut ini.

A.      Jangan gunakan The pada sistem Geografi berikut ini:
  1. Sebagian besar negara atau wilayah (Misalkan Canada, China, New Zealand)
  2. Kota, ibu kota kota atau negara (Misalnya Ottawa, Paris, California, France)
  3. Jalan (Misalnya Front Street, Lakeview Avenue, Dogwood Crescent)
  4. Danau (Misalnya Lake Ontario, Lake Placid, Bear Lake, Lake Toba)
  5. Teluk (Misalnya Fundy Bay)
  6. Gunung (Misalnya Kilimanjaro, Krakatau, Mount Everest)
  7. Benua (Misalnya America, Africa, Australia, Asia)
  8. Pulau (Sumatra, Java, Madagaskar)
B.      Gunakan The sebelum nama-nama berikut ini:
  1. Sungai, samudra, laut (misalnya the Mississippi River, the Atlantic Ocean, the Mediterranean)
  2. Teluk yang menggunakan “bay” di awal (misalnya the Bay of Fundy, the Bay of Bengal)
  3. Semenanjung (misalnya the Persian Gulf, the Arabian Peninsula)
  4. Pegunungan (misalnya the Rockies, the Dolomites, the Laurentians, the Bukit Barisan)
  5. Kutub (misalnya the North Pole)
  6. Wilayah geografis (misalnya the Middle East, the South)
  7. Padang pasir dan hutan (misalnya Gobi Desert, the Black Forest)
-Penggunaan the secara lebih terperinci
 I usually read the book in a bus when I go to school. (Kita disini sedang berbicara sebuah buku yang sudah jelas maksudnya. Bisa jadi, seseorang di dalam kalimat tersebut hanya membaca satu buah buku setiap ia berangkat sekolah.)
 I am going give you the video game next week. (Video game yang akan diberikan sudah jelas maksudnya, mungkin video game tersebut merupakan video game favorit yang sangat diinginkan oleh lawan bicara seseorang dalam kalimat tersebut.
 Secara garis besar, penggunaan the dalam kalimat verbal dan tulisan mencakup kepada hal tersebut. Kemudian, ada aturan penting mengenai penggunaan the dalam sistem geografi yang akan dijelaskan dalam poin-poin berikut ini.
C.      Jangan gunakan The pada sistem Geografi berikut ini:
  1. Sebagian besar negara atau wilayah (Misalkan Canada, China, New Zealand)
  2. Kota, ibu kota kota atau negara (Misalnya Ottawa, Paris, California, France)
  3. Jalan (Misalnya Front Street, Lakeview Avenue, Dogwood Crescent)
  4. Danau (Misalnya Lake Ontario, Lake Placid, Bear Lake, Lake Toba)
  5. Teluk (Misalnya Fundy Bay)
  6. Gunung (Misalnya Kilimanjaro, Krakatau, Mount Everest)
  7. Benua (Misalnya America, Africa, Australia, Asia)
  8. Pulau (Sumatra, Java, Madagaskar)
D.      Gunakan The sebelum nama-nama berikut ini:
  1. Sungai, samudra, laut (misalnya the Mississippi River, the Atlantic Ocean, the Mediterranean)
  2. Teluk yang menggunakan “bay” di awal (misalnya the Bay of Fundy, the Bay of Bengal)
  3. Semenanjung (misalnya the Persian Gulf, the Arabian Peninsula)
  4. Pegunungan (misalnya the Rockies, the Dolomites, the Laurentians, the Bukit Barisan)
  5. Kutub (misalnya the North Pole)
  6. Wilayah geografis (misalnya the Middle East, the South)
  7. Padang pasir dan hutan (misalnya Gobi Desert, the Black Forest)
Semakin sering belajar bahasa Inggris semakin mahir kualitas bahasa asing yang dimiliki. Belajar bahasa Inggris juga bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari ikut kursus bahasa Inggris, melakukan kontak dengan warga negara lain yang menggunakan bahasa Inggris hingga pergi langsung ke negara yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa Ibu ataupun bahasa kedua.
Belajar bahasa akan lebih mahir lagi jika dipraktekan bukan hanya dipelajari di kelas saja. Melakukan dialog bahasa Inggris dapat dilakukan dalam berbagai kesempatan. Salah satunya dengan melakukan dialog ketika sedang melakukan penawaran. Untuk lebih mendalami lagi seperti apa dialog mengenai penawaran (offering), di bawah ini akan kami sajikan cara-cara membuat penawaran beserta contoh dialog bahasa Inggris mengenai penawaran.
TATA CARA MAKING OFFER DAN MENANGGAPINYA
Making offer
 Can I ...? (Dapatkah aku…?)
May I ...? (Bolehkah aku…?)
Shall I ...? (Bolehkah aku…?)
How about I ...? (Bagaimana jika aku…?)
Would you ...? (Maukah kamu…?)
 Accepting offer
 Thank you, I appreciate your help. (Terima kasih, aku menghargai bantuanmu.)
Yes, please. (Ya, silahkan.)
Yes please, that would be very lovely. (Ya silahkan, itu akan sangat menyenangkan.)
Thank you, how a kind of you. (Terima kasih, betapa baiknya kamu.)
Thanks (Terima kasih)
 
Declining offer
 No, thanks. (Tidak, terima kasih.)
No, thank you. (Tidak, terima kasih.)
It’s okay, I can do it by myself. (Oke, aku bisa melakukannya sendiri.)
Don’t worry, I will do it by myself. (Jangan khawatir, aku akan melakukannya sendiri.)
Membuat Janji
Upin mau mengajak Udin agar bertemu dengannya. Upin dan Udin biasa berbahasa Inggris dalam bercakap-cakap. Bagaimana cara Upin mengungkapkan janjinya dalam bahasa Inggris?
Membuat janji dalam bahasa Inggris disebut making an appointment. Inilah yang saya bahas dalam tulisan kali ini.
Can we meet at …? (Bisakah kita bertemu di …?)
Are you free tonight? (Apakah kamu bebas malam ini?)
I’d like you to come and see me. (Saya ingin kamu datang dan bertemu saya.)
I want to make an appointment to see … (Saya ingin membuat janji untuk bertemu …)
I’d like to make an appointment with … (Saya ingin membuat janji dengan …)
Accepting an Appointment
Apabila ingin menyetujujui suatu janji, berikut ini kata-kata yang dapat digunakan.
Yes, I’ll come. (Ya, saya akan datang.)
Be there on time. (Ke sana tepat waktu.)
I’ll be there. (Saya akan ke sana.)
I’ll be there at the time. (Saya akan ke sana pada waktu itu.)
Sure, I’ll be waiting for you. (Tentu, saya akan menunggumu.)
It’s a deal. (Itu sebuah kesepakatan.)
I will wait for you there. (Saya akan menunggumu di sana.)
All right, see you there. (Baiklah, sampai jumpa di sana.)
Cancelling/rejecting an appointment
Apabila ingin menolak atau membatalkan janji karena suatu hal, berikut ini kata-kata yang dapat digunakan.
I’m afraid I can’t. (Saya takut saya tidak bisa.)
I’m sorry, I can’t. (Maafkan saya, saya tidak bisa.)
I don’t think I can make it. (Saya tidak berpikir saya bisa menepatinya.)
I’m sorry. I can’t come. (Maafkan saya. Saya tidak bisa datang.)
Sorry. I think I have another appointment at the time. (Maaf. Saya pikir saya punya janji lain pada waktu itu.)
No, I can’t. (Tidak, saya tidak bisa.)
I’m sorry, I’m very busy. (Maafkan saya, saya sangat sibuk.)
Contoh Teks Dialog Making an Appointment
Hana: Hi Rika. Are you free tonight?
Rika: Yes, I am.
Hana: I’d like to make appointment with you. Come in my place. I need your help.
Rika: I’ll be there.
Hana: Thanks. I hope you can help me solve my homework.
Rika: OK. See you tonight.
Hana: See you.
Terjemahan
Hana: Hai Rika. Apa kamu bebas malam ini?
Rika: Ya.
Hana: Aku ingin membuat janji denganmu. Datang ke tempatku. Aku butuh bantuanmu.
Rika: Aku akan ke sana.
Hana: Terima kasih. Aku harap kamu bisa membantuku menyelesaikan pekerjaan rumahku.
Rika: Oke. Sampai jumpa nanti malam.
Hana: Sampai jumpa.
Demikian contoh dialog making an appointment


KEMBALIKE MENU KELAS XI KLIK DI SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BOLAK BALIK

SIAPA BERSUNGGUH SUNGGUH DAN BERDOA ALLOH PASTI aKAN MEMBANTUNYA

Arsip Blog